Satelit Indonesia - Cara Memasang Kabel Aktuator Penggerak Parabola

Cara Memasang Kabel Aktuator Penggerak Parabola

Satelit Indonesia update cara pasang kabel actuator parabola sendiri yang benar. Sebelumnya kita bahas cara memasang penggerak parabola dengan setting actuator timur sampai barat yaitu tracking satelit yang berjauhan. Kini saatnya kita memasang kabel penggerak parabolanya.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk pasang kabel penggerak parabola namun karena banyak jalur atau paling tidak ada 4 jalur maka kadang orang bingung dan takut kalau salah pasang. Kalau diperhatikan sebenarnya sudah ada manual book cara pasang kabel actuator parabola tapi karena mungkin malas baca akhirnya susah sendiri.

Cara Memasang Kabel Aktuator Penggerak Parabola

Dalam cara memasang kabel penggerak parabola sebenarnya hanya dibedakan 2 jalur, yaitu untuk motor dan sensor. Kedua jalur yaitu motor dan sensor jangan sampai terbalik karena fungsinya berbeda, berbeda jika sama jalurnya, kita bisa membalik misalnya untuk jalur motor kita bisa membalik kabelnya sehingga putaran motor bisa terbalik. Untuk yang masih bingung cara pasang kabel penggerak parabola silahkan ikuti langkah berikut

  1. Buka penutup actuator bagian bawah dekat motor
  2. Akan tampil daleman komponen pengatur motor, perhatikan tulisan jika ada yaitu motor dan sensor.
  3. Jika tidak ada tulisan telusuri, kabel yang terpasang jika ada kotak kecil didekat magnet berarti itu sensor untuk kabel motor biasanya salah satu ke saklar dan satunya masuk ke dalam untuk disambungkan ke motor.
  4. Selanjutnya jalau sudah menentukan mana motor mana sensor, kelupas kabel yang memiliki minimal 4 jalur dan usahakan warnanya beda agar mudah dalam pemasangan atau paling tidak terbagi jadi 2 warna.
  5. Pasang ke bagian masing masing sesuai warna dan catat biar tidak lupa.
  6. Tutup kembali penutup actuatornya dan saatnya memasang kabel di positioner.
  7. Kelupas kabel dan ingat kembali warna yang terpasang untuk sensor dan motor.
  8. Pasang ke masing masing port sesuai motor dan sensor, perhatikan jangan sampai kebalik.
  9. Jika dirasa sudah benar, tinggal di coba, jika bisa bergerak actuatornya tidak ada ER di positioner berarti sudah benar

Sampai disini cara memasang kabel penggerak parabola sudah sukses. Untuk yang masih bingung cara pasang kabel actuator parabola tersebut silahkan ditanyakan saja dan jika ada tambahan atau pembenaran silahkan diskusikan di komentar.

Cara Memasang Kabel Aktuator Penggerak Parabola Komentar