Satelit Indonesia - Penyebab Receiver Hang Setelah Mengubah Theme Skin

Penyebab Receiver Hang Setelah Mengubah Theme Skin

Satelit Indonesia update kenapa receiver parabola hang sesudah mengganti theme. Mengoprek theme atau skin bagi sebagian orang sangat menyenangkan, ada yang memang sekedar ingin tampil berbeda, ada yang hobby, ada juga yang buat ajang pamer dan sebagainya. Namun memang mengganti skin receiver bukan perkara mudah dan tidak terlalu sulit, apalagi kalau yang diganti skin receiver OS linux open source, sudah banyak tool dan rata rata sudah GUI.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah terusan mengenai oprek skin di receiver yang memakai chipset NationalChip GX6605S ataupun GX6622. Jadi memang tidak open source walaupun juga linux. Tools editor skinnyapun belum ada, jadi memang based text tidak GUI seperti skin linux E2. Makanya walaupun bisa buat skin E2 belum tentu mengerti membuat skin GX6605S atau GX6622 walaupun sebenarnya kalau mau berusaha bisa juga, wong sama sama cuman markup XML.

Apa Penyebab Receiver Hang Setelah Mengubah Theme Skin

Dalam pembuatan skin receiver NationalChip GX6605S ataupun GX6622 ini ternyata banyak yang mengalami kendala. Dari yang tidak tahu fungsi beberapa tag, atribut, element yang seharusnya dimengerti lebih dulu sebagai dasar untuk markup XML nantinya dalam membentuk theme atau skin. Kendala lain yang sering di temukan adalah kemampuan edit imagenya.

Salah satu masalah serius jika beberapa kendala diatas tidak di mengerti adalah receiver hang saat pembacaan file skin atau theme. Ada beberapa penyebab kenapa receiver hang sesudah mengganti skin atau oprek theme antara lain.

  • Penulisan markup XML tidak benar. Dasar dari XML adalah penulisan tag nya case sensitive, jadi harus sama pembuka dan penutupnya. Dan juga kadang penulisan tag lupa di tutup . Jadi untuk mengatasi ini pakai aplikasi XML checker atau validation mau yang online atau desktop sama saja.
  • Posisi widget melebihi ukuran class window. Misalnya rect class window [340,150,600,340] maka kita jangan sampai memposisikan top lebih besar dari 600 dan left lebih besar dari 340. Walau mungkin di sebagian image firmware tidak hang namun memberatkan karena ada widget yang sia sia, tidak bisa terlihat.
  • Kesalahan membuat image. Lihat di bagian widget. xml biasanya depth hanya 16, jika kita buat diatasnya akan membuat beberapa firmware hang, kemungkinan karena tidak di support. Untuk yang editor imagenya photoshop sudah pernah Satelit Indonesia ulas bagaimana menyimpan image di photoshop buat skin. Untuk editor lain pastikan menyimpan dengan 16 bit depth, RGB (R5 G6 B5). Tidak di sarankan pakai PNG walau image lebih kecil karena proses transparan image akan bermasalah, tapi kalau tidak ada transparan silahkan.
  • Kesalahan repack. Sebenarnya Satelit Indonesia sudah share tools buat repack masing masing dari cramFS juga SquashFS, dan juga cara penggunaannya, di channel Youtube juga sudah ada. Hanya saja mungkin ada yang teledor, misalnya pas proses hex edit, misalnya penambahan FF atau 00 agar ukuran sama dengan sebelumnya salah langkah, bisa menghapus bit yang penting atau peletakannya. Jadi cek lagi kebenaran ketika mau menyamakan ukurannya walau sebenarnya kadang pekerjaan ini tidak diperlukan.

Itu tadi beberapa masalah penyebab receiver hang saat mencoba oprek skin, mungkin masih ada penyebab lain seperti receiver kebebanan resource, namun memang sangat jarang terjadi. Untuk yang mengalami masalah atau berbagi pengalaman silahkan diskusikan di bagian komentar, biar pembaca lain segera mengatasi masalah atau tidak mengalami masalah yang sama.

Penyebab Receiver Hang Setelah Mengubah Theme Skin Komentar

Bernadus Hardiyanto

paling mboseni kalau ngetik xml... jadi ingat krsus mengetik dulu wkt d putih abu"...:P :P

25/06/19 12.54
Bowo Ekowidodo

Padahal lebih cepat dari menunggu bertahun tahun ..

26/06/19 16.39
geo pal

share please skin editor

27/06/19 11.11
Bernadus Hardiyanto

setelah berlalu..... brtahun-tahun pun terasa cepet Min.....

27/06/19 18.48
Bowo Ekowidodo

wkwkw kurang lama yo?

29/06/19 18.29
Cepi

link APK yg atas om

12/07/19 12.53