Satelit Indonesia - Cara Sinkronisasi Audio Video Channel di Ninmedia

Cara Sinkronisasi Audio Video Channel di Ninmedia

Satelit Indonesia update cara memperbaiki delay audio video channel di Ninmedia chinasat 11 ku band dengan mudah. Belakangan dibeberapa group dan juga web Satelit Indonesia ini pada bertanya dan membahas beberapa channel di Ninmedia kalau audio dan video tidak sama.

Lebih ramai lagi masalah ini muncul ketika MNC Group hadir kembali di Ninmedia, sehingga banyak yang mengira channel MNC Group seperti Global TV, RCTI, MNC TV lah penyebabnya. Nambah lagi muncul receiver oracle dari beberapa merek seperti Gardiner Oracle, Optus Oracle, LGSat Oracle. Beberapa receiver tersebut yang di isukan bakal untuk membuka Diamond World, Sky LBS.

Cara Sinkronisasi Audio Video Channel di Ninmedia

Dari daftar channel di ninmedia ternyata ada beberapa yang tidak sinkron audio videonya. Daftar channel ninmedia yang tidak sinkron itu malah yang sering di tonton, maka tidak dipungkiri kalau timbul kegaduhan. Beberapa orang menyarankan perbaikan pun belum sukses, malah ada isu kalau receiver yang di sebut diatas normal.

Di beberapa group juga ada tips edit PCR PID tiap channel yang tidak sinkron audio videonya. Memang PCRID adalah data pid yang diperlukan untuk memperbaiki audio video yang tidak sinkron. Sayangnya untuk receiver sekarang itu rata rata sudah auto update mengambil PCR ID dari servicenya. Jadi walau diubah PCRID nya tidak akan pengaruh karena auto update sesuai stream. Itupun PCRID belum tentu sama tiap channel.

Untuk itu sambil menunggu perbaikan delay audio video channel di Ninmedia, kita akan bermain main dengan sinkronisasi di VLC Media Player. Untuk source video ke VLC Media Player bisa dari webserver, video capture seperti dari Easy Cap.

  • Nyalakan source video dan pasang seperti biasa untuk easycap ataupun web server Skybox A1 Plus atau yang lain
  • Buka VLC Media Player dan setting seperti biasa
  • Jika sudah tampil video dan terdengar audio tidak sinkron, pilih menu Peralatan
  • Klik menu Sinkronisasi Trek
  • Pilih menu tab Sinkronisasi, perhatikan Audio/Video
  • Masukkan Sinkronisasi trek audio untuk melambatkan bisa menambahkan tanda min, misalnya lambat 3 detik, masukkan -3, 000. Sambil memasukkan sambil perhatikan audio dan videonya sudah sinkron apa belum, kalau sudah tinggal tekan button Tutup
  • Tinggal nonton saja.

Sampai disini kita sudah bisa memperbaiki delay audio video channel ninmedia. Cara sinkronisasi audio video di VLC Media Player ini juga bisa diterapkan dichannel manapun. Sekarang tinggal kita mengembangkan. Untuk yang tidak punya komputer, ataupun device lain yang support bisa memakai atau membuat audio delay. Untuk yang tahu elektronika terutama yang berhubungan dengan audio Satelit Indonesia kira tidak akan bermasalah.

Cara Sinkronisasi Audio Video Channel di Ninmedia Komentar

Eko Dayu

Min. Info untuk matrix big burger donk

04/12/17 20.38
Bowo Ekowidodo Sragen

Sama saja dengan diatas tapi pakai easycap, kalau langsung ke receivernya saya belum punya, dan kayaknya tidak bisa.

05/12/17 08.38
T Channel

hanya bisa sinkron di android, tp di layar tv tetap aja g sinkron

07/12/17 15.15
Bowo Ekowidodo Sragen

Prosesnya ya dari receiver masuk ke android, dari android baru ke TV. Androidnya buat delay.

09/12/17 10.34