Satelit Indonesia - Cara Tracking Parabola Bagi Pemula

Cara Tracking Parabola Bagi Pemula

3 Poin yang pernah satelit Indonesia singgung di artikel cara tracking parabola pemula sebelumnya harus di mengerti para pemula seperti saya sehingga pada saat tracking tidak akan mengalami masalah karena sudah mengetahui fungsinya. Setelah sedikit tahu fungsi dari masing masing poin selanjutnya berlanjut ke cara tracking parabola untuk pemula.

cara tracking parabola bagi pemula
  1. Tentukan satelit yang akan di lock
  2. Cari informasi mengenai beam, transponder terkuat, posisi satelit, posisi anda berada ( kalau ini tidak tahu kebangetan banget ), arah mata angin ( barat, selatan, timur, utara) kalau tidak tahu juga, bener bener deh wkwkwk.
  3. Setelah terkumpul informasinya siapkan beberapa perangkat seperti, receiver, viewer (TV, Laptop, DVD player dll), kunci pas ( 10, 14, 17, 19 ) kalau tidak salah, kompas kalau ada, waterpas kalau ada juga.
  4. Perhatikan data yang telah di kumpulkan. Nyalakan receiver, viewr dan siapkan semuanya hingga terkoneksi ke parabola.
  5. Buka menu pengaturan, masukan satelit, transponder terkuat dan setting antena sesuai dengan perangkat anda dan satelit yang akan di tuju ( C Band / KU Band)
  6. Perhatikan posisi satelit berada dimana hal ini sangat penting biar tidak salah posisi. Bandingkan dengan posisi anda hal ini untuk menentukan arah parabola ke barat atau timur. Misal akan lock Palapa D. Satelit ini hampir diatas kota Surabaya. Maka jika berada di barat kota Surabaya parabola akan menjorok ke timur dan kalau di timur Surabaya akan menjorok kebarat. Makin dekat dengan kota Surabaya makin ke atas dan sebaliknya.
  7. Setelah tahu perkiraan posisinya. Saatnya tracking menuju satelit tersebut sampai memperoleh sinyal maksimal.
  8. Posisikan parabola tegak. Perkirakan posisi barat dan timur kalau memang tidak punya kompas. Agak Kencangkan skurp tiang parabola.
  9. Turunkan parabola secara pelan pelan menuju satelit yang akan dituju. Sambil digoyang utra selatan secara teratur dan berurutan.
  10. Kalau sudah kelihatan kualitas sinyal naik sedikit, maksimalkan agak di kencangin penyangga parabolanya ( Poin 3) kemudian geser lagi dan cari yang paling maximal berapapun itu.
  11. Kemudian kita bermain pada Poin 2. Untuk skrup atas dilonggarin saja dan kemudian sedikit demi sedikit skrup bawah dikencangkan sambil melihat kualitas. Kalau memang bertambah bagus lanjutkan kalau sudah maksimal kencangkan skrup atas hingga tidak ada pergerakan lagi. Kita melakukan pengendoran skrup atas karena perkiraan ada daya tarik parabola sehingga harus ditahan skrup bawah.
  12. Tandai lingkar pointing dengan tiang parabola. Kendorkan 4 skrup tiang parabola buat menggeser azimut. Geser searah jarum jam atau berlawanan. sampai mendapat kualitas sinyal maksimum.
  13. Dan setelah dirasa semua sudah maksimal kualitas sinyalnya kencangkan semua skrup di poin 1,2 dan 3. Yang perlu di perhatikan adalah skrup yang ada di tiang parabola. Harus diusahakan proposional, jangan sampai miring sebelah agar bisa memaksimalkan sinyal yang diterima.

Itu tadi sedikit pengalaman saya sebagai cara tracking parabola bagi pemula. Mungkin sulit dipahami bagi semuanya tapi memang itu pengalaman saya selama ini. Kalau memang ada cara tracking parabola yang benar silahkan berbagi dengan yang lain di komentar atau kirim artikel ke saya.

Cara Tracking Parabola Bagi Pemula Komentar

NisvilaN

min, sebagai pemula, saya sdh coba tracking chinasat11 pake dish ex. toptv + kuband + receiver getmecom. tp hasilnya nihil, signal tetap tak berubah 40-44%, quality malah 0%, semua arah sdh saya coba. kira2 salah/kurang apanya ya min? mohon bantuannya... :D

14/04/16, 09.56
Unknown

Nanya lagi Mas.
Gimana cara tracking palapa c band menggunakan perangkat bekas telkomvision?, aku baru beli dari tukang loak ni.
Sudah tak cari link bahasanya ndak ketemu.
Makasih

20/05/17, 07.34
Bowo Ekowidodo

NisvilaN, salahnya posisi dan mungkin instalasi belum tepat.

Merari Permatasari, sama saja dengan track satelit lain hanya beda LNB nya, klo langkah langkah tracking sama saja.

20/05/17, 14.27