Satelit Indonesia - Cara Memasang 2 LNB Pada Parabola

Satelit Indonesia melanjutkan membahas cara menghitung jarak 2 lnb kemarin dengan cara memasang parabola dengan dua lnb. Setelah kemarin kita sudah bisa sedikit belajar bagaimana cara mengukur jarak 2 lnb kini saatnya memasang LNB tersebut.

Sebagai contoh kemarin Satelit indonesia menggunakan satelit Intelsat 20 dan NSS 12. Karakter kedua satelit ini memang berbeda, untuk NSS 12 menggunakan polaritas Right Left (RL) kalau Intelsat 20 menggunkan polaritas Horisontal Vertical (HV). Jadi untuk NSS 12 yang menjadi fokus LNB harus memakai sekat biar maksimal.

Cara memasang parabola 2 lnb dengan benar bisa berbagai cara, dan cara yang kita gunakan ini juga benar yang penting sinyal sama sama maksimal, mau pakai cara apapun kalau kualitas sinyal sama yang benar semua wkkwkw. Jadi tidak usah diributkan bagaimana cara memasang parabola 2 lnb yang benar yang penting kualitas sinyal maksimal.

Sering kita tahu untuk cara pemasangan antena parabola 2 lnb menggunakan scala ring yang khusus untuk 2. Naman untuk kasus kali ini karena jarak lebih besar dari 7 derajat lebih baik kita pakai scalaring sendiri sendiri tiap LNB. Dari sini untuk mengurangi ruang yang tertutup dan lebih memaksimalkan agar sinyal bisa terkumpul dengan baik.

Untuk media penyambung cara seting parabola dua lnb ini kita memakai media yang tipis, kecil tapi kaku dan kuat. Saya memilih plat, kalau anda ingin memilih media lain seperti kayu, asbes dan lain lain silahkan. Untuk menghitung jarak plat adalah perhatikan gambar berikut.

cara pasang antena parabola dua lnb
  1. J = Jarak 2 LNB, didapatkan seperti praktik sebelumnya cara mengatur jarak 2 lnb
  2. S = Jarak pusat LNB dengan tepi lobang scalaring luar
  3. P = panjang plat

Untuk cara menyetel parabola dua lnb menggunakan plat ini Satelit Indonesia beranggapan sangat mudah. Yang penting bahan tersedia dan tinggal praktek saja. Penghitungan panjang plat untuk memasang parabola dengan dua lnb adalah sebagai berikut

  1. P = J - 2S
  2. P = 23 - ( 2 * 4 )
  3. P = 15 cm

Jadi yang Satelit Indonesia butuhkan untuk merakit 2 LNB pada parabola adalah plat dengan panjang 15 CM. Setelah semua siap tinggal di rakit, plat di lobangi 4 lobang di bagian ujung untuk bisa di lekatkan dikedua scalaring. Jangan lupa posisikan plat ke barat timur sesuai posisi 0 LNB biar lebih mudah. Selamat mempraktekkan.

Cara Memasang 2 LNB Pada Parabola Komentar

Anonim

Anonim

mau tnya Min
saya pakai parabola 2 LNB, receiver matrix apple III
kira2 bisa dpt siaran bola yg di acak gk?

26/08/15 11.21
Bowo Ekowidodo Sragen

Bisa saja asal antena parabolanya menuju satelit yang di beam, bukan cuman di palapa dan telkom. Channel bola yang banyak feed Asiasat 5, kadang biss kadang FTA. Fokuskan LNB kesana.

26/08/15 14.49
Ben

min, kalo lnb s band di gabung dengan lnb c band bisa??

29/08/15 08.40
Bowo Ekowidodo Sragen

Maksudnya di gabung itu seperti LNB combo C Ku ya? kalau iya, sampai sekarang saya belum menemukan penggabunagn C dan S band ..sepertinya melihat bentuk LMB nya tidak mungkinbisa :D

29/08/15 11.07