Satelit Indonesia - Waktu dan Tempat Peluncuran Satelit Bank BRI Brisat

Satelit Indonesia sedikit membahas rencana peluncuran satelit BRI yaitu Brisat yang dijadwalkan akan di luncurkan tahun ini. Brisat adalah satelit milik Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Satelit Brisat di buat oleh Space System/Loral dan tempat peluncuran satelit Brisat di Arianespace.

Rencana peluncuran satelit BRI akan dilakukan pada 7 Juni 2016 dan semoga tepat waktu atau malah lebih cepat lagi seperti waktu peluncuran satelit Thaicom 8. Peluncuran satelit Brisat akan memakai roket Ariane 5 ECA. Satelit Brisat ini akan memakai konfigurasi platform SSL 1300 dan posisi satelit brisat nantinya di 150. 5° bujur timur.

Waktu dan Tempat Peluncuran Satelit Bank BRI Brisat

Satelit Brisat nanti akan membawa 45 transponder, dimana terbagi 9 untuk Ku Band dan 36 untuk C band. Direncanakan nantinya pemerintah Indonesia akan memperoleh 4 transponder dan 23 untuk BRI sendiri. Untuk beam jelas akan menjangkau seluruh Indonesia namun secara detail Satelit Indonesia belum mendapatkan info pembagian beam.

Sayang sekali, untuk penggemar TV satelit mungkin tidak bisa banyak berharap dari satelit Brisat, karena dari pihak BRI sepertinya tidak ada keinginan untuk menyewakan transponder buat komersial dan rencananya akan dipakai sendiri buat komunikasi untuk sisa 18 transpondernya. Tapi hal ini bisa saja berubah nantinya.

Waktu dan Tempat Peluncuran Satelit Bank BRI Brisat Komentar