Satelit Indonesia - Cara Setting Remote Receiver Parabola Firmware Skybox A1

Cara Setting Remote Receiver Parabola Firmware Skybox A1

Satelit Indonesia update bagaimana cara memperbaiki remote receiver parabola Skybox A1 ketika menggunakan firmware lain. Tidak dipungkiri memang, belakangan banyak sekali firmware receiver parabola yang beredar, sehingga ada saja kemiripan antar software decoder parabola. Kebanyakan memang berbeda para remote dan led panel depan.

Begitu juga dengan Skybox A1 semua jenis, mungkin hanya yang Skybox A1 Combo agak susah di temukan, mungkin bukan tidak ada namun mungkin karena yang sering mencari firmware seidentik tidak punya barangnya. Namun untuk seri Skybox A1 lain lumayan banyak. Dan dari banyaknya receiver yang seidentik dengan Skybox A1 tersebut sudah ada beberapa yang Satelit Indonesia ulas.

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara menggunakan receiver remote control Skybox A1 untuk firmware receiver lain agar pada saat di upgradekan ke receiver Skybox A1 tidak bermasalah. Cara menjadikan remote Skybox A1 sebagai remote receiver Skybox A1 yang memakai firmware lain adalah dengan mengedit config remotenya dalam firmware. Proses ini bisa manual bisa juga memakai aplikasi.

Disini cara setting remote receiver parabola Skybox A1 ini, kita akan mencoba menggunakan aplikasi, tidak manual dengan mengedit melalui hexa pakai software hex editor, namun kita akan mengedit config remote Skybox A1 dengan software FlashEditor yang pernah Satelit Indonesia posting. Untuk yang mau mencoba cara mengganti config remote Skybox A1 silahkan lakukan langkah berikut.

  • Buka aplikasi FlashEditor, kalau belum punya download FlashEditor dulu
  • Pada Flash Path tekan button browse
  • Cari firmware Skybox A1 yang akan dipakai config remotenya.
  • Jika sudah buka saja, dan akan tampil data di listbox.
  • Perhatikan bagian Name, biasanya config remote diawali ir, kadang bisa 2 atau lebih.
  • Jika sudah ketemu, perhatikan dibagian size, biasanya untuk Skybox A1 itu 72 atau 48h
  • Simpan config remote misal ir1 dan size 72. Pilih listitem dan klik kanan.
  • Muncul popup menu , pilih Save As, dan simpan dimana terserah, yang penting mudah di ingat. Kalau perlu simpan semua config remote dan namai sesukanya yang penting paham
  • Jika sudah menyimpan config remote, Buka FlashEditor lagi atau browse langsung firmware yang akan di ganti config remotenya.
  • Jika sudah ketemu, buka dan akan tampil data di listbox.
  • Cari nama remote biasanya sama juga pakai ir, dan sesuaikan sizenya. Jika skybox A1 72 maka cari ir yang 72
  • Kalau sudah ketemu, klik kanan di bagian list itemnya. Pilih menu Replace With
  • Cari config remote Skybox A1 yang pernah disimpan
  • Jika sudah memilih, maka akan ada penyimpanan file bin
  • Tinggal namai firmware sesuka hati, kalau tersimpan maka pekerjaan sudah selesai, tinggal mencoba.

Sampai disini kita sudah tahu bagaimana cara setting remote receiver parabola di Skybox A1 untuk firmware lain. Yang perlu diperhatikan adalah ketepatan dalam memilih config remote menyesuaikan dengan firmwarenya. Kadang satu remote bisa banyak config tergantung size yang digunakan. Untuk ukuran 71 atau 48h dengan 57 atau 39h akan berbeda. Dan kadang juga penempatan ir juga pengaruh. Kadang di tempatkan di ir1 tidak bekerja namun kalau di tempatkan di ir2 bisa dan begitu sebaliknya. Maka pengalaman untuk edit config remote di firmware sangat diperlukan, maka banyak banyaklah mencoba.

Cara Setting Remote Receiver Parabola Firmware Skybox A1 Komentar

assassin

Thanks for the tutorials, in what file extension do you save IR?. Save as dot what?

02/11/18, 10.56
Forsat Sumatra

Terimakasih min tutor nya,sangat membantu

15/11/18, 21.13
Dalsugi

Dalsugi

Kalo config remote yag mau direplace ukurannya lebih besar gmn om, config skybox hanya 72 dan remote mbs2 128, supaya mbs bsa pake remote skybox langsung replace atau edit dulu, makasih

14/02/20, 08.53
Bowo Ekowidodo

ya harus di convert ke 72 lebih dulu karena mapingnya berbeda.

05/03/20, 06.20