Satelit Indonesia - Satelit JCSat 14 Pengganti JCSat 2B Siap Diluncurkan

Satelit JCSat 14 Pengganti JCSat 2B Siap Diluncurkan

Satelit Indonesia update peluncuran satelit terbaru JCSat 14. Sky Perfect JSAT mengumumkan 4 Mei 2016 sebagai tanggal peluncuran untuk satelit JCSAT. Space Systems Loral sebagai kontraktor akan melakukan peluncuran menggunakan roket Falcon 9 dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida.

Agar lebih mudah membedakan lnb palapa dan telkom kita sebaiknya mengerti mana LNB untuk fokus dan mana LNB untuk offset. LNB fokus posisinya tepat di tengah dish, kalau LNB offset posisinya tidak tepat di tengah dish. Untuk lebih mudah memahami posisi lnb untuk satelit palapa dan telkom silahkan simak gambar berikut.

peluncuran satelit terbaru JCSat 14

JCSAT 14 merupakan satelit komunikasi yang akan membawa jalur Ku dan C-band. JCSat 14 dalam operasinya akan menggantikan JCSAT 2A yang sekarang ada di 154 derajat bujur timur. Satelit JCSat 14 akan menyediakan cakupan Ku-band untuk Jepang dan cakupan C band untuk kawasan Asia-Pasifik, dan memperluas cakupan di luar Asia dan Oceania ke Rusia dan beberapa negara di Kepulauan Pasifik hal ini hampir sama dengan jangkauan satelit JCSAT 2A.

Space Systems Loral (SSL) membangun JCSAT 14 memakai platform SSL 1300 dimana diharapkan JCSat 14 dapat beroperasi sampai 15 tahun yang memakai tenaga baterai 2 deployable solar arrays. SSL juga membangun JCSAT 15 dan JCSAT 16, yang peluncuran keduanya dijadwalkan tahun 2016.

Untuk para tracker Indonesia sepertinya bisa menunggu aktifnya satelit JCSAT 14. Sebelumnya Satelit Indonesia hanya menemukan transponder di JCSAT 2A C Band tanpa satupun channel TV atau radio. Nah akankah nanti JCSAT 14 C band ada penunggunya? kita nantikan beberapa bulan kedepan.

Satelit JCSat 14 Pengganti JCSat 2B Siap Diluncurkan Komentar