Satelit Indonesia - Posisi Satelit Eutelsat 172B dan Beam Terbaru

Posisi Satelit Eutelsat 172B dan Beam Terbaru

Satelit Indonesia update peluncuran satelit terbaru Eutelsat 172B. Satelit ini merupakan satelit komunikasi yang mengkombinasikan C band dan Ku Band. Jika anda pernah lock Eutelsat 172A maka Satelit Indonesia rasa nantinya untuk tracking dan ini tidaklah susah.

Satelit Eutelsat 172B menggunakan jasa kontraktor Airbus Defence and Space yang memenangkan pembuatan satelit ini pada Juli 2014. Satelit Eutelsat ini nantinya dalam peluncuran akan di bawa oleh roket Ariane-5ECA. Dimana akan membawa 14 transponder C Band dan 36 Ku Band. Peluncuran satelit Eutelsat 172B ini di perkirakan pada kuartal 1 tahun 2017.

Posisi Satelit Eutelsat 172B

Masa orbit untuk Eutelsat 172B ini diharapkan bisa sampai 15 tahun dimana akan di tempatkan pada posisi orbit 172° E. Bicara mengenai satelit pasti akan menyasar ke beam. Jangkauan satelit Eutelsat 172B ini luas dan Indonesia sendiri menjadi target beam yang kuat di C band. Beam satelit Eutelsat 172B ini terbagi menjadi beberapa beam antara lain

  1. Provisional Ku-band North Pacific
  2. Provisional Ku-band South Pacific
  3. Provisional Ku-band South-West Pacific
  4. Provisional C-band Pacific
  5. Provisional Ku-band North-East Asia
  6. Provisional Ku-band HTS
  7. Provisional Ku-band South-East Pacific

Beam satelit Eutelsat 172B yang menjangkau wilayah indonesia antara lain Ku-band North Pacific, hanya menjangkau sekitaran NTT ketimur sampai Papuan di sebelah selatan. Ku-band South Pacific menjangkau seluruh Indonesia, dengan wilayah terkuat Kalimantan, Sulawesi dan sekitarnya. C-band Pacific sangat kuat di seluruh wilayah Indonesia. North-East Asia, sedikit menjangkau wilayah Kalimantan dan Sulawesi di bagian utara. Ku-band HTS beam menjangkau seluruh Indonesia untuk Jawa dan Sulawesi termasuk lemah.

Dengan sedikit uraian beam satelit Eutelsat 172B, Satelit Indonesia kira makin memudahkan cara mencari satelit Eutelsat 172B tersebut. Masalahnya adalah, arah satelit Eutelsat 172B ini terlalu ke timur , dan mungkin banyak yang mengalami gangguan posisi dish parabola walaupun jangkauan satelit Eutelsat 172 ini sangat kuat. Mungkin bisa ke tutup atap rumah, dan kebanyakan pohon. Namun sebagai tracker pasti mengerti dan mungkin cara tracking satelit Eutelsat 172B baginya sangat mudah.

Posisi Satelit Eutelsat 172B dan Beam Terbaru Komentar