Satelit Indonesia - Cara Menggunakan DLNA Android dan Skybox A5 HD

Satelit Indonesia kali akan membahas bagaimana cara menggunakan DLNA. Beberapa waktu yang lalu saya sempat beli online receiver Skybox 5A HD dan tadi barusan penasaran dengan fitur DLNA di bagian internetnya. Karena kepingin tahu bagaimana cara menggunakan teknologi DLNA ini langsung cari aplikasi Android di play Store.

Saya awalnya hanya mengetahui sekilas tentang DLNA ini. Hanya sebatas berbagi file antar perangkat yang support. Karena ada perangkat baru di kamar tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Rupanya cara menggunakan DLNA android di hubungkan dengan receiver satelit Skybox A5 ini sangat mudah. Cuman nunggu sebentar sudah terkoneksi sendiri.

Untuk anda yang mempunyai perangkat Android dan belum tahu bagaimana cara menggunakan DLNA ini maka saatnya mencoba. Kalau anda sudah tahu maka akan sedikit dimudahkan dalam pemutaran AV yang sering anda lakukan yang biasanya harus colok colok flash disk atau hardisk external.

Langsung saja kita ke pokok masalah cara menggunakan teknologi DLNA ini. Untuk bisa menggunakan DLNA di Android, siapkan dulu server atau playernya dan juga jaringan. Untuk kali ini saya contohkan Skybox A5 sebagai Player dan Android sebagai servernya serta koneksi menggunakan WIFI, saya memakai router TP-Link. Langsung kita ke Android agar mempermudah bagaimana cara menggunakan DLNA.

  1. Download aplikasi DLNA Server, pilih salah satu, kalau saya memilih DLNA Server dari Ice Cold APPS
  2. Setelah teristall buka aplikasi DLNA Server tersebut.
  3. Buat setting dengan klik menu ADD, dan pilih DLNA Server
  4. Masukan Server name, terserah anda, misal kalau saya Samsung Galaxy Ace. Untuk pilihan lain sesuaikan dengan kebutuhan anda atau biarkan saja kalau masih bingung.
  5. Buka tab Roots, dan klik Add untuk menambahkan folder yang akan di akses di jaringan DLNA. Pilih foldernya dengan Browse, pilih sesuai kebutuhan di mana folder, biasanya /mnt/Sdcard
  6. Klik menu back di phone / tab anda. Simpan setting dengan klik yes. Kembali lagi klik Back dan yes.
  7. Settingan server telah di bentuk, waktunya menjalankan server.
  8. Tekan menu Start dan Yes untuk mengaktifkan semua server, jika hanya perlu satu server bisa dengan klik agak lama di setingan dan di lepaskan kemudian klik star. Jika di settingan itu sudah started tandanya device Android anda siap di jadikan server dan siap di akses dari DLNA player dan kali ini saya memakai Skybox A5 HD

Kita akan melanjutkan bagaimana cara menggunakan DLNA di Skybox A5 HD. Ikuti cara cara menggunakan teknologi DLNA berikut.

  1. Buka Skybox A5 seperti biasa
  2. Dari remote klik Network App, atau bisa juga pakai menu, terserah saja pilih yang mana.
  3. Pilih menu DLNA, Disini ada 3 Pilihan, DMP, DMR, DMS. Karena kita menggunakan DLNA untuk player maka mesti memilih DMP.
  4. Setelah terpilih tunggu scaning
  5. Kalau sukses maka akan tampil perangkat yang sudah di jadikan server tersebut.
  6. Pilih perangkat server DLNA tersebut dan cari file yang akan di buka.
cara menggunakan teknologi DLNA

Sampai disini jika anda mengikuti dengan benar maka menggunakan DLNA android ini saya anggap sudah bisa. Dan selanjutnya anda sendiri yang menggunakan DLNA untuk keperluan anda. kalau ada masalah silahkan tanya di bagian komentar saja.

Cara Menggunakan DLNA Android dan Skybox A5 HD Komentar

Anonim

Anonim

Skyboxnya beli online dimana gan? mohon infonya...

22/11/14 12.06
Bowo Ekowidodo Sragen

Saya beli di tokopedia id penjualnya tamtamboyz08 dari surabaya. :D

22/11/14 12.34
andi ashadi

mas bro...gmn caranya memasukkan bisskey di receiver skybox a5 hd...trims

02/12/14 22.35
Bowo Ekowidodo Sragen

Untuk Skybox A5, bisa menggunakan constant cw atau ngedit dari Softcam key. Kalau constan cw masuk dari remote klik tombol POS / hijau ..

Menurut pengalaman saya untuk Skybox A5, kalau urusan biss key saya rasa ribet buat yang tidak punya komputer ataupun editor contant cw / softcam key.

02/12/14 23.20
Anonim

Anonim

nah dari dlna apakah kebaca subtitle .srt ??

29/07/15 10.54
Bowo Ekowidodo Sragen

Belum mencoba saya om karena memang jarang sekali nonton film :D

29/07/15 13.06