Satelit Indonesia - Firmware CRC Checksum Montage CS8001 Seidentik Skybox A1

Firmware CRC Checksum Montage CS8001 Seidentik Skybox A1

Satelit Indonesia update info crc checksum untuk software Skybox A1 dan yang seidentik. Receiver parabola yang seidentik dengan skybox lumayan banyak, dari yang memakai chipset CS6001, CS8001 ataupun CT8001. Di beberapa postingan Satelit Indonesia pun juga sudah beberapa kali update data untuk update link firmware.

Ada hal yang kurang mengenakkan di bulan April 2019. Dari beberapa software receiver yang beredar dari berbagai merek yang seidentik dengan Skybox seperti Tiger Star, Tiger Sat Maroc, Icone, Petra dan mungkin merek lain yang belum Satelit Indonesia temukan, semua rilis terbaru sudah menggunakan CRC Checksum. Kalau sebagai pengguna Skybox A1 mulai dari awal pasti tidak asing lagi dengan CRC Checksum.

Firmware CRC Checksum Montage CS8001 Seidentik Skybox A1

CRC checksum firmware ini berbeda dengan Skybox A1 Old maupun Skybox A1 New AVS+ 4MB. Perbedaannya ada di letak kode CRC nya. Kalau Skybox A1 old dan Skybox A1 New 4MB di akhir firmware sehingga menyebabkan ukuran file jadi 4097 bukan 4096 namun untuk yang versi baru ini di bawah boot atau diatas table NCRC nya.

Skybox A1 sampai sekarang belum ada tanda tanda update mengikuti beberapa receiver seidentik di luar sana. Jika memang nantinya menerapkan CRC checksum juga kemungkinan opreker di firmware ini akan tamat sama seperti opreker Skybox A1 Old maupun Skybox A1 AVS 4MB, sangat sangat di sayangkan karena akan terpenjara dalam 1 firmware dan kalau mau keluar harus hard flash.

Yang perlu diperhatikan jika nantinya Skybox A1 seperti Skybox A1 Plus, Skybox A1 New 8MB mengikuti update lainnya menggunakan CRC Checksum, perhatikan dengan benar kebutuhan anda, jika memang sudah terpenuhi tidak perlu upgrade. Kalaupun mau upgrade pastikan fitur yang di butuhkan lancar di update tersebut, karena kita tahu beberapa update Skybox A1 kadang bermasalah, seperti dulu Sat IP hang dan lain lain.

Hal tersebut Satelit Indonesia ingatkan karena jika sudah masuk firmware terproteksi, firmware yang tidak membawa kode CRC Checksum akan menampilkan pesan upgrade gagal. Jadi firmware sebelumnya bakal tidak bisa digunakan, kalau ingin downgrade harus hard flash, pakai USB recovery kayaknya juga nihil. Dan itu juga berlaku pada firmware editan, walau membawa code CRC Checksum, kalau firmware di edit maka harusnya code juga ganti, kalau tidak di ganti maka tidak valid dan upgrade gagal.

Dari sini kalau memang terjadi, Skybox A1 menerapkan CRC Checksum, untuk para opreker tinggalkan saja produk Skybox A1 dan seidentik. Pindah ke yang lebih enak dalam custom seperti receiver yang memakai chipset NationalChip GX6605S ataupun GX6622 atau sekalian receiver berOS linux. Semoga sih Skybox tidak mengambil langkah yang sama dengan meberikan CRC Checksum juga.

Firmware CRC Checksum Montage CS8001 Seidentik Skybox A1 Komentar

syaiful anwar

Kedepan nya matrix juga akan melakukan hal yg sama hehe

11/04/19 18.42
Bowo Ekowidodo

Kayaknya klo dari pihak Matrix tidak tapi kalau dari pihak Montage kemungkinan besar iya.

12/04/19 05.58
aden

Wah bisa gawat tuh...

12/04/19 07.28