Satelit Indonesia - Sinyal Dish Prime Focus dan Offset

Sinyal Dish Prime Focus dan Offset

Satelit Indonesia kali ini akan sedikit membahas konsep dasar dish prime fokus dan offset. Bagi sebagian orang yang sudah sering bergelut didunia satelit pasti sudah mengetahui hal ini dan pasti ilmu serta pengalaman lebih banyak. Jadi disini akan saya ulas sedikit saja tentang sinyal prime fokus dan offset pada dish parabola.

Disini memang disengaja menjadikan satu untuk LNB prime fokus dan LNB offset pada satu dish parabola full entah yang mesh ataupun solid. Konsep ini memang baru saya pahami setelah pengalaman sendiri menglock ST2 Ku memakai LNB Stargold SG 100 Ku Band Offset dengan dish mesh venus 7 ft hitam.

Untuk lebih jelas memahami bagaimana sinyal bekerja dish terhadap LNB prime focus dan LNB offset silahkan lihat di image ilustrasi berikut.

arah Sinyal Dish Prime Focus dan Offset
  1. Beberapa warna yang perlu di perhatikan
  2. Pink : adalah ilustrasi sinyal datang dari satelit
  3. Hijau : dish prime fokus dipotong menjadi dish offset
  4. Hitam + Hijau : dish prime fokus
  5. Merah : sinyal dari dish di teruskan ke LNB prime fokus
  6. Biru : sinyal dari dish di teruskan ke LNB offset
  7. Kuning : LNB prime focus
  8. Orange : LNB offset

Menurut pengalaman saya setelah mencoba untuk lock beberapa satelit ku band menggunakan lnb offset, untuk lock satelit di bagian barat saya menggunakan bagian barat dish. Sempat juga mencoba bagian timur dish namun hasilnya kurang maximal. Saya mencoba hasil tersebut untuk lock satelit ST2 Ku Band, Thaicom 5, Apstar 7 dan ada beberapa satelit lain di bagian barat yang bisa di lock namun memang kurang maximal karena memakai dish mesh atau jaring,

Itu tadi hasil pengalaman saya untuk proses lock satelit ST2 Ku band yang memang tujuan saya untuk bisa menyaksikan beberapa acara olah raga terutama liga Inggris dan Liga Jerman serta beberapa lagi kelihatannya di siarkan di satelit ini kalau tidak salah liga champions juga bisa di saksikan. Hal itulah yang memang menjadi semangat saya lock ST2 Ku dengan peralatan seadanya.

Sinyal Dish Prime Focus dan Offset Komentar