Satelit Indonesia - Apa Arti dan Fungsi EPG Pada Receiver Parabola

Apa Arti dan Fungsi EPG Pada Receiver Parabola

Satelit Indonesia update apa arti epg pada decoder satelit parabola dan fungsinya. Sebagai pengguna decoder satelit pasti sudah mengenal apa itu epg dan sudah sering membaca tulisannya, entah di remote ataupun OSD di receiver. Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai fitur EPG yang ada di receiver dan bagaimana menggunakannya serta apa sebenarnya fungsi epg pada receiver tersebut.

Beberapa receiver dan memang tidak semuanya dilengkapi fitur epg namun sebagian besar decoder TV berlangganan ada fitur EPG ini. TV berbayar ada fitur EPG ini memang bisa dimaklumi, selain channel lebih stabil memang sangat membantu dalam menikmati acara yang ada di TV berlangganan tersebut. Maka tidak salah kalau banyak yang mencari atau menggunakan fitur EPG ini.

Apa Arti dan Fungsi EPG Pada Receiver Parabola

EPG atau Electronic Program Guide adalah data elektonik yang memuat jadwal acara sebuah channel. EPG ini dalam ts stream terdapat di PID EIT Schedule. Dalam transfer datanya EPG tidak langsung semuanya namuan hanya beberapa bagian lebih dulu, makanya receiver perlu menunggu untuk mendapatkan EPG tersebut.

Fungsi EPG selain memuat jadwal acara channel seperti nama, deskripsi serta waktu mulai dan selesainya juga bisa dimanfaatkan untuk penjadwalan seperti membuka channel target hingga merekam channel tersebut. Jadi misalnya kita keluar rumah dan tidak sempat menonton acara kesukaan, bisa merekam acara tersebut sesuai jadwal di EPG. Namun sayang di TV berlangganan fitur record kadang dimatikan dengan alasan copy right.

Sayangnya tidak semua channel TV di parabola memiliki PID EIT yang memuat EPG ini. Hanya channel channel tertentu saja terutama channel premium. Namun kalau ingin tahu seperti apa EPG bisa mencoba di channel TV berlangganan seperti K Vision, Topas TV , Indovision memakai receiver FTA atau malah membeli receiver masing masang TV berlangganan tersebut, karena biasanya PID EIT itu FTA atau tidak diacak.

Apa Arti dan Fungsi EPG Pada Receiver Parabola Komentar