Satelit Indonesia - Cara Edit File Bin Tiger Aster Untuk Getmecom Super Plus

Cara Edit File Bin Tiger Aster Untuk Getmecom Super Plus

Satelit Indonesia update bagaimana cara membuat firmware receiver Tiger Aster S5000 agar bisa dipakai Getmecom HD009 Super Plus. Dibeberapa waktu lalu memang lumayan ramai dengan adanya firmware Tiger Aster S5000, Echolink Prime dan disusul 2 produk Echolink lainnya seperti Echolink Meraki, Echolink Alphavision Uno.

Dari beberapa receiver satelit parabola yang Satelit Indonesia sebutkan memang Tiger Aster yang menjadi rujukan untuk dioprek. Walaupun memang 4 receiver yang di sebutkan diatas sama saja caranya jika ingin digunakan di Getmecom Super + Plus. Hal itu karena ke empat receiver tersebut seidentik yang setahu Satelit Indonesia hanya berbeda pada customer ID dan boot logonya saja.

Cara Edit File Bin Firware Tiger Aster Untuk Getmecom Super Plus

Agar receiver Getmecom Super+ Plus bisa menggunakan firmware Tiger Aster S5000 dan yang seidentik, harus mengganti eprom dari 8MB ke 16MB atau lebih karena ukuran file firmwarenya 16MB. Jadi memang lumayan ribet bagi pemula, namun untuk yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda hal tersebut bukan jadi penghalang.

Sayangnya memang firmware Tiger Aster S5000 dan seidentik tidak bisa digunakan langsung dan harus edit lebih dulu. Untuk cara edit firmware receiver parabola Tiger Aster S5000 sebenarnya tidak sulit kalau sudah pernah mencoba beberapa tutorial tentang GX6605S ataupun GX6622 yang Satelit Indonesia posting. Jadi bisa dibilang untuk cara oprek sw receiver parabola Tiger Aster S5000 adalah pengembangan dari proses proses tersebut. Untuk cara edit firmware receiver parabola Tiger Aster S5000 seperti berikut

  • Download software Tiger Aster S5000 terbaru
  • Lakukan unpack firmware Aster S5000 tersebut dengan aplikasi GX6605
  • Ganti file BOOT. ini dengan boot loader yang cocok dengan Getmecom Super+ Plus 16MB. Kalau belum punya silahkan download di sini.
  • Lakukan repack firmware Tiger Aster S5000 dengan aplikasi GX6605 lagi.
  • Buat menyesuaikan remote, lakukan edit config remote dengan NCIT atau kalau terbiasa dengan unpack repack SquashFS lakukan pada file APP. bin, tinggal ganti keymap target dan juga beberapa file lain seperti widget.
  • Jika sudah jadi tinggal flashkan ke receiver, bisa lewat RS232. Kalau lewat USB Programmer, karena 16MB mungkin akan pilih pilih USB Programmer dan softwarenya, jadi cari saja versi software yang pas, kalau tidak ada tinggal ganti USB programmernya ( CH341A ).
  • Apabila proses flash firmware receiver sudah selesai tinggal di coba saja di Getmecom Super+ Plus

Cara Edit File Bin Tiger Aster Untuk Getmecom Super Plus Komentar