Satelit Indonesia - Satelit Palapa D Tidak Ada Sinyal

Satelit Indonesia menerima kabar kalau satelit Palapa D ada penurunan sinyal, malah ada juga yang mengatakan kalau sinyal palapa d hilang. Rupanya ini tidak dialami satu atau dua orang namun secara global untuk wilayah tertentu.

Dari diskusi di forum bahwa satelit palapa d tidak ada sinyal ini di akibatkan karena adanya Sun outage. Saya sendiri yang masih awam dengan istilah ini akhirnya browsing ria dan menambatkan bacaan di wikipedia. Anda bisa membacanya sendiri tentang Sun outage satelit ini di wikipedia tersebut.

Sedikit menyinggung Sun outage, pasti anda yang pernah mengalami gerhana matahari akan bisa membayangkan atau yang pernah melihat gerhana bulan pasti juga membayangkan. Nah ini yang menjadi penghalang adalah satelit bukan bulan, makanya di sebut gerhana satelit.

Posisi matahari digeostasioner menyebabkan gangguan karena radiasi matahari yang begitu kuat hingga sinyal yang dipancarkan satelit hilang. Karena ada perbedaan perputaran dan tempat maka yang mengalami hal inipun juga tidak semua. Namun menurut data satelit yang terkena dampak sun outage di Indonesia adalah

satelit palapa d tidak ada sinyal
Ilustrasi Sun outage
  1. Satelit Palapa D biasanya mulai terjadi pada jam 11. 05 - 11. 20 WIB
  2. Satelit Telkom 1 mulai 11. 40 - 11. 55 WIB
  3. Satelit Telkom 2

Nah kalau memang sinyal palapa d hilang pada waktu tersebut tidak usah khawatir dan yang penting jangan tracking lock satelit terlist diatas pada waktu tersebut. Karena akan sia sia sudah panas panas eh tidak ada sinyal yang bisa di lock wkwkwk.