Satelit Indonesia - Apa itu Biss Key CW DCW EMM Key ECM Key Jenis Acakan

Apa itu Biss Key CW DCW EMM Key ECM Key Jenis Acakan

Satelit Indonesia update istilah istilah key dalam suatu acakan yang sering digunakan. Kita tahu TV satelit digital tidak akan lepas dari jenis acakan, berbagai nama pun muncul menyesuaikan dengan data yang dimaksud. Untuk kali ini Satelit Indonesia akan mengenalkan beberapa istilah yang sering digunakan dalam menamai kode untuk acakan.

Nama nama kode key acakan ini adalah dasar memahami bagaimana sebuah acakan bekerja dan bagaimana emu acakan bisa membuka data yang telah diacak. Mungkin masih ada yang membayangkan acakan irdeto rolling tiap beberapa detik dan powervu rolling tiap hari. Dengan mengenal beberapa istilah kode key acakan ini semoga cara berfikirnya bisa berubah.

Apa itu Biss Key CW DCW EMM Key ECM Key dalam Acakan

Biss Key

Jenis acakan biss adalah CA yang sering sekali dipakai karena kemudahannya dan mungkin lisensinya paling murah dibanding dengan jenis acakan lainnya. Biss key merupakan kode hexa yang dibutuhkan modul biss untuk mendecrypt konten yang diencrypt. Konten disini biasanya video dan audio, dan tidak akan ada perubahan biss key secara cepat. Biss key terdiri dari 12 digit atau 6 byte hexa. Contoh biss key seperti berikut

  1. 12 34 56 AB CD EF

CW

CW atau Control Word merupakan kode hexa yang terdiri dari 16 digit atau 8 byte. CW sendiri sepertinya merupakan pengembangan dari biss key, maka dimaklumi kalau menyebut cw dengan biss key karena memang cw bisa digunakan untuk biss key namun biss key tidak bisa digunakan sebagai CW. Contoh CW adalah sebagai berikut

  1. 12 34 56 9C AB CD EF 67

Coba perhatikan, apa persamaan CW dengan biss key, persamaan di digit 1-6 dan 9-15. untuk digit 7 8 dan 15 16 itu adalah hasil penjumlahan dari 3 byte sebelumnya. Untuk contoh penjumlahan dan bagaimana mendapatkan byte ke 4 dan 8 atau digit 7 8 15 16 akan kita bahas nantinya, kalau sempat dan ada yang butuh untuk konversi 12 digit ke 16 digit.

DCW

DCW Direct Control Word, sebenarnya sama saja dengan biss key, CW , hanya saja biasanya digunakan untuk yang rolling. DCW terdiri dari 32 digit atau terdiri dari 2 CW, ada CW0 dan CW1. Keduanya bisa dengan isi sama dan diisi beda sesuai kebutuhan emu untuk proses decoding.

EMM Key

EMM atau Entitlement Management Message adalah sekumpulan hexa yang jadi pembawa pesan key yang telah di encrypt. Di dalam EMM ini membawa UA atau unique address yang tidak di encrypt dan juga EMM key serta ECM key yang di encrypt. Untuk lebih jelasnya silahkan baca tulisan Satelit Indonesia mengenai apa itu EMM key. Contoh EMM key PowerVu adalah sebagai berikut

  1. P 12345678 00 123456789ABCDE ;

EMM key ini dibutuhkan untuk mendecrypt EMM stream untuk memperoleh EMM key baru dan juga ECM key. Untuk proses autoroll di receiver butuh EMM key ini beserta UA nya agar memudahkan dalam proses decrypt, karena jika tanpa UA, proses brute EMM akan memberatkan receiver.

ECM Key

ECM atau Entitlement Control Messages adalah sekumpulan text hexa yang membawa DCW tetapi di encrypt. Untuk bisa mendapatkan DCW maka memerlukan EMM key untuk mendecrypt ECM stream yang biasanya rolling tiap beberapa detik, kalau PowerVu bisa hitungan perdetik, kalau irdeto biasanya 10 detik. Hasil decrypt ECM raw jadi DCW itu terbagi 2 dan di biasa namakan Odd Cw Even Cw. Lebih detail mengenai apa itu ECM key silahkan baca tulisan Satelit Indonesia sebelumnya. Contoh ECM Key powervu adalah seperti berikut.

  1. P 0000 00 123456789ABCDE ;

Dari beberapa istilah key dalam acakan tersebut, semoga bisa menjadi gambaran terutama yang sering mengatakan key irdeto, conax, ABV rolling tiap 10-15 detik. Yang anda lihat rolling itu adalah ECM nya yang membawa DCW, kalau dibandingkan dengan ECM key powervu ya jelas salah membandingkan, harusnya dibandingkan dengan ECM key irdeto. Kalau perbandingan sama sama ECM nya maka powervu malah hitungan perdetik.

Terus kenapa jika PowerVU ECM rolling tiap detik malah bisa terbuka sedangkan irdeto, conax tidak terbuka? PowerVU masih memiliki emu aktif yang bisa mendecrypt ECM raw powervu sehingga otomatis memperoleh DCW tiap kali dibutuhkan, berbeda dengan irdeto, conax, emu nya sudah usang, sama saja emu PowerVU sekarang untuk Sport 24 HD yang sudah usang sehingga tidak valid untuk decrypt ECM Sport 24 HD tersebut akhirnya gelap.

Kalau ada yang salah silahkan dibenarkan karena kita sama sama belajar.

Apa itu Biss Key CW DCW EMM Key ECM Key Jenis Acakan Komentar

Nur Said

Perlahan mulai memahami min.. .tank to infonya

23/05/17 09.58
Bowo Ekowidodo Sragen

Silahkan kalau mau donasi PM saja :p

23/05/17 11.03
Penduduk Ngapak

Jos min, maturnuwun ilmunipun

23/05/17 14.35