Satelit Indonesia - Cara Memasang Tiang Parabola di Tembok Dengan Mudah

Satelit Indonesia update cara menyetel tiang parabola untuk pemula dengan mudah. Sebelumnya sudah di singgung tinggi, ukuran tiang parabola. Untuk kali ini kita fokuskan pada cara memasang tiang antena parabola di tembok. Sebenarnya tidak ada yang sulit, biasanya hanya terbatas pada peralatan saja.

Cara Memasang Tiang Antena Parabola

cara menyetel tiang parabola

Sebelum kita mulai, perhatikan semua alat dan bahan buat pasang tiang parabola sudah tersedia. Kalau memang semua sudah siap kita mulai saja sebagai berikut.

  1. Tentukan posisi yang pas, dimana di bagian timur dan barat paling minim halangan
  2. Persiapkan lot, sabungkan benang dengan besi pemberat dan pegangan semisal kayu atau besi. Lihat gambar a, yang coklat, di gantung benang warna biru dan di kasih beban besi atau lot.
  3. Perbaiki bentuk semua klem, posisikan lengkung dan jarak lobang untuk fisher sama , hal ini untuk memudahkan pekerjaan.
  4. Ukur jarak lobang klem.
  5. Menggunakan lot, tarik dari atas dan garis tembok sesuai kebutuhan, ini harus teliti agar posisi tegak lurus dengan tanah.
  6. Menggunakan penggaris siku, sikukan ke garis yang di buat, tarik sampai jarak antar lobang klem, dan tandai.
  7. Memakai lot, tarik garis lagi dengan patokan tanda jarak 2 lobang tersebut. Bisa anda lihat posisinya seperti gambar A
  8. Tes menggunakan klem kalau tidak ada yang salah dengan jarak kedua garis tersebut untuk memastikan sebelum mengebor.
  9. Tandai tiap tempat di garis yang di buat untuk penempatan klem dan fisher, serta memudahkan dalam pengeboran. Agar sama dunakan penggaris siku.
  10. Setelah di tandai, minimal 4 tempat, tinggal anda bor sedalam jaraj fisher yang digunakan.
  11. Kalau sudah selesai, masukkan fisher di tiap lobang, dan siapkan kunci pas serta tiang dan klem.
  12. Agar lebih mudah, pasang dulu klem, dan di skurpkan, kemudian juga sudah masukan tiang parabola. Untuk ketinggian tiang parabola terserah sesuai kebutuhan.
  13. Kencangkan tapi jangan sampai terlalu kencang, namun tiang parabola masih bisa bergerak walau agak susah.
  14. Memakai lot, posisikan dari atas tiang, ukur jarak benang atas dan dengan jaraj benang dekat besi pemberat, harus sama. Lakukan di kedua sisi, entah utara timur, selatan barat. Jika jarak tidak sama, goyangkan tiang sedikit demi sedikit hingga sama.
  15. Tandai lobang di bagian bawah tiang parabola untuk pengunci gerak, biasanya besi L
  16. Angkat sedikit tiang parabola untuk memudahkan pengeboran, kalau sudah selesai inggal memasang kembali tiang parabola di tempatnya.
  17. Skrup tiap lobang tiang parabola namun jangan terlalu kencang dulu, tes kembali dengan lot untuk memastikan tiang parabola tegak lurus.
  18. Kalau sudah pasti tegak lurus, kencangkan semua skrup fisher, dan harus sangat hati hati agar tidak merubah penyetelan tiang parabola yang sudah dilakukan.
  19. Anda bisa tes lagi memakai lot, jiga sudah tegak lurus maka pekerjaan sukses, kalau belum, ada dua pilihan, anda membongkar kembali atau mengakali saat pemasangan mounting dish parabola.

Tiang parabola memang sangat dianjurkan tegak lurus jangan sampai tiang parabola miring agar pergerakn parabola nantinya terutama yang memakai actuator ataupun sering tracking ganti satelit tidak mengalami masalah. Namun kalau fixed saja misal hanya palapa dan telkom ndak begitu banyak pengaruhnya.

Itu tadi sedikit tips cara memasang tiang antena parabola untuk pemula, dan cara ini memang sesuai pengalaman pribadi Satelit Indonesia dalam memasang parabola sendiri, Dan bersyukur, sudah satelit yang bisa di lock, walau memang perlu belajar dan mencoba agar lebih terlatih lagi.

Cara Memasang Tiang Parabola di Tembok Dengan Mudah Komentar

Fajri Faras

Kalau sudah terlanjur miring gmn ya cara memperbaikinya

27/09/16 17.12
Bowo Ekowidodo Sragen

ya di tegak in lagi, di bongkar terus di rubah atau mainkan posisi skrup pointing ke tiangnya :D

28/09/16 14.58
Unknown

Ane tracking lake dish offset Susan banger y...pa karena tiang miring y

30/10/16 09.35
Bowo Ekowidodo Sragen

Dish offset berarti kemungkinan tracking ku band, kalau ku band emang agak sensitif harus bener2 pas baru bisa keluar SQ nya berbeda dengan c band yang agak lebar.

30/10/16 18.43