Satelit Indonesia - Cara Cek Firmware Receiver Parabola di Komputer Android

Cara Cek Firmware Receiver Parabola di Komputer Android

Satelit Indonesia update bagaimana cara cek firmware di android untuk memeriksa SW receiver parabola sebelum di gunakan untuk upgrade. Kita tahu kebutuhan untuk upgrade software receiver sangatlah dibutuhkan terutama untuk kita yang mengejar channel tertentu yang selalu update algoritma seperti Sport 24.

Tiap receiver berlomba untuk mengeluarkan firmware agar bisa support dengan algoritma acakan channel tersebut, sehingga bisa dibuka walaupun kita sebenarnya tidak memiliki hak untuk menontonnya. Sebut saja jenis acakan PowerVu ataupun tandberg yang sudah sangat sulit di taklukkan karena adanya AES Keys.

Beberapa kali mungkin yang mengikuti postingan firmware receiver parabola di web Satelit Indonesia ini memperhatikan kok memakai MD5. Beberapa orang malah bertanya untuk apa kode MD5 tersebut dan bagaimana menggunakannya apa harus di masukkan ke receiver beserta firmwarenya.

Cara Cek Firmware Receiver Parabola di Komputer Android

Secara umum MD5 adalah rangkaian algoritma untuk memeriksa suatu file sehingga menghasilkan kode tertentu. Jadi kalau file diedit maka kode MD5nya akan berbeda. Maka dari itu Satelit Indonesia memanfaatkan kode tersebut untuk mengecek keakuratan file. Dengan kode MD5 yang sama dengan file di disk Satelit Indonesia berarti file yang di download tidak berubah, berarti kemungkinan aman sangat besar untuk filenya.

Jadi dengan adanya kode MD5 ini diharapkan bisa meminimalisir kesalahan file seperti corupt saat download, entah karena koneksi yang sering diskonek, lambat atau disk yang jelek. Kalau kode MD5 sama berarti file yang di download benar. Untuk itu cara ceknya seperti ini.

Cara Cek Firmware di Komputer

  • Download MD5 checker, contoh saja WinMD5Free, kalau belum punya silahkan download disini.
  • Extraxt hasil download akan menemukan WinMD5. exe, buka aplikasi tersebut.
  • Klik button browse dan cari file firmware hasil download, atau bisa juga di drag n drop. Maka akan muncul kode MD5 nya.
  • Copy kode MD5 dari group dimana kita download misal group Satelit Indonesia di facebook
  • Paste kan dibagian text input Original file MD5 checksum value
  • Kalau sudah tekan button Verify.
  • Jika ada pesan Matched! berarti firmware sama, namun kalau NOT Matched! berarti tidak sama.
  • Jangan sekali kali mencoba kalau pesannya NOT Matched, kalau Matched silahkan lanjutkan untuk upgrade atau apapun terserah.

Cara Cek Firmware di Android

Sebenarnya caranya sama saja dengan cara mengecek firmwera di komputer, namun kalau di android aplikasinya berbeda. Untuk mengecek fiemware receiver di android silahkan download MD5 checker di play store. Contoh saja Satelit Indonesia menggunakan Checksum MD5 & SHA1 dari O3 Technologies, LLC

  • Download MD5 Checker dari Play Store
  • Kalau sudah biarkan install, dan jangan lupa taruh firmware receiver yang akan di cek di ponsel android tersebut
  • Buka aplikasi Checksum MD5 & SHA1 , dan cari file firmware yang akan di cek
  • Jika sudah ketemu buka dan sedikit loading untuk mendapatkan kode MD5.
  • Copy kode MD5 yang ada di group saat download
  • Tekan menu, maka akan muncul button Verify against cliboard. Ini akan mengecek kode MD5 yang di clipboard atau baca hasil copy kode dari group
  • Tekan button tersebut. Jika muncul pesan MD5 verified successfully berarti sudah benar. Dan file bisa digunakan.

Itu tadi cara cek file firmweare receiver hasil download menggunakan MD5 checker. Cara ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui file hasil download itu corupt atau tidak, sepertinya memang sepele namun keuntungannya lumayan besar terutama yang sering upgrade receiver parabola.

Cara Cek Firmware Receiver Parabola di Komputer Android Komentar

zaky zima

Joss gandos min

27/12/17 10.22
Nur Said

Ijin membaca om min :)

27/12/17 11.00