Satelit Indonesia - Cara Menggabungkan SMV TV SES 9 Ninmedia Satu Dish Mini

Cara Menggabungkan SMV TV SES 9 Ninmedia Satu Dish Mini

Satelit Indonesia update menggabungkan ninmedia dan ses 9 dengan SMV TV FreeView Sat. Sebelumnya Satelit Indonesia sudah membahas bagaimana cara menggabungkan Ninmedia dengan SMV FreeView Sat TV, kini saatnya memperoleh tantangan lagi dengan menggabungkan Ku Band di timurnya yaitu SES 9.

Setelah channel TV nasional Ku Band Thaicom 4 FTA menghilang maka kembali lagi SES 9 menjadi target lock karena disini MNC group bercokol. Tidak seperti sinyal ku band lain beam Indonesia, SES 9 ini termasuk pelit alias kecil. Makanya pasti ada yang mengalami masalah dalam tracking satelit SES 9 tersebut.

Cara Menggabungkan SMV TV SES 9 Ninmedia Satu Dish Mini

Apalagi kali ini Satelit Indonesia mencoba menggabungkan dengan SMV TV yang jarak derajatnya sangat jauh. Dari SES 9 di 108.2 E sampai ABS 2A di 75E atau sekitar 33.2 derajat. Jarak yang begitu panjang tidak memungkinkan fokus di SES9 ataupun SMV TV, kita mesti mengorbankan SQ SMV TV agar bisa lock SES 9.

Yang perlu diperhatikan dalam proyek kali ini adalah kualitas sinyal minimum tiap layanan. Karena kita akan menggunakan receiver MMP raja ampat maka ukuran kualitas sinyal bisa kita tentukan kesamaannya. Untuk SES 9 minium kualitas sinyal 28%, Ninmedia 43%, SMV TV 55%. Hal tersebut sangat tergantung pada data rate, kalau dibawah itu kemungkinan sangat besar akan tampil seperti VCD rusak.

Sebenarnya untuk menggabungkan SMV TV, ninmedia dan SES 9 hampir sama dengan tracking satelit biasa. Jadi satu orang dengan orang lain bisa beda cara, hasil, dan perlu sangat diperhatikan, posisi tracking sangat berpengaruh pada kualitas sinyal. Untuk Satelit Indonesia sendiri setelah berhasil lock SMV TV dan Ninmedia dalam satu dish, kini mencoba cara lain, sebagai alternatif untuk tracking.

  1. Persiapkan transponder untuk tracking SMV TV, NInmedia dan SES 9 kemudian masukkan ke receiver buat tracking.
  2. Pasang parabola mini SMV TV terbalik, yaitu tiang LNB berada diatas.
  3. Karena sebelumnya sudah memasang tiang parabola dimanfaatkan saja. Sayang proses pemasangan sudah difokuskan ke ABS2 jadi pada cara ini agak kesulitan, jadi kalau anda ingin membalik tiang LNB harus memikirkan saat memasang tiang.
  4. Setelah selesai membalik dan memasang, Satelit Indonesia metokkan, tiang LNB dengan tiang parabola, jadi dish kelihatan agak mendatar.
  5. Waktunya tracking SMV TV, pegang LNB dan cari sinyal, jika sudah ketemu rencanakan untuk membuat bracket dan tiang LNB nya. Cari sinyal yang paling maksimal
  6. Selanjutnya tracking ninmedia, caranya sama pegang LNBnya dan gerak gerakkan diatas dish LNB , cari yang sekiranya dish menghadap 98E. Jika sudah ketemu, rencanakan membuat tiang LNB yang bisa juga digunakan untuk LNB lain terutama SES 9.
  7. Pasang LNB untuk Ninmedia dan cari sinyal yang paling maksimal.
  8. Perhatikan arah LNB SMV TV dengan Ninmedia. Cari garis lurus, nya dan tracking SES 9 dengan perlakuan yang sama seperti sebelumnya. Pegang LNB dan cari sinyal, jika ketemu rencanakan buat bracketnya dan cari sinyal paling maksimal, jika masih di bawah 28% mungkin anda harus ubah posisi dish lagi.
  9. Jika sudah tinggal siapkan kabel jumper dan dipasangkan ke minimal diseqc 4x1, untuk cara setting diseqc 4x1 sudah pernah Satelit Indonesia bahas.
Cara Menyatukan SMV TV SES 9 Ninmedia Satu Dish Mini

Sampai disini kita sudah berhasil menggabungkan SMV TV Ninmedia dan SES 9. Karena sampai tulisan ini dibuat, receiver MMP Raja Ampat hanya ada 2 satelit dimana kita butuh 3 satelit, maka yang perlu kita lakukan adalah menjadikan 2 satelit jadi satu. Untuk nantinya saat ingin menonton channel di satelit tujuan tinggal mengganti pengaturan diseqc sesuai satelit tujuan.

Contoh saja kita setting diseqc Ninmedia di port 2, dan SES 9 di port 3 maka saat ingin menonton channel Ninmedia kita setting diseqc ke LNB 2, begitu juga saat ingin nonton channel di SES 9 maka ganti pengaturan diseqc ke LNB 3.

Cara Menggabungkan SMV TV SES 9 Ninmedia Satu Dish Mini Komentar

Anonim

Anonim

Adakah LNB monoblock dijual di indonesia? Apa itu monoblock lnb?

10/03/17 10.42
Bowo Ekowidodo Sragen

Monoblock ndak sesuai dengan kondisi di Indonesia, ndak ada ku band yang dekat dengan beam yang besar. dan harganya jauh lebih tinggi dibanding beli 2 LNB ku band kiloan

10/03/17 19.02
blues lover Di

mantap gan..tp klo cuaca hujan tdk bisa nonton semua .

10/03/17 21.17
Bowo Ekowidodo Sragen

Resikonya ya seperti itu, mau di fokuskan juga kalau hujan ilang semua, namanya juga ku band :v

11/03/17 08.05
Anonim

Anonim

mau tanya, satelite thaicom 6 bisa di lock disulawesi tenggara gak ? dan klau bisa, kualitas signalnya bagus gak ?

11/03/17 11.01
Bernadus Hardiyanto
12/03/17 13.55
hendrik irenk

Mnc grup apa sdh kabur dari ses9 y bos,,,,,

12/03/17 18.55
Bowo Ekowidodo Sragen

Thaicom 6 harusnya bisa masalah kualitas ndak tahu soalnya belum pernah track disana.

Lagi perbaikan SES 9, dan jangan berharap MNC Group hadir

13/03/17 06.01
Levante black

Mau tanya apa pengaturan diseqc di mmp raja ampat apakah berfubgsi, karena sq zonk saat masuk diseqc

01/04/17 09.49
Bowo Ekowidodo Sragen

Lha diatas kan setting diseqc :D

02/04/17 13.43