Satelit Indonesia - IMG Asia Asiasat 5 Jenis Acakan Tandberg Viaccess Irdeto ?

Satelit Indonesia update jenis acakan IMG Asia feed Asiasat 5 yang biasanya di gunakan untuk liga inggris. IMG Asia adalah salah satu channel feed di Asiasat 5 yang belakangan menjadi idola, hal ini dikarenakan lewat channel feed inilah salah satu pertandingan EPL liga Inggris bergulir, dan menjadi feed utama semisal hanya 1 pertandingan maka channel IMG Asia di Asiasat 5 yang digunakan.

Kali ini Satelit Indonesia bukan membahas ECM Key tandberg IMG Asia Asiasat 5 terbaru, namun lebih ke jenis acakan yang dipakai. Sekalian kita belajar untuk analisa dan mengetahui jenis acakan yang dipakai sebuah channel dengan lambang dolar. Kita akan memanfaatkan DVBCard dan beberapa player DVB seperti DVBDream dan TransEdit.

Sebenarnya untuk melihat jenis acakan IMG Asia Asiasat 5 bisa dari STB semisal produk keluaran Skybox, STB ber OS linux. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua STB dibekali untuk menampilkan data jenis acakan channel dan ini malah sebagian besar. Untuk itulah agar lebih bisa akurat kita memerlukan DVBcard karena MPEG transport stream nya lebih valid.

Langsung saja kita mencoba menganalisa jenis acakan IMG Asia Asiasat 5. Untuk yang sudah punya DVBcard silahkan di nyalakan dan buka beberapa hal.

  1. Buka DVBdream, pilih channel IMG Asia Asiasat 5 atau channel lain yang ingin anda analisa.
  2. Di bagian channel klik kanan dan lihat Channel Properties
  3. Dibagian Channel Properties dibagian frame transponder klik Clipboard 1
  4. Capture saja jendela yang terbuka dan pastekan ke image editor
  5. Selajutnya buka TransEdit
  6. Lakukan Analyze pada transponder IMG Asia
  7. Expand listview child PAT dan CAT sekalian service IMG Asia bagian CA Type begitu juga dengan CAT
  8. Capture saja dan pastekan ke image editor.
  9. Namun bila anda punya 2 DVBCard atau 2 tuner tanpa harus capture bisa juga. Jadi dua duanya nyala dengan 2 player berbeda.

Misal saja Satelit Indonesia mendapatkan hasil analisa jenis acakan IMG Asia di Asiasat 5 adalah sebagai berikut

Jenis Acakan yang dipakai IMG Asia Asiasat 5

Coba perhatikan di bagian vPlug bagian frame CA Info, terdapat ECM Pid dan EMM Pid, ternyata ada beberapa EMM Stream dengan beberapa acakan yaitu Tandberg Viaccess Irdeto. Apakah dari sebatas ini kita menentukan jenis acakan yang di pakai IMG Asia? Tidak, namun ada yang hanya disini.

Sebenarnya untuk melihat jenis acakan ada di bagian ECM Pid's nya. Disana terlihat hanya Tandberg saja. Jika belum puas, lihat dibagian Channel Properties CA Type hanya ada Tandberg juga. Masih kurang puas juga, lihat dibagian clipboard, ECM/ EMM list, Dibagian ECM tetap saja hanya acakan tandberg, nah dibagian EMM seleced nya juga cuman CA PID 2000.

Tambah bingung CA PID 2000 untuk detailnya lihat dimana? Oke kita menuju TransEdit. Perhatikan di bagian CAT, lihat CA PID 2000 itu milik siapa? ternyata CA System ID menunjukkan 1010 dan ini adalah CA ID acakan tandberg. Dari sini sudah sangat kuat kalau IMG Asia di Asiasat 5 acakannya tandberg, bukan yang lain. Lihat lagi dibagian PAT service IMG Asia terutama bagian Conditional Access Trans Edit. Disitu terdapat CA cuman 1 yaitu CA ID 1010 milik tandberg.

Bisa disimpulkan, jenis acakan IMG Asia Asiasat 5 adalah tandberg tanpa ada jenis acakan lain. Terdapatnya Viaccess, Irdeto dan terlihat di vPlug hanyalah sebatas EMM di bagian CAT Conditional Access Table, dimana CAT sendiri berfungsi sebagai informasi sistem acakan yang dipakai di transponder bukan khusus di channel.

Semoga dengan bahasan ini, untuk yang masih bingung dengan jenis acakan channel satelit parabola bisa ada gambaran, dan kalau anda ingin tahu mendalam memang butuh DVBcard. Selamat mencoba kalau ada kesalahan pemahaman Satelit Indonesia silahkan diluruskan.

IMG Asia Asiasat 5 Jenis Acakan Tandberg Viaccess Irdeto ? Komentar

Yudi Wahyu

Mantab,,penjelasanya min

10/09/16 15.40