Satelit Indonesia - Cara Membedakan Satelit Thaicom 5 Dengan Thaicom 6

Satelit Indonesia update bagaimana membedakan satelit thaicom 5 dan 6 C Band. Mungkin bahasan ini bagi anda tidak penting namun untuk yang ingin tahu dan ingin membedakan satelit jika posisi sama adalah sesuatu yang penting hal ini berkaitan juga dengan beam.

Kita tahu, Thaicom 5 dan Thaicom 6 memiliki posisi sama, di tambah nanti jika Thaicom 8 sudah siap di gunakan, akan sangat sulit membedakan beberapa satelit dalam posisi derajat yang sama. Pernah berfikir kenapa beam polaritas horisontal dan polaritas vertikal di posisi Thaicom 5 dan 6 berbeda? apa tidak pernah terfikir kalau itu beda satelit? saya yakin banyak sekali yang menyebut polaritas horisontal Thaicom 5 itu beamnya global, hal ini akan tampak salah ketika tahu perbedaan Thaciom 5 dan Thaicom 6.

Untuk lebih memudahkan membedakan satelit Thaicom 5 dengan satelit Thaicom 6 adalah dengan melihat frekuensi plan atau alokasi frekuensi masing masing satelit. Coba perhatikan frekuensi plan downlink Thaicom 5 dan Thaicom 6 berikut.

frequency plan satellite thaicom 5 and thaicom 6

Bisa kita lihat dari alokasi frekuensi satelit Thaicom 5 dan 6 diatas. Untuk Thaicom 5 alokasi frekuensi polaritas vertikal antara 3400 sampai 4200, disisi horisontal dari 3400 sampai 3700. Untuk Thaicom 6 , alokasi frekuensi untuk polaritas horisontal saja antara 3700 sampai 4200.

Dari sedikit penjelasan diatas saya yakin pasti sudah bisa membedakan mana channel yang ada di Thaicom 5 dan mana saja saluran yang ada di Thaicom 6.

Bisa di simpulkan begini, jika channel dengan polaritas vertikal jelas channel ada di satelit Thaicom 5, namun jika channel polaritas horisontal harus melihat lagi frekuensinya. Jika frekuensi channel di bawah 3700 maka channel ada di thaicom 5 dan jika frekuensi channel antara 3700 sampai 4200 , saluran itu ada di Thaicom 6.

Cara Membedakan Satelit Thaicom 5 Dengan Thaicom 6 Komentar