Satelit Indonesia - Cara Menggunakan HelloMenu GUI Software Edit Skin Firmware

Cara Menggunakan HelloMenu GUI Software Edit Skin Firmware

Satelit Indonesia update bagaimana cara memakai aplikasi HelloMenu GUI untuk mengubah tampilan firmware receiver. Sebelumnya Satelit Indonesia sudah sedikit menyinggung mengenai HelloMenu GUI. Kali ini sedikit hal tentang penggunaan software HelloMenu GUI untuk mengubah tampilan OSD firmware receiver yang di support, yaitu firmware HelloBox chipset Montage.

Firmware dari HelloBox ini termasuk juga generasi K5S generasi baru. Seperti yang kita singgung diposting sebelumnya kalau HelloMenu GUI ini bisa juga membuka firmware K5S keluaran tanggal 5 Juli 2019, walaupun sebenarnya HelloMenu GUI ini diperuntukkan bagi Hellobox 8. Namun karena struktur sama maka firmware k5s tersebut bisa di buka.

Cara Menggunakan HelloMenu GUI Software Edit Skin Firmware

Tampilan utama HelloMenu GUI ini hampir sama dengan FlashEditor maka tidak perlu kita bahas lebih dalam karena Satelit Indonesia yakin sudah pada bisa. Disini yang akan kita gunakan adalah fitur resources. Kalau sudah sering oprek firmware montage pasti sudah tidak asing dengan block ini. Karena disini yang memuat font, image dan languange.

Bagi yang mengalami error menggunakan HelloMenu GUI misalnya ada pesan missing dll. Maka untuk memperbaikinya silahkan download Microsoft Visual C++ Redistributable, biasanya itu yang versi 2013 kalau tidak ya 2015, tapi kalau belum fix juga bisa doanload semua versi. Atau bisa juga download dll nya kemudian taruh satu folder dengan HelloMenu GUI tetapi akan lebih baik di regosterkan di system kalau memang bisa. Dan ini menyesuaikan dengan OS yang dipakai 64bit atau 32 bit. Kalau sudah tidak error maka lakukan langkah langkah cara memakai aplikasi HelloMenu GUI berikut.

  • Buka HelloMenu GUI
  • Pilih firmware Hellobox dengan klik button browse
  • Pilih firmware keluaran Hellobox, tekan button OK. Jika keluar notifikasi ERR: not Hellobox firmware! maka Sw tersebut tidak di support. Pilih firmware lain.
  • Jika sudah terbuka maka akan tampil daftar block yang sama dengan FlashEditor. Disini tinggal manfaatin menu Export Import saja. Namun yang akan kita buka adalah recource, maka tekan tab menu Resources.
  • Ada beberapa pilihan block seperti Bitmap untuk gambar, String untuk teks bahasa, Font untuk font tulisan atau all untuk semua. Pilih salah satu sesuai kebutuhan misalnya All
  • Tekan button Browse, pilih folder yang akan digunakan untuk extrack block terpilih, kalau perlu buat folder baru dan Select Folder.
  • Jika sudah memilih folder tekan button Export, tunggu proses selesai.
  • Lihat di folder tempat kita extrack, jika benar akan muncul file baru sesuai dengan block masing masing.
  • Silahkan edit sesukanya, tapi perhatikan ukuran file dari size, dan resolusi untuk imagenya.
  • Jika sudah selesai edit buka HelloMenu GUI, dan kita akan import tekan button Browse, cari folder tempat kita extrack yang sudah di edit filenya.
  • Apabila sudah yakin memilih tekan Import. Tunggu proses selesai.
  • Kalau sudah trekan menu File, dan tekan menu Save as
  • Masukkan nama file, dan beri extensi bin.
  • Buka folder buat menyimpan, dan perhatikanm ukuran filenya sesuai dengan yang diedit atau tidak. Jika sudah sesuai silahkan dicoba upgradekan ke receiver. Tahap ini di khususkan untuk yang sudah bisa hardflash dan yang berani saja.
  • Jika memang bisa dan sesuai harapan, pekerjaan selesai.

Sampai disini kita sudah mencoba bagaimana menggunakan software HelloMenu GUI untuk edit firmware. Namun memang harus lebih hati hati karena ukuran eprom terbatas, jangan sampai terlalu besar ukuran dile resource nya. Bisa bisa user data kepangkas. Usahakan ukurannya dibawah atau sama dengan yang ori kalaupun lebih tidak begitu banyak.

Bagi yang ingin edit image selain ukuran file dan resolusi yang perlu diperhatikan ada juga hal laih yaitu jika ingin membuat transparan, gunakan warna #00FFFF. Untuk kebersihan transparan, mainkan ukuran pixel dan pewarnaan pakai Pencil Tool jika di PhotoShop agar lebih mudah. Kalau memang sudah siap silahkan mencoba. Mode on itu sudah hal biasa kalau takut tidak usah mencoba karena memang bukan untuk orang manja.

Cara Menggunakan HelloMenu GUI Software Edit Skin Firmware Komentar

Azhar Shakeel

Link this tools????

04/08/19 11.22
Bowo Ekowidodo

Open other post

06/08/19 05.56
Anonim

Anonim

banyak kasus termasuk saya,hellobox 8 gambarnya bergaris&kaya vcd rusak,apa bisa diperbaiki om?

04/10/19 21.42