Satelit Indonesia - Pilih Tiang Fokus LNB Cangkul atau Triport ?

Satelit Indonesia update alasan kenapa harus memilih tiang fokus lnb yang tepat dan sesuai selera. Sudah tidak asing lagi bahwa tiang penyangga lnb terbagi beberapa model, namun yang biasa terdapat di dish parabola adalah 1 tiang yang biasa disebut cangkul karena mirip cangkul, ada juga 3 tiang atau triport dan 4 tiang tetraport

Namun dalam cara pasang tiang lnb kebanyakan hanya memakai 1 atau 3, jarang sekali memakai 4 karena untuk tiang LNB 4 biasanya digunakan untuk multi LNB lebih dari 3 LNB. Dan kebanyakan juga tiang fokus 4 lnb memakai 1 tiang cangkul, ditambah lagi sebagian besar katanya lebih bagus dari triport ataupun tetraport.

Akan tetapi Satelit Indonesia punya pandangan lain, lebih menyukai triport atau tetraport dibanding dengan tiang LNB cangkul. Hal ini memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi, nah andapun yang suka dengan tiang LNB cangkul silahkan berdiskusi, kalau bisa membuat tulisan beserta alasan juga silahkan kirimkan ke Satelit Indonesia agar bisa dipublikasikan.

ukuran panjang tinggi tiang fokus LNB parabola

Panjang Tiang LNB Parabola

Setiap dish parabola, agar sinyal maksimal LNB harus pas pada titik fokus, makin melebar (mendatar) dish biasanya tinggi tiang lnb parabola makin bertambah karena titik fokus makin tinggi. Pernahkan kita memikirkan dengan semakin panjang tiang lnb parabola makin besar pula beban dasar tiang LNB.

Jika kita memakai 1 tiang LNB dengan beban makin besar, apalagi jika dasaran berkarat makin memudahkan pergerakan tiang, sehingga sedikit demi sedikit pergerakan ini akan menggeser LNB menjadi tidak fokus lagi. Berbeda dengan memakai triport, tidak memakai dasaran, biasanya langsung dikaitkan dengan dish, bebanpun di bagi merata 3 tiang. Jadi fokus LNB lebih terjamin.

Secara bodohnya, anda megang botol, lebih terbebani mana memakai 1 tangan yang lurus dibanding tangan yang dibantu menyangga beban lain?

Ukuran Tiang Fokus LNB

Sesuai ukuran ukuran tiang penyangga lnb jika disatukan maka ukuran tiang fokus lnb triport akan lebih besar daripada tiang cangkul. Namun apakah pernah memikirkan dampak dari posisi dengan ukuran ukuran tiang lnb tersebut. Coba kita perhatikan di gambar C, karena tiang LNB dari logam / besi kemungkinan sinyal dari dish ke LNB akan tertutupi.

Dari gambar C, ukuran tiang dan jarak tiang ke LNB sangatlah berpengaruh. Makin dekat tiang penyangga LNB ke LNB atau makin besar maka makin luas daerah yang tertutupi, jadi ada bagian dish yang sia sia.

Hal tersebut berbeda ketika memakai triport, walau jika disatukan lebih besar, namun posisi tinggi tiang lnb parabola hanya menutupi dish dari satelit dan itu jauh lebih kecil pengaruhnya.

Cara Pasang Tiang LNB Terhadap Dish

Untuk menghasilkan sinyal yang maksimal, pemasangan LNB terhadap dish haruslah fokus. Untuk pemakai tiang penyangga LNB cangkul ataupun triport, itu sama saja, namun berbeda ketika berhubungan dengan kerentanan dish baling.

Perhatikan gambar B, tiap tiang fokus LNB bisa mengantarkan gaya tarik maupun tekan, jadi gaya keluar atau kedalam dish bisa diminimalisir. Berbeda dengan yang memakai tinggi tiang fokus lnb cangkul, tiang LNB berdiri sendiri, ketika dish ketarik atau tekan salah satu sisi, maka sisi tersebut yang akan berjuang menahannya sendiri dengan sedikit mengantarkan ke sekitarnya. tidak bisa maksimal terbagi kesemua sisi, jadi kemungkinan baling bisa menjadi lebih besar dibanding pakai tiang fokus lnb triport.

Itu tadi beberapa alasan kenapa Satelit Indonesia lebih memilih tiang penyangga LNB triport atau lebih dibanding tiang cangkul. Jika ada yang mau menambah atau berbagi pengetahuan silahkan saja dikomentar atau kirim artikelnya ke Satelit Indonesia.

Pilih Tiang Fokus LNB Cangkul atau Triport ? Komentar