Satelit Indonesia - Jumlah Channel TV Satelit Parabola MPEG 2 1 Transponder

Satelit Indonesia update jumlah channel tv di indonesia maupun luar dengan format MPEG 2 dalam 1 transponder. Kita kemarin sempat mengetahui kalau SCTV dan Indosiar pindah transponder dan malah menambah 1 channel yaitu O Channel. Mungkin bahasan mengenai jumlah channel parabola dalam 1 transponder ini bisa menjawabnya.

Kita ketahui faktor lancarnya dalam mendapatkan siaran parabola ada sangat banyak. Namun yang berhubungan dengan transponder ini ada beberapa seperti simbol rate, bit rate, FEC, BER, di tambah lagi sebenarnya standar modulation, namun karena kita fokus ke MPEG 2 maka tidak perlu nanti di bahas.

Beberapa faktor tadi untuk menentukan jumlah maksimal siaran TV dalam 1 transponder adalah, Bitrate, Symbol Rate dan FEC, dari situ akan di ketahui juga berapa maximal bit rate video yang didapatkan. Untuk mempermudah pemahaman kita lihat grafik berikut.

jumlah channel tv satelit dalam 1 transponder

Sebuah video bagus berkualitas SD itu antara 3.5 - 4 Mbps. Misalnya kita contohkan transponder SCTV Indosiar MPEG 2, dimana FEC 3/4 dan Simbolrate adalah 8500.

  1. Perhatikan grafik, untuk FEC 3/4 adalah warna kuning.
  2. Di bagian bawah posisikan pada angka 8.5 karena hitungan data adalah Msps
  3. Tarik ke atas hingga menyentuh garis warna kuning
  4. Tarik kesamping kiri, dan ternyata adadi antara 12 - 16 Mbps atau kurang lebih 12. 75 Mbps

Dari penggunaan bitrate yang didapatkan maka jika memakai maximum misalnya 4Mbps akan didapatkan

  1. 12. 75 / 4 = 3,1875

Kita bisa mendapatkan 3 channel dengan kualitas MPEG 2 terbaik. Mungkin karena faktor penambahan O channel MPEG 2 itulah kenapa frekuensi SCTV dan Indosiar pindah frekuensi dan simbolratenya. Namun apakah SCTV Indosiar dan Ochannel MPEG itu bermain di data rate 4Mbps ? Tidak, coba pehatikan data rate ts Analyzer berikut.

jumlah channel parabola transponder sctv indosiar

Dalam transponder 3999 H 8500 ini ada 4 channel, jadi tidak mungkin akan bermain terus di 4Mbps, paling yang akan di maksimalkan adalah SCTV dan Indosiar, seperti tampak gambar diatas, apalagi jika Live Feed MPEG4 aktif, kemungkinan ada penuruan kualitas video. Dari situ anda bisa menarik kesimpulan kenapa suatu siaran tampak buram walau sama sama MPEG 2. Untuk kebutuhan channel HD kita akan bahas selanjutnya.

Jumlah Channel TV Satelit Parabola MPEG 2 1 Transponder Komentar