Satelit Indonesia - Fungsi LNB Out Di Receiver Parabola

Satelit Indonesia akan sedikit membahas mengenai fungsi LNB in dan LNB out pada receiver. Bagi yang punya receiver parabola yang lumayan tinggi harganya pasti mengenal dan pernah menjumpai LNB in dan LNB out di belakang receiver yang dipunya.

Untuk Satelit Indonesia sendiri belum merasakan fungsi LNB out di receiver bawaan karena memang receiver yang saya punya tidak ada LNB outnya wkwkwk. Sering juga orang kebingungan mengenai fungsi LNB loop out tersebut. Tapi sebenarnya memang sangat simpel.

Fungsi LNB in di receiver jelas untuk input LNB yang biasanya di hubungkan dengan kabel. Jadi dari LNB, dihubungkan dengan kabel kemudian di sambingkan ke LNB in receiver. Nah yang jadi masalah adalah adanya LNB out. Beberapa orang pasti berfikir fungsi LNB out pada receiver untuk apa.

Fungsi LNB out di receiver tersebut adalah untuk menyambungkan receiver dengan receiver lain dimana polarisasi receiver yang tersambung akan mengikuti polarisasi receiver yang langsung di colokin kabel di LNB IN. Sebagai contoh Satelit Indonesia memiliki receiver A, dan Receiver B. Dimana A itu tersambung ke parabola dan B tersambung ke Receiver A melalui LNB Out.

fungsi lnb out di receiver parabola

Agar receiver B bisa di gunakan maka receiver A harus nyala. Masalahnya bukan sampai disitu saja. Ketika receiver A membuka channel polaritas vertical maka receiver B harus juga membuka polaritas vertical juga, kalau dipaksa membuka polaritas horisontal tidak akan ada sinyal. Intinya adalah, receiver A itu sebagai pembuka jalan dan B hanyalah pengikut saja.

Pertanyaan lanjutan adalah, bisakan receiver tanpa LNB out di pasangi LNB out agar bisa memiliki fungsi LNB in dan LNB out pada receiver? Sangat bisa, dan untuk ini akan Satelit Indonesia bahas di posting selanjutnya.

Fungsi LNB Out Di Receiver Parabola Komentar

Ndank MOC

gan itu gimna caranya, receiver tanpa LNB out di pasangi LNB out agar bisa memiliki fungsi LNB in dan LNB out pada receiver, ada tutorialnya ga? terima kasih

29/04/15 13.04
Bowo Ekowidodo Sragen

Saya belum sempat buat tutorialnya namun sangat mudah di buat kok, cukup dengan kapasitor kertas 100pf untuk memparalelkan kabel utama :D

29/04/15 22.41
Komedi Indonesia

bisa minta tolong ga di gambarkan rangkaiannya, soalnya lagi butuh banget, maf merepotkan, mkash sbelmnya :)

24/05/15 04.05
Ahmad Budairi

Mas bowo, tanya : fungsi socket RCA digital audio out pada rx TS new bintang apa ya? Biasanya RF out koq ini yg hitam digital audio??? Makasih

23/09/16 22.05
Bowo Ekowidodo Sragen

Komedi Indonesia, sudah dibahas di halaman lain.

Ahmad Budairi, untuk audio digital biasanya buat home theater

24/09/16 05.04
ridho akbar

Mau tanya gan...receiver1 yng punya LNB out yng LNB in ny terhubung k parabola mini s-band... Ap lnb out yg terhubung k receiver2 bisa buka channel yg beda dr receiver1....??

02/10/16 15.06
Bowo Ekowidodo Sragen

LNB in untuk ke antena parabola, LNB out ke receiver lain

02/10/16 15.29
Anonim

Anonim

oh gitu jadi gk bisa ya pake lnb out di receiver B bisa setel individu, saya ada prolink HD, mo beli receiver lagi biar bisa 2 tv

22/11/16 18.12
Bowo Ekowidodo Sragen

Kalau mau buat 2 receiver ya mending LNB ganti dengan dual out

23/11/16 04.42