Satelit Indonesia - Cara Menggabungkan Ninmedia Dan Garmedia K Vision Measat 3A

Cara Menggabungkan Ninmedia Dan Garmedia K Vision Measat 3A

Satelit Indonesia update bagaimana menggabungkan ninmedia dan measat 3a dimana posisi ini ditempati K Vision, TransVision, Astro yang dapat di lock di Indonesia yang sebagian cukup mudah. Sebenarnya bahasan satelit yang bisa digabung dengan ninmedia dan sebaliknya ini sudah lama, namun ternyata masih pada bingung, entah karena kebanyakan membaca tanpa praktek atau ketakutan.

Sebenarnya cara menggabungkan ninmedia dan garmedia kvision di Measat 3A tidaklah sulit untuk wilayah Indonesia. Hal itu karena keduanya memang targetnya Indonesia jadi beamnya lumayan besar. Hanya saja memang untuk yang tidak berpengalaman atau sering mencoba coba dan membaca teori akan merasa kesusahan karena hanya dalam angan angan saja.

Cara Setting Receiver Lgsat Star Untuk Channel K Vision

Cara menggabungkan ninmedia dan kvision, TranVision, Astro ini sebenarnya sudah kita bahas sebelumnya, kalau pernah membaca tulisan Satelit Indonesia yang membahas bagaimana cara menggabungkan 2 LNB ku band kemungkinan sudah paham arah kita kemana. Namun kadang memang ada yang harus dituliskan detail satelitnya, walaupun langkah langkahnya sama.

Disini Satelit Indonesia akan sedikit membahas tentang cara menggabungkan lnb ninmedia dan measat yang ditempati Kvision, TransVision, Astro jalur ku band. Mungkin tidak terlalu detail, hal ini karena bisa dibilang menambahkan postingan menggabungkan 2 LNB ku band dan tracking satelit untuk pemula yang pernah kita bahas sebelumnya. Untuk itu kita langsung saja kepokok persoalan.

  • Siapkan paling tidak seperangkat parabola mini rekomendasi minimal 80CM, 2 LNB Ku Band, 1 DiseqC 4x1, 6 Konektor F dan Kabel secukupnya.
  • Pasang parabola mini dan pastikan mudah untuk tracking.
  • Posisi satelit ada di 91. 5E dan 98E. Rata rata di Indonesia dish menghadap barat, namun untuk wilayah Medan, Aceh hadap selatan.
  • Lihat posisi tracking untuk kearah satelit tidak ada halangan. Ini yang sering terjadi kesalahan, posisi satelit ada di barat, namun karena persepsinya ada halangan malah dish dihadapkan ke timur, yang terjadi dish mendatar dan menampung air hujan. Jika satelitnya di barat dan pasang dish hadap ke timur dan dapat sinyal berarti itu ke barat tidak terhalang, begitupun kalau ke barat tidak dapat sinyal ke timur apalagi kan posisi satelit ada di barat.
  • Jika dish menghadap barat atau timur, posisikan konektor LNB horisontal atau mendatar, kalau dish hadap utara ke selatan konektor LNB vertikal, atau tegak lurus. Untuk posisi lain menyesuaikan dan kata orang itu namanya skew LNB.
  • Pastikan tiap kabel tidak melalui diseqc lebih dulu namun dari LNB langsung ke receiver. Jadi untuk tracking gantian yang arah Ninmedia di Chinasat 11 dan K Vision, TransVision, Astro di Measat 3, 3A, 3B.
  • Melihat posisi target, Chinasat 11 dan Measat 3A dan dish menghadap ke barat maka yang dijadikan fokus adalah yang paling barat yaitu Measat 3A. Hal ini biar ngirit bracket LNB. Maka kita fokuskan mencari Garmedia K Vision lebih dulu.
  • Untuk pencarian masukkan transponder K Vision misalnya 12397 H 31000. Tinggal tracking sampai dapat sinyal maksimal, jangan lupa atur skew LNB. Jika dapat channel dengan polaritas beda ( V dan H ) misalnya 12397 V 31000 dan channel sama persis berarti skew LNB kurang pas, putar LNBnya sampai signal 12397 V 31000 hilang dan 12397 H 31000 tetap maksimal.
  • Jika sudah dapat sinyal K Vision, kencangin semua skrup dan bracket. Jangan sampai berubah walaupun kena angin maupun kesenggol.
  • Selanjutnya target Ninmedia di Chinasat 11. Posisinya ada di timur Measat 3A, dan dish menghadap ke barat maka posisi LNB untuk NInmedia ada di bawah LNB K Vision karena hanya selisih 6. 5 derajat maka dengan kelengkungan dish 80CM rata rata posisinya nempel.
  • Untuk pencarian silahkan memakai transponder 12500 V 43200, cari kualitas sinyal paling maksimal, sekalian posisi skew LNBnya. Biasanya selain nempel ke LNB Measat juga nempel ke tiang LNB nya jadi tinggal ditali saja yang kuat. Tapi kalau pakai LNB dual khusus sh tidak perlu repot buat bracket atau tali ke tiang LNB nya.
  • Jika kedua posisi LNB sudah mendapatkan sinyal masing masing target secara maksimal, tinggal pasang kabel di port tiap diseqc. Hapalkan posisinya, biat tidak mengulang ulang.
  • Kalau sudah tinggal instalasi ke receiver dan setting antena di receivernya.
  • Lakukan scan menurut selera saja.

Mungkin dalam bayangan pekerjaan bagaimana cara menggabungkan satelit ninmedia dan measat diatas mudah. Namun jika dikerjakan sendiri memang sangat mudah, walaupun sebagian orang akan sedikit kesulitan diawal. Tetapi jika sering mencoba akan sangat mudah dirasakan, buktinya ada yang hanya beberapa detik bisa lock, cuman didorong saja sih :v .

Cara Menggabungkan Ninmedia Dan Garmedia K Vision Measat 3A Komentar