Satelit Indonesia - Cara Mengatasi Kesalahan Upgrade Tanaka Komodo Merpati

Cara Mengatasi Kesalahan Upgrade Tanaka Komodo Merpati

Satelit Indonesia update bagaimana cara mengatasi kesalahan saat upgrade Tanaka T21 Komodo maupun Tanaka T21 Merpati. Kita tahu kedua receiver parabola tersebut merupakan generasi yang sama hanya beda di nama saja.

Receiver Tanaka T21 Komodo dan Tanaka T21 Merpati sama sama memakai chipset Guoxin GX6605S dimana keduanya juga bisa saling tukar firmware dengan mudah. Jadi kita yang punya receiver Tanaka T21 Komodo bisa juga memakai firmware Tanaka T21 Merpati, dan cara upgradenya juga mudah melalui port USB.

Cara Mengatasi Kesalahan Upgrade Tanaka Komodo Merpati

Sayangnya kadang keduanya mengalami hal aneh yaitu saat mau upgrade ada pesan Terjadi Kesalahan. Mungkin kita akan dibuat kesal apalagi yang diupgradekan adalah firmware resmi dari Tanaka. Untuk itulah ada beberapa tips dari Satelit Indonesia agar berhasil dalam proses upgrade.

Untuk yang mempunyai receiver parabola Tanaka T21 Komodo maupun Tanaka T21 Merpati dan mengalami kendala Terjadi Kesalahan ada beberapa hal yang mungkin bisa membatu melancarkan. Jadi silahkan kalau berani di coba saja.

  • Download firmware Tanaka T21 Komodo atau software Tanaka T21 Merpati yang ingin diupgradekan.
  • Perhatikan kode MD5, lakukan proses proses pengecekan MD5 checker, kalau sudah benar silahkan lakukan upgrade. Ini penting untuk memastikan firmware yang di download tidak corupt.
  • Jika proses upgrade ada pesan Terjadi Kesalahan, coba kembali ke channel dan ganti channel. Lakukan proses upgrade lagi.
  • Jika masih gagal upgrade, lakukan ganti nama firmware ke yang lebih pendek. Lakukan proses uprade lagi.
  • Apabila masih gagal, beri nama firmware dengan auto_burn.fac. Disini flashdisk harus berkualitas bagus dan usahakan yang ukuran kecil untuk mempercepat pembacaan. Tidak disarankan paka card reader.
  • Jika flashdisk yang berisi file auto_burn.fac sudah siap colokkan ke receiver. Tunggu ada reaksi.
  • Jika tidak ada reaksi apapun saat notifikasi USB kedeteksi berarti flashdisk tidak cocok namun jika langsung proses upgrade maka tinggal tunggu proses sampai selesai.
  • Apabila dengan auto_burn.fac pun masih gagal maka cara yang lebih mudah adalah dengan hard flash melalui RS232. Untuk tutorial flashing lewat RS232 sudah pernah Satelit Indonesia bahas.
  • Apabila masih gagal, silahkan beli receiver baru saja biar tidak pusing gara gara pesan Terjadi Kesalahan upgrade.

Sampai disini Satelit Indonesia mengharapkan bagaimana cara mengatasi kesalahan saat upgrade pada Tanaka T21 Komodo atau T21 Merpati ini bisa membantu dan semua bisa sukses upgrade. Namun kalau masih mengalami kendala, silahkan diskusikan di komentar.

Cara Mengatasi Kesalahan Upgrade Tanaka Komodo Merpati Komentar