Satelit Indonesia - Cara Upgrade Receiver MMP New Lombok HD SW Satcom Terbaru

Cara Upgrade Receiver MMP New Lombok HD SW Satcom Terbaru

Satelit Indonesia update bagaimana cara upgrade receiver mmp new lombok memakai firmware satcom terbaru. Sudah lama kita tidak membahas mmp new lombok hd, kali ini kita khususkan bagaimana menggunakan firmware lain yang seidentik.

Sebelumnya Satelit Indonesia sudah memposting firmware Satcom SC-1070 1080 Super terbaru. Receiver dari Starcom ini memang seidentik dengan MMP New Lombok yang bisa dibilang masih update softwarenya dibanding mmp new lombok hd sendiri. Makanya sempat lama Satelit Indonesia tidak membahas receiver dari MMP Perkasa ini karena memang belum ada update lagi dan kayaknya sudah lepas tangan.

Cara Upgrade Receiver MMP New Lombok HD SW Satcom Terbaru

Sayangnya software Satcom SC-1070 1080 Super ini berbeda boot loader dengan firmware MMP New Lombok. Akibatnya kita tidak bisa upgrade melalui port USB secara langsung, sayangnya juga, Satelit Indonesia belum punya informasi dimana letak pin out buat flashingnya yaitu Ground, TX, RX. Kalau sudah bisa ketemu kemungkinan besar bisa pakai loader TCom melalui USB to TTL atau RS232.

Karena tiada informasi flashing melalui USB to TTL atau RS232, karena dicari tidak ketemu dan Satelit Indonesia buta tentang hardware, maka cara yang kita gunakan adalah dengan hard flashing USB Programmer. Faktor lain sudah di coba pakai cara auto upgrade melalui USB pun ternyata masih memeriksa boot loadernya. Jadi tips kali ini memang bukan untuk yang awam, tapi yang sudah pengalaman flashing.

Satelit Indonesia katakan bukan untuk awam karena, di coba dengan jumperpun eprom tidak terdeteksi baru kalau eprom diangkat terdeteksi. Mungkin ada kaki yang harus di lepas jumpernya, tapi kalau melihat jenis eprom AON maka mending copot eprom dari board dan ganti dengan eprom pasaran. Ini untuk mempermudah ketika mau sering sering flash.

Untuk yang mau mencoba bagaimana cara upgrade receiver mmp new lombok menggunakan firmware Satcom SC-1070 1080 Super terbaru melalui USB programmer hati hati saja. Kalau memang sudah kuat tekatnya ikuti langkah langkah berikut

  • Download firmware Satcom SC-1070 1080 Super
  • Bongkar receiver MMP New Lombok HD
  • Cari Eprom letaknya ada di tengah dengan kaki 8.
  • Angkat Eprom, terserah bagaimana metodenya. Mau dikasih banyak tenol terus angkat pakai pinset, ungkit tiap kaki pakai jarum atau kawat email, atau pakai solder blower. Kalau tidak bisa bawa ke tukang service terdekat, minimal service hp.
  • Disarankan pakai eprom lain yang pasaran misal winbond, flash memakai USB Programmer dengan software Satcom SC-1070 1080 Super tadi.
  • Pasang IC eprom yang sudah di flash dengan dengan Satcom SC-1070 1080 Super. Kalau menggunakan jasa service bisa di flash dari rumah sendiri atau bawa firmwarenya ke tukang service. Namun kalau rencana bakal buat oprekan saran saja gunakan socket.
  • Periksa pemasangannya dan pastikan sudah benar, kemudian di coba.
  • Jika berjalan dengan lancar maka receiver MMP New Lombok sudah ganti menjadi Satcom SC-1070 Super

Sampai disini, Satelit Indonesia harapkan tidak ada masalah lagi mengenai bagaimana cara upgrade mmp new lombok dengan firmware satcom. Namun kalau memang ada yang mengalami kendala, silahkan diskusikan di komentar.

Cara Upgrade Receiver MMP New Lombok HD SW Satcom Terbaru Komentar

Anonim

Anonim

pakai eprom winbond 25Q32 atau 25Q64 min.

17/05/18 00.08
Bowo Ekowidodo Sragen

Terserah, namun lebih baik yang gede sekalian siapa tahu ada firmwarew 8MB yang cocok

17/05/18 14.20