Satelit Indonesia - Cara Memperbaiki Receiver Parabola Matrix Burger Extra HD

Cara Memperbaiki Receiver Parabola Matrix Burger Extra HD

Satelit Indonesia update cara memperbaiki receiver matrix burger extra hd mati suri, mode on atau yang lain yang disebabkan oleh kesalahan firmware. Kesalahan firmware saat upgrade memang bisa menyebabkan receiver parabola tidak berjalan semestinya.

Beberapa kali Satelit Indonesia sudah menyinggung cara memperbaiki receiver parabola yang rusak akibat sw atau software atau firmware. Untuk kali ini Satelit Indonesia bahas cara memperbaiki receiver matrix burger extra hd dan disarankan hanya untuk opreker saja, walaupun bukan opreker bisa juga hanya kurang bermanfaat.

Model yang akan kita lakukan sebenarnya hampir sama dengan cara memperbaiki matrix sinema mati suri, atau yang kemarin sempat dibahas cara memperbaiki receiver matrix burger s2 dan seidentik hanya saja kini dibalik. Jadi chip epromnya yang dilepas.

Cara Memperbaiki Receiver Parabola Matrix Burger Extra HD

Bisa dibilang cara ini ekstrim dan disarankan untuk yang terbiasa, namun kalau anda mau mencoba silahkan. Hal hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan cara memperbaiki receiver matrix extra hd mati suri adalah sebagai berikut

  1. Kabel 8 jalur, usahakan yang lemas tapi kuat.
  2. solder, tenol dan pembersihnya.
  3. Peniti atau pinset atau apapun untuk membantu mengangkat IC eprom
  4. Pinboard dan USB programmer CH341A
  5. Shocet IC eprom 8 kaki sesuaikan dengan pinboard di USB programmer CH341A

Jika beberapa hal diatas sudah dipersiapkan tinggal langkah selanjutnya memperbaiki receiver parabola matrix extra hd yang penting. Disini memang butuh konsentrasi apalagi saat menyolder karena salah sedikit, jalur bisa lepas atau tenol berkumpul jadi satu dan terjadi konsleting.

  1. Panaskan solder, rekomendasi gunakan saja yang 40 watt,
  2. Angkat IC eprom dari board, proses solder ati ati, bisa tiap kaki diangkat pakai peniti atau jarum, dan harus extra hati hati, pengangkatan dipastikan jika tenol dalam keadaan mencair. Bisa juga langsung semua kaki terus IC eprom diangkat pakai pinset.
  3. Jika sudah terangkat bersihkan board nya, jangan sampai ada yang konslet.
  4. Kupas tiap jalur ujung kabel, dikit saja yang penting bisa lekat tenolnya.
  5. Dengan extra hati hati, hubungkan kabel dengan board sesuai tanda kaki, dengan warna terserah anda, yang penting tidak bikin bingung setelahnya.
  6. Jika dirasa sudah tersambung dan tidak ada yang konslet, kunci kabel bisa di selipkan atau kalau punya lem bisa di lem panas tembak.
  7. Ujung kabel sebelahnya, dihubungkan ke kaki shocket, Jangan sampai terbalik.
  8. Pasang IC eprom ke pinboard, dan lakukan flashing menggunakan USB programmer CH341A seperti biasanya.
  9. Jika sudah selesai tinggal coba dengan menancapkan pinboard ke shocket
  10. Jika Matrix burger Extra HD berjalan lancar berarti proses perbaikan sudah selesai.

Cara pemasangan tersebut sangat cocok buat opreker firmware, jika memang lewat USB to TTL atau RS232 tidak bisa atau hanya mempunyai USB programmer CH341A saja. Hal tersebut lebih direkomendasikan karena jika jika ada error dalam proses edit dan ingin flashing tinggal copot pinboardnya dari shocet, tidak perlu lagi copot IC eprom, dan lebih bisa diterapkan di banyak receiver dibanding model solder langsung ke IC eprom nya.

Cara Memperbaiki Receiver Parabola Matrix Burger Extra HD Komentar