Satelit Indonesia - TV3 RTM Malaysia Hilang dari Measat 3 Pindah DVBT2

TV3 RTM Malaysia Hilang dari Measat 3 Pindah DVBT2

Satelit Indonesia update informasi mengenai channel satelit Measat 3 dan Measat 3A yang pindah ke TV Digital DVBT2. Kita tahu siaran TV3 Malaysia sudah lama ada di Measat 3 dan mungkin bagi pengguna receiver parabola sudah hafal frekuensi atau transpondernya. Begitu juga dengan RTM, yang ada di Measat 3A walaupun mungkin baru beberapa tahun ini bisa di buka karena memakai jenis acakan tandberg, berbeda dengan TV3 Malaysia yang memakai jenis acakan biss.

DVBT atau lebih di kenal TV Digital belakangan memang sedang menghangat lagi, terutama di Indonesia. Masih banyak yang berharap adanya ASO Analog Switch Off segera dilakukan. Selain akan menambah channel juga kualitas media menjadi lebih baik di banding analog, hanya saja memang di Indonesia masih berkendala. Berbeda dengan Malaysia yang sudah sukses dengan ASO nya.

TV3 RTM Malaysia Hilang dari Measat 3 Pindah DVBT2

Adanya ASO sepenuhnya di Malaysia diakhir bulan Oktober ini membuat TV analog di Malaysia mati semua beralih ke TV Digital. Karena terpusat maka channel channel yang akan bersiaran di DVBT2 Malaysia menjadi 1 sumber dan tidak memerlukan transmisi sendiri sendiri. Penggabungan beberapa channel dan rencana hingga 30 channel ada di MyTV freeview. Untuk itulah maka tidak diperlukan lagi feed buat transmisi masing masing, maka TV3, RTM yang biasanya ada di Measat 3 dan Measat 3A C Band tidak diperlukan.

Perpindahan ke DVBT2 inipun juga menambah kualitas video audionya yang dari SD menjadi full HD, maka akan tampil lebih baik. Untuk menikmati kembali channel TV3, RTM ini selain melalui DVB-T2 bisa juga menggunakan receiver MyTV yang combo, dan sudah di aktifkan untuk DVBS nya, walau nanti lumayan tinggi harganya. Untuk lock MyTV FreeView ada di Asiasat 9 Ku Band.

Selain MyTV FreeView ada di satelit Asiasat 9 katanya juga ada di ABS 2 C Band dan mungkin ini yang digunakan untuk feed, walau ada beberapa orang teman di Malaysia yang mengatakan kalau MYTV Freeview menggunakan jalur FO. Sayangnya untuk di ABS 2 simbol rate lebih dari 45000 KS/s, jadi Satelit Indonesia belum bisa menentukan benar atu tidaknya karena belum punya DVBcard buat analisa. Apalagi ada yang mengatakan kalau MyTV FreeView Malaysia di ABS 2 ini Multi Stream pun belum bisa dipastikan, bisa saja single stream walau SR diatas 45000.

TV3 RTM Malaysia Hilang dari Measat 3 Pindah DVBT2 Komentar