Satelit Indonesia - Apa Arti Feed Asiasat 5 ?

Apa Arti Feed Asiasat 5 ?

Satelit Indonesia sedikit membahas apa yang dimaksud feed asiasat 5 itu. Kita ketahui Asiasat 5 adalah salah satu satelit yang ditempati banyak channel feed. Namun memang diantara kita pasti ada saja yang belum mengerti apa itu feed asiasat 5 disaat orang lain sudah bertanya bagaimana cara mendapatkan sinyal feed asiasat 5?

Kebingungan ini bisa dimaklumi kalau memang masih baru mengenal TV satelit, namun kalau sudah lama memakai TV satelit dan belum tahu apa itu channel feed memang agak kebangetan sih. Kembali lagi membahas mengenai apa itu feed asiasat.

Feed asiasat 5 adalah channel TV satelit yang menempati Asiasat 5 yang digunakan untuk distribusi konten buat operator TV dan bukan untuk konsumen rumahan. Jadi feed Asiasat 5 ini biasanya berdurasi pendek. Untuk lebih jelasnya bisa perhatikan ilustrasi gambar berikut.

apa yang dimaksud feed asiasat 5

Contoh sederhana adalah sebagai berikut, kita mengambil contoh pertandingan sepak bola Barcelona vs Granada, itu berlangsung dari Camp Nou.

  1. Dari lapangan Camp Nou diambil kamera dan di kontrol untuk diuplink
  2. Setelah kontrol konten audio video, dari mobil diuplink ke satelit Eutelsat 10A
  3. Jika ada orang rumahan atau konsumen bisa lock transponder downlinknya di Eutelsat 10A maka dia mendapatkan feed Eutelsat 10 A pertandingan Barcelona vs Granada [garis hijau].
  4. Untuk bisa distribusi dari Eropa ke Asia diperlukan lagi teleport. Maka teleport mendapatkan konten dari feed Eutelsat 10A tersebut.
  5. Dari teleport kemudian diuplink lagi ke Asiasat 5
  6. Ketika kita bisa lock transponder downlink di Asiasat 5 yang memuat konten pertandingan Barcelona vs Granada tersebut maka kita mendapatkan feed Asiasat 5 pertandingan barcelona vs Granada [garis orange]
  7. Dari feed Asiasat 5, diambil oleh DTH , operator tv yang menyebarkan ke rumah rumah , atau bisa di uplink lagi buat feed masing masing cabangnya, atau untuk transponder TV berlangganan dll.

Dari keterangan diatas semoga bisa dipahami, dan bisa direnungkan kenapa cara mendapatkan channel feed di asiasat 5 tidak semudah memperoleh channel TV satelit permanen.

Apa Arti Feed Asiasat 5 ? Komentar