Satelit Indonesia - Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini

Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini

Satelit Indonesia update tutorial cara merubah boot logo matrix burger s1 mini, Matrix Sinema, LGsat Bigbang, MMP Lombok, Geosat Jasper dan masih banyak yang lain. Untuk cara mengubah boot logo receiver parabola kali ini bisa dilakukan di firmware daftar receiver yang seidentik Matrix burger S1 mini dan masih banyak yang lain yang biasanya berekstensi abs.

Sebenarnya cara mengganti boot logo receiver parabola itu mudah asal menemukan aplikasi yang sesuai. Sayangnya tidak semua ada aplikasi untuk merubah boot logo receiver masing masing, jadi sebagian ada yang mengakali dengan proses hex editor yang marak belakangan. Namun kalau cara merubah boot logo tanpa pc ini akan sangat sulit dilakukan apalagi kalau proses hex editor walaupun tetap bisa.

Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini

Namun untuk kali ini kita tidak memakai hex editor untuk mengganti boot logo karena ada CRC sebagai konfirmasinya. Jadi kalau manual cari kode CRC akan sangat kesulitan, dan kalau tanpa edit CRC maka firmware pasti tidak valid dan tidak bisa di gunakan untuk upgrade.

Tutorial kali ini tidak bisa dilakukan mengganti boot logo tanpa pc karena aplikasi yang dipakai memang untuk komputer. Namun tidak tahu kedepannya, siapa tahu ada yang mengembangkan menjadi aplikasi android atau yang lain. Asik juga kalau bisa merubah boot logo receiver parabola di android tanpa pc. Tapi mungkin itu hanya angan angan saja, namun kita langsung saja ke cara merubah boot logo receiver parabola sendiri dengan mudah sebagai berikut.

  1. Download LogoTool disini, jika sudah extract.
  2. Copy dan pastekan firmware yang akan diubah. Ganti nama dengan Software.abs
  3. Buat video m2v usahakan resolusi maksimal HD jangan full HD karena ukuran terbatas, tapi kalau mau coba silahkan saja.
  4. Cara buat video m2v sudah pernah Satelit Indonesia posting, kalau nantinya harus m1v ubah saja nama menjadi m2v. Jika sudah jadi, simpan satu folder dengan extract logotol
  5. Untuk tag posisi video yang disupport LogoTool lihat data berikut
    1. boot : 0x02fd0100
    2. radio : 0x02fd0300
    3. menu : 0x02fd0200
    4. user : 0x02fd0400
    Setelah di analisa firmware Matrix Burger S1 mini dari NCRC nya didapatkan data
    1. Radioback : 02 FD 01 00
    2. MenuBackground : 02 FD 03 00

    Kita lihat file PatchLogo.bat di baris

    1. if NOT EXIST Software.abs goto no_sw
    2. if EXIST BootLogo.m2v set BOOT_PARAM="--boot_logo=BootLogo.m2v"
    3. if EXIST RadioLogo.m2v set RADIO_PARAM="--radio_logo=RadioLogo.m2v"
    4. if EXIST MenuLogo.m2v set MENU_PARAM="--menu_logo=MenuLogo.m2v"
    5. if EXIST UserLogo.m2v set USER_PARAM="--user_logo=UserLogo.m2v"

    Jadi dari data diatas, tanpa merubah data file bat nya. Nama untuk boot logo sekaligus radio adalah BootLogo.m2v dan untuk background menu RadioLogo.m2v. Kalau tidak mau bingung bisa merubah kode file batnya tersebut. Namun untuk Satelit Indonesia sengaja tidak rubah apapun biar coding sendiri saja, wong cuman ngubah teks dikit.

  6. Jika BootLogo.m2v atau RadioLogo.m2v sudah dibuat tinggal eksekusi file PatchLogo. bat. Kalau hanya ingin merubah salah satu tinggal masukkan 1 file saja namun untuk boot logo dan radio akan sama karena didalam firmware hanya di berikan pembacaan 1 tempat.
  7. Klik kanan di file PatchLogo.bat bisa open atau run administrator untuk win 7 keatas.
  8. Perhatikan proses inject nya, jika ada pesan kalau video terlalu besar konvert lagi, hingga menemukan ukuran yang pas dan sukses di iject. Biasanya video kisaran 50KB, kalau firmware belum di resize.
  9. Jika sukses maka akan terbentuk file SoftwarePatched.abs dimana boot logo, background menu ataupun radio terganti sesuai keinginan kita.
  10. Silahkan di coba upgradekan ke receiver, jika sudah ganti maka kita anggap cara mengganti boot logo receiver parabola ini sudah sukses.

Sampai disini kita sudah belajar bagaimana cara merubah boot logo receiver parabola file abs. Jika ada kekurangan, kesalahan ataupun pertanyaan silahkan diskusikan di komentar. Kalau ada kesalahan firmware yang berakibat fatal seperti mode on atau mati suri, itu tanggung jawab sendiri, jadi disarankan untuk yang melakukan cara mengganti boot logo sudah bisa flashing dari RS232 ataupun eprom langsung.

Cara Mengganti Boot Logo Receiver Matrix Burger S1 Mini Komentar

massto

Mantap min.. Tinggal nunggu beli receivernya dulu :D

02/10/17, 10.33
Unknown

gimana cara ganti font min, minta link tutorialnya donk

22/10/17, 23.13
Bowo Ekowidodo

Untuk receiver apaan font nya? kalau chipset mobtage sudah pernbah di bahas di post lain.

23/10/17, 04.49
ianwongopoonone

ianwongopoonone

Min... LogoTool nya gak bs di download lagi??... minta link nya

31/10/17, 17.58
ian2le ◀ ωoηg oρo oηoηє

download LogoToolnya gimana og linknya sudah gak bisa dibuka???

01/11/17, 13.01
Bowo Ekowidodo

Gabung dulu ke group Satelit Indonesia di facebook

02/11/17, 05.13
ian2le ◀ ωoηg oρo oηoηє

aq gak pnya facebook min... maklum org plosok desa hudup di lingkungan santren mskipun bkan santri gak ada facebookan min... harap dimaklumi... bagi link download logotool nya di sini aja min... makasih

02/11/17, 13.03
Bowo Ekowidodo

Mungkin bisa cari di sumber lain.

04/11/17, 06.09
royco

royco

min radio logo itu untuk apa sedangkqn boot logo jelas untuk tampilan boot. apakah bisa inject menu modern ke last firmware yg masih classic

04/12/17, 13.45
Bowo Ekowidodo

Untuk matrix burger s1 mini, radio itu digunakan untuk background menu sesuai data diatas. Untuk inject bisa saja kalau ngerti pack n repack DZLZMA dan bisa opreknya.

05/12/17, 08.44
Bernadus Hardiyanto

sinema juga bisa pkai cara ini ya Min...?

27/05/18, 15.26
Bowo Ekowidodo

Bisa untuk boot logo, kalau video boot logo di posting lain.

28/05/18, 05.04
Lashira

Mantap Min, sukses logo sesuai keinginan. .

11/11/18, 21.41
New Member

Min, izin masukan min.
klu bisa update post tentang config remote lombok dong. trmks.

26/11/18, 18.28
Bowo Ekowidodo

Untuk config remote belum nemu blocknya di main code.

27/11/18, 09.20
nanang sudarmin

kalau untuk matrix garuda kok susah ya min untuk ganti bot logonya udah ketemu posisi logonya dan eksistensi file serta sizenya dengan hex editor tapi diganti dengan gambar lain kok gak bisa kira kira masalahnya di mana ya min apa ada kode tertentu

27/11/18, 22.12
Bowo Ekowidodo

Matrix Garuda yang mana?

29/11/18, 08.27
nanang sudarmin

Matrix garuda mpeg4 yang full hd yang merah atau putih, yang ada boot videonya iklan lampu Iomianya, susah diganti boot logonya baik logo gambar dan boot videonya, padahal sudah ketemu posisinya gambar dan video dengan hex editor setelah diganti dengan gambar atau video lain tidak mau muncul logonya

30/11/18, 08.54
Bowo Ekowidodo

Coba pakai cara diatas bukan pakai hex editor. Klo hex editor harus tahu cara cari checksum nya

30/11/18, 16.54
nanang sudarmin

Oke min makasih atas infonya, kemungkinan besar memang benar kalau cheksumnya sudah berubah, cuma disini yang saya heran kalau untuk radio logonya sudah berhasil saya rubah, hanya tampilan boot logo dan video bootnya saja yang susah di rubah saya pikir apa mungkin di kunci, kalau untuk masalah penggunaan hex editor sebenarnya saya sudah pernah untuk mengubah merk bot logo LED TV dan berhasil, saya kira caranya gak jauh beda dengan merubah logo receiver, tapi untuk matrix garuda ini kok susah di modif seperti di protec gitu

30/11/18, 22.03
Bowo Ekowidodo

Tiap firmware beda beda, ada yang di proteksi pakai checksum ada yang tidak. Dalam satu firmwarepun beditu, ada block yang di proteksi cecksum CRC ada yang tidak.

03/12/18, 15.54
Nanang Sudarmin

Nanang Sudarmin

iya min saya juga masih bingung dan awam utak atik firmware mtrix garuda ini,kalau firware di tukar bisa, misal firware matrix garuda merah ditukar dengan firware matrix garuda putih bisa padahal cheksumnya berbeda, tapi kalau logo dirubah gak bisa gak mau tampil logonya sampai sampai penasaran logonya saja yag saya tukar tetap saja gak bisa

17/12/18, 09.43
Bowo Ekowidodo

Kalau bisa metode checksumnya sama. Yang beda codenya karena checksumnya baca data firmwarenya

19/12/18, 08.43