Satelit Indonesia - Bagus Mana Parabola Jaring Atau Solid

Bagus Mana Parabola Jaring Atau Solid

Satelit Indonesia kali ini sedikit membahas mengenai masalah dish jaring dan solid. Setiap kali terutama newbie dalam dunia per satelitan sering menanyakan pilih parabola jaring atau solid. Saya sih maklum saja karena awalnya dulu saya juga memiliki pertanyaan tersebut dan sempat bingung juga sebenarnya bagus mana parabola jaring atau solid?

Bagus tidaknya dish jaring atau solid itu relatif. Ada yang bisa dijadikan parameter untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid. Semua dikembalikan kepada kebutuhan anda sendiri terhadap dish tersebut. Baru bisa kita ketahui pilih parabola jaring atau solid agar lebih maksimal.

Untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid bagi anda silahkan simak beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatikan sehingga anda mengerti kebutuhan sendiri. Untuk parabola jaring atau solid sebenarnya sama namun ada kalanya bisa berbeda.

parabola jaring atau solid

Sinyal Band Parabola

Parabola jaring atau solid sebenarnya bisa menangkap frekuensi C Band maupun Ku Band. Namun menurut pengalaman untuk parabola jaring lebih unggul untuk C Band dan untuk solid lebih unggul di Ku band. Untuk parabola solid lebih di khususkan untuk frekuensi yang sensitif, jadi memang memerlukan perlakuan yang khusus biar maximal, dan kalau sama sama maximal kemungkinan hasil yang solid lebih bagus.

Parabola vs Hujan

Parabola jaring atau solid untuk kasus ini sangat berbeda. Parabola jaring pasti lebih bagus dalam penangkapan sinyal, dan parabola solid akan sangat kesulitan menangkap sinyal apalagi saat hujan. Hal ini karena parabola solid menampung air sehingga menganggau proses refleksi sinyal dari satelit ke LNB, dan bisa berakibat lost sinyal. Biasanya para pemilih dish solid mengakali dengan memberi lubang pada dishnya untuk pembuangan air, diharapkan dish cepat kering dan tidak menganggu sinyal parabola lagi.

Parabola vs Angin Besar

Salah satu faktor untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid bagi anda adalah angin. Parabola solid jelas akan memberikan beban yang sangat bertambah ke tiang di banding parabola jaring. Angin yang di terima parabola untuk dish solid akan di balikkan berbeda dengan parabola jaring yang melewatkan lobangnya. Dengan besarnya kekuatan angin, kemungkinan besar parabola solid akan lebih cepat rusak karena beban sangat besar. Kalau pemasangan tiang parabola tidak kuat bisa bisa dish solid di bawa kabur angin wkwkkwk.

Parabola Karatan

Soal karatan mana yang lebih cepat, parabola jaring atau solid? melihat keterangan mengenai parabola vs hujan maka kemungkinan besar parabola solid akan lebih cepat karatan. Dari beberapa pengalaman parabola jaring akan lebih tahan dan sinyalnya lebih baik.

Harga Parabola

Kalao soal harga parabola jaring dan solid itu sangat berbeda. Harga parabola solid pasti lebih tinggi di banding harga parabola jaring. Hal ini juga terlihat dari berat dan juga bahan yang dipakai. Makin berat biaya distribusi makin tingggi dan bahan yang digunakanpun makin banyak. Maka tidak salah kalau parabola solid lebih tinggi harganya.

Beam Satelit

Ini dia yang sangat membedakan antara parabola solid dan jaring. Sudah disinggung di atas untuk parabola solid lebih sensitif terhadap sinyal. Nah untuk parabola solid sangat bagus untuk menjangkau out beam di banding jaring, dan bisa dikatakan parabola jaring tidak mungkin menjangkau out beam.

Kebutuhan Channel Satelit

Keinginan menonton channel satelit akan sangat menentukan bagus mana parabola jaring atau solid. Contoh saja, anda hanya butuh channel di satelit Palapa D dan Telkom maka akan lebih baik jika anda memilih parabola jaring, Berbeda sekali jika anda di Jawa Tengah, ingin menonton channel di satelit Optus, Thaicom 5/6 pol V, lebih baik dan bisa dikatakan harus memakai parabola solid. Apalagi jika channel tersebut di jalur Ku Band.

Jadi inti dari tulisan saya ini adalah, untuk menentukan bagus mana parabola jaring atau solid itu sesuaikan dengan kebutuhan kita. Tidak selamanya barang yang bagus untuk orang lain bagus juga untuk kita, kita kudu mengerti kebutuhan sendiri lebih dulu. Untuk yang sudah berpengalaman silahkan bagi bagi ilmunya agar teman teman kita terutama yang baru di dunia satelit bisa mengerti kebutuhannya dan yang jelas menghindarkan mereka dari keborosan dengan berkomentar mengenai pengalaman anda semua mengenai dish jaring dan solid

Bagus Mana Parabola Jaring Atau Solid Komentar

Unknown

Oke bossss tutornya......
nambah tahu aja bossss......
Thx...

21/05/15 18.03
Unknown

klo lock asiasat 5 mending pilih jaring atau solid min.

11/10/15 02.26
Bowo Ekowidodo

Kalau ukuran sama mending yang solid tapi klo sesuai dana pilih mesh yang gede :D

untuk C band emang tidak begitu pengaruh mesh atau solid :D

11/10/15 07.17
Unknown

Wah sangat bermanfaat min, makasih banyak ya.

11/03/16 13.32
Unknown

makasih admin atas info nya...

25/05/16 15.39
Unknown

nuwun, aku barusan pasang yg jaring dgn pertimbangan mleot kena angin besar...
selama ini pakai parabola yg solid, tp harus bayar 104rb/bulan.. padahal belum tentu ditonton tiap jam berturut turut(kayak nggak ada kerjaan aja, digombali siaran TV) dulunya langganan TOP TV, tp sdh 5 bulan ini ganti TopasTV yg free 2thn, sesudahnya antena dan reiciver jadi milik kita..

18/07/16 17.23
Bowo Ekowidodo

Sigid Santoso, sebenarnya itu juga tergantung kualitas dishnya, namun memang beban dish solid terhadap angin lebih besar di banding jaring, tapi kalau hanya untuk topas tv , jaring biasa 7ft sudah cukup :D

19/07/16 05.25
akbar1459

Bos sebetulnya kalo parabola itu harus ada kartu chanel/bayar bulanan ga buat satelit nya?

13/08/16 20.42
Bowo Ekowidodo

Tergantung pilih yang mana, mau berlangganan atau gratisan. Kalau berlangganan ya bayar klo gratis ya tinggal nonton berbagai channel tapi ndak bisa nonton channel berbayar

14/08/16 09.24
denis-iswan

Gan.. Berdasar pengalaman di lapangan kekuatan signal parabola solid / jaring dg ukuran yg sama itu lebih kuat mana ??

14/08/16 22.13
Bowo Ekowidodo

Bagusan solid, harga juga bagusan solid, untuk solid > 6ft harga 10x dish jaring

16/08/16 15.10
Unknown

Boss mau tanya. Apakah LNB C Band bisa dipasang di dish solit jenis offset(dish indovision)????. Sya coba merakit sendiri dgn rumusan sinkronisasi antara dish dgn LNB sudah pas, akan tetapi masih blom dpat signyal mskipun posisi sudah tepat.

16/12/16 12.28
Bowo Ekowidodo

harus pakai canonical ring, kalau ndak pakai ndak akan dapat titik fokusnya / kedalaman LNB nya.

16/12/16 14.34
Unknown

Boss kalo misalnya parabola kn intensitas dm kualitas bagus..tiba2 hilang sendiri intensitas sm kualitas jdi kecil knp ya ..itu baut sudah kencang semua.knp ya tolong info.y???

08/06/17 09.20
Bowo Ekowidodo

ya banyak sebab.. bisa dari listrik, kualitas kabel, cuaca dll

08/06/17 11.26
Nur kholis

Sangat membantu terima kasih, saya newbie di dunia satelit khususnya parabola tv.

09/08/17 13.21
hardi

merk parabola jaring yang bagus apa ya gan ?

11/10/17 08.41
Unknown

Bos, saya awam dengan yang namanya parabola. Ditmpt saya antena biasa nggk nangkap sinyal jernih. Saya pngn beralih ke para bola, karena biaya minim kita ingin merakit sendri. Apa yang harus sy beli, tolong infonya? Call 081235665406 itu wa saya

04/11/17 06.09
Anonim

Anonim

Gan.. kalo saya sudah ada parabola jaring.. ingin bisa nonton siaran berbayar.. bisa ga ya??

16/11/17 16.24
Bowo Ekowidodo

Bisa saja.

17/11/17 05.44
Susu Cemerlang

Gan, saya mau pasang parabola gerak, mohon saran, kira2 pilihannya solid dish atau mesh dish?

21/11/17 10.14
Bowo Ekowidodo

Tergantung target satelit apa yang mau di lock, juga dananya ada berapa.

21/11/17 14.14
gemal

Gan klu kena angin sinyal suka hilang2 klu makai dish solid kenapa y?

26/11/17 22.14
Bowo Ekowidodo

Karena dishnya gerak, coba perbaiki kagi tiang, mounting, dan dish parabolanya, agar tidak bergerak jika kena angin.

27/11/17 06.03
Unknown

gan saya mw tanyak saya mw mw masnag parabola gerak solid 6feet kira2 buat lock satelit lebih banyak bisa area malang jatim

10/01/18 17.17
Bowo Ekowidodo

Harusnya sih bisa,

10/01/18 18.58
Unknown

Om kalo pake c band di dish solid 6ft kira2 daya tangkapnya berapa kali lebih bagus/lebih peka dari dish jaring. Sy buat pertimbangan mw bli dish

09/02/18 20.01
Bowo Ekowidodo

Tidak bisa di bandingkan begitu. Harusnya target kalau ku band jelas menang solid. Soal kali peka sih ndak ada patokan. Wong sama sama solid atau jaring saja bisa beda hasil.

13/02/18 11.34
Anonim

Anonim

Gan mo nanya nih,kalau dish viva+70 cm nin media bisa ga di ganti lnb jadi c band?kira2 bisa nangkap sinyal c band ga?

09/03/18 19.24
Bowo Ekowidodo

Dish segitu mending untuk ku band saja daripada sakit hati ke C Band.

12/03/18 05.58
Maddi putra

Sy penggemar setia artikel satelit indonesia, karna sy pemula,,
Sy kesulitan lock satelit asiasat5, dan intelsat19, menggunkan dish solid 6feet,,
Bukan tidak dpat,haya sedikit canel yg bisa dilock, parabola dan kdalaman Lnb sy sdh otak atik, kira2 kendalanya dimana ya gan? Apa dish solid 6feet emang susah dapat siaran feed diasiasat 5..

03/04/18 22.26
Bowo Ekowidodo

Untuk c band memang dish sebesar itu kurang gede, kalau mau maksimal usahakan diatas 9ft.

04/04/18 09.18
Teddy Pangkey

Saya baru baca2 ttg parabola ditokopedia. Bagaimana soalnya saya Tertarik Pengen beli ini tapi mahal ongkir ke Sulawesi Utara.
Parabola Orange ku band
Liga-Liga Terbaik MANCA NEGARA dengan Orange TV

Parabola diameter 1 meter (ex transvision)

Free TV Lokal walau tidak langganan :
TOP HITS, DANGDUT CHANNEL, SCTV,TRANSTV, TRANS 7, INDOSIAR, METRO TV, TVONE, ANTV, TVRI, KOMPASTV, NET.
Kelebihan Orange TV :
- Sistem jual putus atau hak milik
- Meski tidak berlangganan akan tetap memperoleh channel gratis
- Sistem berlanghganan menggunakan sistemprabayar atau membeli voucherdapat diperoleh di Alfamart, Indomart dll
parabola Ku band yang menghadap Satelit Palapa Ku.
Kelengkapan :
- receiver orange tv
- Remote
- adaptor
- kabel rca/av
-baterai
- buku petunjuk
- Dish Parabola 60cm
- LNB Ku Band
- Kabel 20m
- kaki-kaki penyangga

21/04/18 20.13
Bowo Ekowidodo

Pertama pahami dulu kebutuhan anda, apa channel yang dibutuhkan. Untuk orange TV ini adalah TV berlangganan. Kalau emang tertarik hubungi saja teknisi atau toko parabola terdekat. Kalau mau beli online receivernya saja atau tanpa dish parabola biar murah. Nanti dish parabolanya beli di toko terdekat.

23/04/18 08.37
Unknown

gan bagusan matrix alloy solid 185cm atau venus 7210 black?

26/04/18 19.47
Bowo Ekowidodo

Tergantung channel yang akan di lock.

30/04/18 15.07
Anonim

Anonim

Gan, bicara merek parabola jaring, apa merek parabola yang bagus dan kokoh? Saya lihat punya tetangga sekeliling kelihatannya sangat ringkih kena angin kaya mleot mleot

01/05/18 16.57
Bowo Ekowidodo

Merek sih sama saja tapi harga yang menentukan. Contoh saja Venus ada harga 750 ribu lebih baik kualitas bahannya dibanding paragon yang 550ribu, dimana paragon lebih besar. Hanya saja Paragon juga punya barang kualitas nya bagus juga.

02/05/18 06.06
Anonim

Anonim

Kalau paramount merah 9 feet itu gimana kualitasnya? dibanding venus dan paragon yang agan sebutkan...
Maaf agan tinggal di derah mana?

02/05/18 07.33
syachrojye

Mas,optus klo di daerah kalimantan timur tmbus ga pakai solid 6feed lnb ku bang Fuji SG 900.Mohon pencerahanya.

03/05/18 01.45
Bowo Ekowidodo

paramount merah 9 sudah bagus kualitasnya, lumayan recomended kalau emang ada dana.


Syachrojye, kayaknya sulit tapi kalau sudah ada silahkan di coba.

03/05/18 05.12
Suwandi (oned_gk)

Untuk intelsat 20 / 17 kira-kira rekomendasinya apa bos? solid/jaring? ukuran berapa?

11/05/18 22.52
Bowo Ekowidodo

Ukuran dishnya. Mau jaring mau solid asal minimal 9ft sudah tenang.

12/05/18 06.13
Suwandi (oned_gk)

Waduh...lagi ngincer solid 6ft je....intelsat 20 bisa ga ya?

12/05/18 13.42
Bowo Ekowidodo

Kalu untuk Intelsat 20, masih bisa.

13/05/18 11.18
Anonim

Anonim

Gan untuk lock c band mending pilih dish solid 6 feet atau jaring 7 feet?

13/05/18 17.34
Bowo Ekowidodo

Kalau saya pilih 7ft.

14/05/18 05.26
Juan

Gan saya mau coba pasang lnb ku frame focus fuji stargold, di jaring kira kira measat astro ke lock ga?, tkp kerawang jabar.

23/05/18 00.33
Bowo Ekowidodo

Kalau sudah punya di coba saja, kalau saya cuman sebagian yang sinyal gede ke lock, tapi gunain lnb offset matrix

23/05/18 09.49
Ghani

Arikelnya sangat membantu untuk para pemula yang sedang menimba ilmu tentang parabola. Keep it that way...!!!!

13/06/18 20.40
Unknown

salam kenal gan. sy hobi nonton bola dan tertarik utk ap yg disebut org "tracking". minta petunjuk2nya gan. dish jaring atau solid? receivernya ap?(klo liat tmn pakenya merk tanaka). ty.

21/06/18 11.26
Dedek kurniawan

Saya punya receyfernya topas tv.tapi parabolanya rusak.klok pakai pakai parabola jaring apa aja yang harus di beli

21/06/18 23.28
Bowo Ekowidodo

Aflsmrsz /Oz, tutorial sudah pernah di buat. soal jaring atau solid sudah di bahas diatas, klo receiver menyesuaikan kebutuhan channel target.

Riyans Tho, tinggal beli dish sama tiangnya, kalau LNB masih bisa digunakan.

22/06/18 05.28
Transport Jogja

Sangat membantu untuk tracker tv satelit newby seperti saya, bravo tv satelit !!!

24/06/18 00.02
Unknown

gan, dirumah saya ada 2 parabola bekas pemilik rumah lama, yg 1 parabola jaring ada 2 LNB (sepertinya analog), yg 1 solid tp sudah karatan semua sampai ke mangkok dish nya. saya masih awam banget mengenai parabola, karena saya br putus tv berbayar, pake antena digital krg memuaskan, pke stb android jg krg enak buat ortu krn agak ribet pake ny, nah sekarang saya mau memanfaatkan yg ada, mgkn yg jaring bs dimanfaatkan, saya mau beli receiver nya, tapi ada yg menyarankan pake receiver oracle utk ninmedia tv, apakah parabola analog bisa digunakan utk menggunakan receiver yg terkini? ada rekomendasi receiver yg cocok? krn dpt info jg receiver2 ga sinkron suara dan gbr nya, thx gan

29/06/18 16.43
Anonim

Anonim

Pak kalo mau lock intelsat 17 di pulau jawa pakai solid yg 8 feet bisa ndak....?

10/07/18 11.04
Saro Mendrofa

Min, lnb ku band di gabung dengan c band di mesh jaring untuk ninmedia bisa ga min?

14/07/18 10.40
Bowo Ekowidodo

Sangat bisa ku band di mesh untuk Ninmedia

15/07/18 10.23
denmas

Gan, mau nanya, saya punya parabola jaring tapi receivernya rusak, kira2 kalau beli receiver model misal gardiner g88 bisa nggak ya gan? suwun

17/07/18 18.18
boyv

Assalamualaikum, Gan.

Saya sedang membangun kos2an dengan jumlah kamar 10 {memanjang kedalam} lokasi di Bendungan hilir, JAkarta pusat, pemilik meminta saya untuk bisa mencarikan prabola yang bisa digunakan untuk 10 kamar tersebut.
Mohon bimbingannya, apa saja yang harus saya beli apabila siaran yang diinginkan local dan masing2 kamar bisa mengatur siarannya sendiri.

Wassalam.

18/07/18 14.54
Bowo Ekowidodo

Denmas, tinggal target satelit dan channelnya

Boyv, kalau untuk c band Palapa Telkom 3S, 2 LNB dual polaritas, 1 dish parabola minim 7ft, multi switch minim outnya 10, minim 10 receiver, kabel secukupnya. Kalau untuk Ku Band bisa Ninmedia 1 dish mini, 1 LNB ku band, power divider minimal out 10, 10 receiver khusus ninmedia, kabel secukupnya.

18/07/18 18.52
Unknown

Min, klo ku band dipasang didish jaring bisa gak lock ninemedia atau satelit lain apa sja yg bisa dilock?

21/07/18 13.01
Anonim

Anonim

boss, saya pake disc solid dari tahun 2007 sampe skr tidak karatan. sinyal di waktu hujan cling ga ada masalah.

25/08/18 14.04
Unknown

Pan brpa jarak lnb Dan kedalaman untuk solid Meriah untuk thaicom 5 Dan apstar17

31/08/18 10.53
Unknown

Ass.wr.wb.
Min aku pemula untuk jarak Dan kedalaman lnb untuk ke thaicom 5 Dan Intelsat 17 berapa yah untuk solid 6feet Venus meriah

31/08/18 10.59
Unknown

Sy tinggal di daerah pesisir lampung selatan. Kl boleh tau untuk daerah saya cocok yang mana jaring atau solid (untuk dapat sinyal anteng palapa dan telkom) ?

02/11/18 20.38
Anonim

Anonim

Salam... Saya mau tanya, saya diberi decoder merk manhattan, sebaiknya dish yg bagaimana yg saya beli? Solid ataukah jaring, sasaran saya bisa menonton tv lokal dan saluran olah raga... Tims...

28/12/18 10.16
Tendi SUMBA NTT

Kalau untuk 4 lnb 2 receiver bagusan mana gan

19/03/19 22.28
Bowo Ekowidodo

yang FTA an bukan FTV ataupun pay TV.

20/03/19 16.03
GATOT BINKEV

Gan saya punya perangkat bekas tvpay lnb+disch solid/offset kalo mo saya ganti lnb ku band bisa cling g ya..?

26/03/19 13.38
Bowo Ekowidodo

Clink atau ndak ya tergantung peralatan lain dan kemampuan lock satelit.

27/03/19 07.08
Unknown

Gan saya punya dish 7ft dgn lnb c band 4buah dan bekas dish kecil dan lnb kuband tolong rekomendasi rx yang bagus kisaran harga 300k

22/05/19 21.08
Ulung rahmadhan

Kalau mau pasang untuk palapa D bagusan pakai parabola jaring berapa ft gan? Dan merek parabola jaring yg bagus apa?

27/07/19 19.50
Bowo Ekowidodo

Makin gede makin bagus, dan lihat kualitas bahannya saja. Merek bukan jaminan kualitas.

28/07/19 07.15
Unknown

gan saya mau tanya dish jaring saya kawat jaring2 di sebelah ujung yg menghubungkan ke alumunium lingkaran terluar lepas jadi saya ikat ujung tsb dgn tali rapia apakah hal tersebut mengurangi kualitas snyal? Dan jaring2 nya ada yg bergelombang apakah ini juga mengurangi kualitas sinyal? Tiang parabola apakah semakin tinggi semakin bagus?

22/08/19 18.13
Unknown

Untuk feed asiast 5 bagusan mana 6ft solid/7ft jaring,mohon pencerahanya

21/09/19 07.01