Satelit Indonesia - Cara Menggunakan Picture In Picture PIP di DVBdream

Cara Menggunakan Picture In Picture PIP di DVBdream

Satelit Indonesia update bagaimana cara memakai fitur PIP di DVBdream untuk menonton banyak channel dalam 1 monitor. Untuk pemakai Smart TV mungkin fitur PIP bukanlah hal baru, apalagi yang memang gemar menonton pasti sudah menemukan atau malah memakai fitur picture in picture atau PIP ini. Untuk itu kita akan membahas fitur PIP ini pada DVBcard dengan player DVBdream.

DVBdream adalah salah satu DVBplayer yang banyak fitur. Dilengkapi beberapa plugin dan module yang bisa digunakan dengan mudah. Dan salah satu fitur yang ada di DVBdream adalah PIP atau picture in picture. Jadi dengan fitur picture in picture ini kita bisa nonton banyak channel dalam satu transponder di satu monitor atau TV. Jadi sangat cocok untuk yang punya TV atau monitor layar lebar namun tidak support PIP.

Cara Memakai Picture In Picture PIP di DVBdream

Kemampuan banyaknya channel juga harus ditunjang dengan spesifikasi komputer yang bagus. Makin bagus spesifikasi makin banyak channel yang bisa di PIP dengan catatan dalam satu transponder ada banyak channel. Untuk channel yang bisa dibuka dengan picture in picture atau PIP bukan cuman yang FTA namun bisa juga acak dengan memanfaatkan plug in yang terinstall. Jadi untuk channel acak kemungkinan hanya bisa biss dan tandberg, untuk powervu belum tahu settingannya. Kita langsung saja bagaimana cara mengaktifkan pip di dvbdream.

  • Untuk yang ingin membuka channel dan butuh plugin misalnya biss key atau tandberg, masukkan dulu pluginnya ke folder pip dalam folder plugins DVBdream, ada sekitar 20 folder pip dari pip00 sampai pip20. Jadi untuk pip 1 maka plugin di pip01 dan seterusnya.
  • Jika plugin sudah dimasukkan tiap folder selanjutnya tinggal buka DVBdream
  • Pilih satelit dan transponder yang ingin dibuka.
  • Pilih channel utama yang ingin dibuka
  • Jika sudah terbuka, klik kanan pada TV window
  • Pilih menu PIP dan akan muncul menu daftar channel
  • Pilih channel yang akan di PIP kan.
  • Jika masih acak, klik kanan pada TV windownya. Jika plugin yang sebelumnya kita masukkan benar maka akan tampil di menu PIP plugin
  • Pilih menu tersebut, dan tinggal masukkan key yang diperlukan
  • Ulangi langkah menambahkan PIP seperti diatas sampai yang diperlukan dan ingat, sesuaikan dengan spesifikasi komputernya. Kalau resource berlebihan bisa hang.
  • Untuk yang ingin tampil di depan terus centang pilihan Stay On Top pada properties TV window PIP dan kalau ingin memposisikan secara teratur bisa menggunakan menu menu Arrange as mosaic.

Itu tadi bagaimana cara menggunakan picture in picture PIP di DVBdream untuk DVBcard. Bagi yang memakai vPlug sebagai plugin biss dan tandberg bisa juga vPlug tanpa harus mengcopy semua data jadi kita hanya menggunakan config dan dll vplug. Untuk itu silahkan lihat di cara install vplug di DVBdream. Kalau ada yang mengalami masalah dengan tips ini silahkan diskusikan di komentar.

Cara Menggunakan Picture In Picture PIP di DVBdream Komentar