Satelit Indonesia - Bagus Mana Parabola Jaring Atau Solid

Satelit Indonesia kali ini sedikit membahas mengenai masalah dish jaring dan solid. Setiap kali terutama newbie dalam dunia per satelitan sering menanyakan pilih parabola jaring atau solid. Saya sih maklum saja karena awalnya dulu saya juga memiliki pertanyaan tersebut dan sempat bingung juga sebenarnya bagus mana parabola jaring atau solid?

Bagus tidaknya dish jaring atau solid itu relatif. Ada yang bisa dijadikan parameter untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid. Semua dikembalikan kepada kebutuhan anda sendiri terhadap dish tersebut. Baru bisa kita ketahui pilih parabola jaring atau solid agar lebih maksimal.

Untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid bagi anda silahkan simak beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatikan sehingga anda mengerti kebutuhan sendiri. Untuk parabola jaring atau solid sebenarnya sama namun ada kalanya bisa berbeda.

parabola jaring atau solid

Sinyal Band Parabola

Parabola jaring atau solid sebenarnya bisa menangkap frekuensi C Band maupun Ku Band. Namun menurut pengalaman untuk parabola jaring lebih unggul untuk C Band dan untuk solid lebih unggul di Ku band. Untuk parabola solid lebih di khususkan untuk frekuensi yang sensitif, jadi memang memerlukan perlakuan yang khusus biar maximal, dan kalau sama sama maximal kemungkinan hasil yang solid lebih bagus.

Parabola vs Hujan

Parabola jaring atau solid untuk kasus ini sangat berbeda. Parabola jaring pasti lebih bagus dalam penangkapan sinyal, dan parabola solid akan sangat kesulitan menangkap sinyal apalagi saat hujan. Hal ini karena parabola solid menampung air sehingga menganggau proses refleksi sinyal dari satelit ke LNB, dan bisa berakibat lost sinyal. Biasanya para pemilih dish solid mengakali dengan memberi lubang pada dishnya untuk pembuangan air, diharapkan dish cepat kering dan tidak menganggu sinyal parabola lagi.

Parabola vs Angin Besar

Salah satu faktor untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid bagi anda adalah angin. Parabola solid jelas akan memberikan beban yang sangat bertambah ke tiang di banding parabola jaring. Angin yang di terima parabola untuk dish solid akan di balikkan berbeda dengan parabola jaring yang melewatkan lobangnya. Dengan besarnya kekuatan angin, kemungkinan besar parabola solid akan lebih cepat rusak karena beban sangat besar. Kalau pemasangan tiang parabola tidak kuat bisa bisa dish solid di bawa kabur angin wkwkkwk.

Parabola Karatan

Soal karatan mana yang lebih cepat, parabola jaring atau solid? melihat keterangan mengenai parabola vs hujan maka kemungkinan besar parabola solid akan lebih cepat karatan. Dari beberapa pengalaman parabola jaring akan lebih tahan dan sinyalnya lebih baik.

Harga Parabola

Kalao soal harga parabola jaring dan solid itu sangat berbeda. Harga parabola solid pasti lebih tinggi di banding harga parabola jaring. Hal ini juga terlihat dari berat dan juga bahan yang dipakai. Makin berat biaya distribusi makin tingggi dan bahan yang digunakanpun makin banyak. Maka tidak salah kalau parabola solid lebih tinggi harganya.

Beam Satelit

Ini dia yang sangat membedakan antara parabola solid dan jaring. Sudah disinggung di atas untuk parabola solid lebih sensitif terhadap sinyal. Nah untuk parabola solid sangat bagus untuk menjangkau out beam di banding jaring, dan bisa dikatakan parabola jaring tidak mungkin menjangkau out beam.

Kebutuhan Channel Satelit

Keinginan menonton channel satelit akan sangat menentukan bagus mana parabola jaring atau solid. Contoh saja, anda hanya butuh channel di satelit Palapa D dan Telkom maka akan lebih baik jika anda memilih parabola jaring, Berbeda sekali jika anda di Jawa Tengah, ingin menonton channel di satelit Optus, Thaicom 5/6 pol V, lebih baik dan bisa dikatakan harus memakai parabola solid. Apalagi jika channel tersebut di jalur Ku Band.

Jadi inti dari tulisan saya ini adalah, untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid itu sesuaikan dengan kebutuhan kita. Tidak selamanya barang yang bagus untuk orang lain bagus juga untuk kita, kita kudu mengerti kebutuhan sendiri lebih dulu. Untuk yang sudah berpengalaman silahkan bagi bagi ilmunya agar teman teman kita terutama yang baru di dunia satelit bisa mengerti kebutuhannya dan yang jelas menghindarkan mereka dari keborosan dengan berkomentar mengenai pengalaman anda semua mengenai dish jaring dan solid

Bagus Mana Parabola Jaring Atau Solid Komentar

Haji Topan

Oke bossss tutornya......
nambah tahu aja bossss......
Thx...

21/05/15 18.03
yepitro alcosida

klo lock asiasat 5 mending pilih jaring atau solid min.

11/10/15 02.26
Bowo Ekowidodo Sragen

Kalau ukuran sama mending yang solid tapi klo sesuai dana pilih mesh yang gede :D

untuk C band emang tidak begitu pengaruh mesh atau solid :D

11/10/15 07.17
Fajrin Adams

Wah sangat bermanfaat min, makasih banyak ya.

11/03/16 13.32
Anwar Jember

makasih admin atas info nya...

25/05/16 15.39
Sigid Santoso

nuwun, aku barusan pasang yg jaring dgn pertimbangan mleot kena angin besar...
selama ini pakai parabola yg solid, tp harus bayar 104rb/bulan.. padahal belum tentu ditonton tiap jam berturut turut(kayak nggak ada kerjaan aja, digombali siaran TV) dulunya langganan TOP TV, tp sdh 5 bulan ini ganti TopasTV yg free 2thn, sesudahnya antena dan reiciver jadi milik kita..

18/07/16 17.23
Bowo Ekowidodo Sragen

Sigid Santoso, sebenarnya itu juga tergantung kualitas dishnya, namun memang beban dish solid terhadap angin lebih besar di banding jaring, tapi kalau hanya untuk topas tv , jaring biasa 7ft sudah cukup :D

19/07/16 05.25
akbar1459

Bos sebetulnya kalo parabola itu harus ada kartu chanel/bayar bulanan ga buat satelit nya?

13/08/16 20.42
Bowo Ekowidodo Sragen

Tergantung pilih yang mana, mau berlangganan atau gratisan. Kalau berlangganan ya bayar klo gratis ya tinggal nonton berbagai channel tapi ndak bisa nonton channel berbayar

14/08/16 09.24
denis-iswan

Gan.. Berdasar pengalaman di lapangan kekuatan signal parabola solid / jaring dg ukuran yg sama itu lebih kuat mana ??

14/08/16 22.13
Bowo Ekowidodo Sragen

Bagusan solid, harga juga bagusan solid, untuk solid > 6ft harga 10x dish jaring

16/08/16 15.10