Satelit Indonesia - Sudut Utara Selatan Parabola

Satelit Indonesia kali ini akan membahas mengenai sudut parabola. Kita fokuskan pada azimut, saya disini memang sangat awam dengan istilah istilah dalam tracking, jadi kalau ada istilah yang salah mohon dibenarkan. Seperti deklinasi, inklinasi, azimut dan lain-lain.

Yang akan saya bahas disini adalah, pengaruh sudut utara dan selatan parabola. Pasti kita yang sering tracking pernah mengalami kendala ini. Contoh saja, ketika kita di satelit Palapa D, rasanya SQ maximum dan posisi pas, namun ketika pindah ke Thaicom 5 parabola terlalu ke utara begitu juga ketika kita pindah ke satelit Apstar 6 parabola terlalu ke selatan. Untuk memaksimalkan kualitas sinyalnya, ketika akan ke thaicom anda harus menggeser para bola ke selatan begitu pula saat di Apstar 6 harus menggeser ke utara. Sebenarnya apa yang terjadi? Coba perhatikan gambar berikut.

sudut utara selatan parabola

Garis merah adalah garis sejajar equator dimana banyak satelit berjajar disana, dan disini adalah garis track parabola yang benar. Garis biru dan hijau adalah contoh track parabola yang keluar jalur

Dalam kasus diatas dimana Palapa D sudah pas namun di Thaicom 5 harus ke selatan, dan di Apstar 6 harus ke utara maka, track yang di gunakan adalah track A2. Maka hal yang harus dilakukan adalah membenarkan arah parabolanya menjadi sejajar garis merah.

Untuk melakukan hal tersebut, yang harus dijalankan adalah, mengendurkan skrup tiang parabola, tidak usah terlalu kendur biar pergerakannya tidak terlalu gampang supaya tidak terlalu cepat pergeserannya. Hal tersebut memang harus di lakukan sedikit demi sedikit, tidak bisa dengan pasti di tentukan dengan ukuran, namun sebenarnya bisa juga di hitung. Setelah siap untuk bergeser, geser berlawanan arah jarum jam ( misal kalau anda menghadap ke barat, dan tiang parabola di depan anda maka tinggal mutar parabola ke selatan ). Perputaran yang dilakukan sedikit demi sedikit, kemudian di coba gerakin ke barat dan timur jangan lupa lihat sq di masing masing satelit. Kalau sudah maksimum semua, kencangin skrup tersebut, dan anda siap lock satelit lain hanya dengan menggerakkan barat timur saja tanpa harus mengubah sudut utara selatan (inklanasi) lagi.

Masih ragu dan tidak mau mencoba karena takut rusak? Kapan anda bisa :D

Sudut Utara Selatan Parabola Komentar