Satelit Indonesia - Cara Memperbaiki Receiver Mati Suri Matrix Tanaka K0S

Cara Memperbaiki Receiver Mati Suri Matrix Tanaka K0S

Satelit Indonesia update cara mengatasi receiver yang mati suri yang di fokuskan pada kesalahan firmware bukan di hardwarenya. Beberapa waktu yang lalu juga Satelit Indonesia sudah memposting mengenai cara memperbaiki receiver matrix mati suri menggunakan USB to TTL

Memang benar untuk cara mengatasi receiver mati suri terutama karena kesalahan software bisa ditempuh berbagai cara. Solusi receiver mati suri tersebut disesuaikan dengan receiver, contohnya saja jika Matrix Burger S1 mini, untuk servis receiver mati suri bisa melalui RS232, dan Matrix Burger S2 mini bisa dari USB to TTL

Cara Memperbaiki Receiver Mati Suri Matrix Tanaka K0S

Penyebab receiver mati suri disaat sekarang makin bertambah apalagi seringnya ada upgrade sw membuat orang yang belum pengalaman penasaran dan mencoba akhirnya malah mati suri. Penyebab receiver mati suri dari sisi software bisa dari

  1. File firmware rusak
  2. Media penyimpan jelek
  3. File SW tidak tepat
  4. Listrik tidak stabil
  5. Database berbeda atau rusak.

Beberapa masalah penyebab receiver mati suri dari sisi firmware tersebut memang bukan hal baru namun terus berulang mungkin karena niat baca yang sangat kurang. Jika terlanjur mati suri maka akan menyesal, dan kadang anehnya menyalahkan firmwarenya dimana orang lain sukses dengan firmware tersebut. Untuk yang penasaran cara menghidupkan receiver mati suri terutama untuk receiver tipe K0S silahkan simak langkah langkah berikut.

  1. Pastikan dengan benar, bahwa kerusakan mati suri karena faktor software bukan hardware.
  2. Persiapkan segala sesuatunya, coba dahulu dengan cara mengatasi receiver matrix mati suri melalui USB to TTL
  3. Jika tidak berhasil misalnya dapat pesan Failed to erase or write flash! ! lakukan flash dengan USB Programmer CH341A
  4. Lakukan instalasi, untuk receiver K0S tidak perlu angkat chip IC bisa di jepit kalau memang punya jepitan atau dengan solder kakinya.
  5. Kita pilih saja dengan solder kaki eprom receiver K0S, disini ada 8 kaki kecil maka siapkan kabel kecil 8 jalur dan lemas namun tahan panas, contoh kabel dalam komputer dan usahakan beda beda warnanya.
  6. Kelupas sedikit 1 mm di tiap jalur kabel dan tempeli dengan tenol, jangan terlalu banyak dan usahakan serabut bersatu kalau memang pakai kabel serabut.
  7. Perhatikan eprom, cari tanda lekukan kecil yang menandakan kaki nomer 1 dan kaki lain berurutan.
  8. Pasang kabel ke kaki eprom dengan solder bersih tanpa di colok tenol lagi intinya sekedar nempel dan tentukan warna tiap kaki agar memudahkan pemasangan di USB Programmer CH341A
  9. Perhatikan pemasangan kabel, dan pastikan tidak ada yang konslet
  10. Pasang ujung kabel satunya ke USB Programmer CH341A , entah melalui pinboard atau solder langsung ke board USB Programmer CH341A nya. Perhatikan kabel jangan sampai terbalik.
  11. Pastikan dengan benar nomer kaki eprom terhubung dengan benar di nomer pin USB Programmer CH341A.
  12. Kalau sudah silahkan lakukan flash dari USB Programmer CH341A, kalau belum bisa caranya silahkan baca tulisan Satelit Indonesia tentang cara flash USB Programmer CH341A disini.

Itu tadi cara memperbaiki receiver yang mati suri entah merek matrix, lgsat, tanaka, philsat, gardiner dan lain lain. Jika memang masih mengalami kendala, silahkan diskusikan dikomentar, selamat mencoba semoga tidak jadi korban jalur pcb putus.

Cara Memperbaiki Receiver Mati Suri Matrix Tanaka K0S Komentar

Anonim

Anonim

Terlalu banyak bercerita gan. Alangkah lebih baiknya bisa disertai dengan gambar.

14/07/17 09.59
Bowo Ekowidodo Sragen

Namanya ngeblog ya emang harus banyak cerita :D .. gambar sudah ada di file pdf, makanya ikuti link linknya, kalu disini upload gambar bisa penuh.

14/07/17 18.28
St@r Computer Entertainment. Inc
23/07/17 03.22
Kirana Wani

SUKSES 1000%
TERIMA KASIH GAN

21/08/17 03.26