Satelit Indonesia - Rencana Peluncuran Satelit SES 9 Januari 2016

Satelit Indonesia update peluncuran satelit baru beam Indonesia, SES 9. Akhirnya SES S. A. mengumumkan bahwa satelit SES 9 sudah sampai di tempat peluncuran satelit Cape Canaveral, Florida. SES 9 sedang dalam proses peluncuran pada pertengahan Januari 2016 di SpaceX's yang sudah upgrade dengan roket Falcon 9.

Rencana Peluncuran Satelit SES 9 Menggunakan Roket Falcon 9

SES 9 akan diposisikan di 108,2 derajat timur, berdampingan dengan SES 7, Telkom 1. ini adalah menyediakan juga menggantikan layanan terutama di Asia, terkhususnya untuk Indonesia dan Filipina.

Rencana Peluncuran Satelit SES 9 ke Luar Angkasa

Satelit SES 9 dibuat oleh Boeing Satellite Systems dan dirancang beroperasi 15 tahun. Kapasitas SES 9 lebih besar dari SES 7 yang menyediakan 81 transponder, kalau SES 7 hanya 19 di jalur Ku Band. Untuk perencanaan beam terbagi menjadi beberapa wilayah seperti

  1. South Asia Ku-band beam
  2. North East Asia Ku-band beam
  3. South East Asia Ku-band beam
  4. West Indian Ocean Ku-band beam
  5. East Indian Ocean Ku-band beam
  6. Australia Ku band beam

Wilayah Indonesia masuk dalam beam South East Asia Ku-band beam yang bisa menjangkau seluruh Indonesia, dan terkuat di pulau jawa serta sebagian Sumatera bagian timur. Namun ada juga terkena beam wilalah lain seperti Sumatera bagian barat, oleh beam East Indian Ocean Ku-band beam, Sulawesi bagian utara oleh North East Asia Ku-band beam. Jadi tunggu saja aktifnya satelit SES 9 ini, dan peluncuran berjalan dengan lancar, walau bau baunya ini untuk satelit Pay TV.

Rencana Peluncuran Satelit SES 9 Januari 2016 Komentar