Satelit Indonesia - Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini

Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini

Satelit Indonesia update tutorial cara merubah boot logo matrix burger s1 mini, Matrix Sinema, LGsat Bigbang, MMP Lombok, Geosat Jasper dan masih banyak yang lain. Untuk cara mengubah boot logo receiver parabola kali ini bisa dilakukan di firmware daftar receiver yang seidentik Matrix burger S1 mini dan masih banyak yang lain yang biasanya berekstensi abs.

Sebenarnya cara mengganti boot logo receiver parabola itu mudah asal menemukan aplikasi yang sesuai. Sayangnya tidak semua ada aplikasi untuk merubah boot logo receiver masing masing, jadi sebagian ada yang mengakali dengan proses hex editor yang marak belakangan. Namun kalau cara merubah boot logo tanpa pc ini akan sangat sulit dilakukan apalagi kalau proses hex editor walaupun tetap bisa.

Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini

Namun untuk kali ini kita tidak memakai hex editor untuk mengganti boot logo karena ada CRC sebagai konfirmasinya. Jadi kalau manual cari kode CRC akan sangat kesulitan, dan kalau tanpa edit CRC maka firmware pasti tidak valid dan tidak bisa di gunakan untuk upgrade.

Tutorial kali ini tidak bisa dilakukan mengganti boot logo tanpa pc karena aplikasi yang dipakai memang untuk komputer. Namun tidak tahu kedepannya, siapa tahu ada yang mengembangkan menjadi aplikasi android atau yang lain. Asik juga kalau bisa merubah boot logo receiver parabola di android tanpa pc. Tapi mungkin itu hanya angan angan saja, namun kita langsung saja ke cara merubah boot logo receiver parabola sendiri dengan mudah sebagai berikut.

  1. Download LogoTool disini, jika sudah extract.
  2. Copy dan pastekan firmware yang akan diubah. Ganti nama dengan Software.abs
  3. Buat video m2v usahakan resolusi maksimal HD jangan full HD karena ukuran terbatas, tapi kalau mau coba silahkan saja.
  4. Cara buat video m2v sudah pernah Satelit Indonesia posting, kalau nantinya harus m1v ubah saja nama menjadi m2v. Jika sudah jadi, simpan satu folder dengan extract logotol
  5. Untuk tag posisi video yang disupport LogoTool lihat data berikut
    1. boot : 0x02fd0100
    2. radio : 0x02fd0300
    3. menu : 0x02fd0200
    4. user : 0x02fd0400
    Setelah di analisa firmware Matrix Burger S1 mini dari NCRC nya didapatkan data
    1. Radioback : 02 FD 01 00
    2. MenuBackground : 02 FD 03 00

    Kita lihat file PatchLogo.bat di baris

    1. if NOT EXIST Software.abs goto no_sw
    2. if EXIST BootLogo.m2v set BOOT_PARAM="--boot_logo=BootLogo.m2v"
    3. if EXIST RadioLogo.m2v set RADIO_PARAM="--radio_logo=RadioLogo.m2v"
    4. if EXIST MenuLogo.m2v set MENU_PARAM="--menu_logo=MenuLogo.m2v"
    5. if EXIST UserLogo.m2v set USER_PARAM="--user_logo=UserLogo.m2v"

    Jadi dari data diatas, tanpa merubah data file bat nya. Nama untuk boot logo sekaligus radio adalah BootLogo. m2v dan untuk background menu RadioLogo. m2v. Kalau tidak mau bingung bisa merubah kode file batnya tersebut. Namun untuk Satelit Indonesia sengaja tidak rubah apapun biar coding sendiri saja, wong cuman ngubah teks dikit.

  6. Jika BootLogo. m2v atau RadioLogo. m2v sudah dibuat tinggal eksekusi file PatchLogo. bat. Kalau hanya ingin merubah salah satu tinggal masukkan 1 file saja namun untuk boot logo dan radio akan sama karena didalam firmware hanya di berikan pembacaan 1 tempat.
  7. Klik kanan di file PatchLogo.bat bisa open atau run administrator untuk win 7 keatas.
  8. Perhatikan proses inject nya, jika ada pesan kalau video terlalu besar konvert lagi, hingga menemukan ukuran yang pas dan sukses di iject. Biasanya video kisaran 50KB, kalau firmware belum di resize.
  9. Jika sukses maka akan terbentuk file SoftwarePatched.abs dimana boot logo, background menu ataupun radio terganti sesuai keinginan kita.
  10. Silahkan di coba upgradekan ke receiver, jika sudah ganti maka kita anggap cara mengganti boot logo receiver parabola ini sudah sukses.

Sampai disini kita sudah belajar bagaimana cara merubah boot logo receiver parabola file abs. Jika ada kekurangan, kesalahan ataupun pertanyaan silahkan diskusikan di komentar. Kalau ada kesalahan firmware yang berakibat fatal seperti mode on atau mati suri, itu tanggung jawab sendiri, jadi disarankan untuk yang melakukan cara mengganti boot logo sudah bisa flashing dari TS232 ataupun eprom langsung.

Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini Komentar

Dwi Wiyanto

Mantap min.. Tinggal nunggu beli receivernya dulu :D

02/10/17 10.33
Maytri Gaskins

gimana cara ganti font min, minta link tutorialnya donk

22/10/17 23.13
Bowo Ekowidodo Sragen

Untuk receiver apaan font nya? kalau chipset mobtage sudah pernbah di bahas di post lain.

23/10/17 04.49
ianwongopoonone

ianwongopoonone

Min... LogoTool nya gak bs di download lagi??... minta link nya

31/10/17 17.58
ian2le ◀ ωoηg oρo oηoηє

download LogoToolnya gimana og linknya sudah gak bisa dibuka???

01/11/17 13.01
Bowo Ekowidodo Sragen

Gabung dulu ke group Satelit Indonesia di facebook

02/11/17 05.13
ian2le ◀ ωoηg oρo oηoηє

aq gak pnya facebook min... maklum org plosok desa hudup di lingkungan santren mskipun bkan santri gak ada facebookan min... harap dimaklumi... bagi link download logotool nya di sini aja min... makasih

02/11/17 13.03
Bowo Ekowidodo Sragen

Mungkin bisa cari di sumber lain.

04/11/17 06.09
royco

royco

min radio logo itu untuk apa sedangkqn boot logo jelas untuk tampilan boot. apakah bisa inject menu modern ke last firmware yg masih classic

04/12/17 13.45
Bowo Ekowidodo Sragen

Untuk matrix burger s1 mini, radio itu digunakan untuk background menu sesuai data diatas. Untuk inject bisa saja kalau ngerti pack n repack DZLZMA dan bisa opreknya.

05/12/17 08.44