Satelit Indonesia - Jenis Kerusakan Receiver Parabola Berdasarkan Firmware

Jenis Kerusakan Receiver Parabola Berdasarkan Firmware

Satelit Indonesia update macam macam kerusakan receiver parabola berdasarkan sw. Kita tahu pasti jenis kerusakan pada receiver parabola sangat beragam dan banyak sekali penyebabnya. Mungkin dalam 1 receiver bisa mengalami berbagai kerusakan, bisa karena kesalahan sendiri ataupun penyebab lain.

Kali ini Satelit Indonesia akan sedikit membahas kumpulan kerusakan receiver parabola berdasarkan software yang dipakai. Kita kesampingkan jenis kerusakan receiver parabola karena masalah hardware agar lebih fokus saja dan tidak mengalami kebingungan apalagi dengan istilah istilah baru yang di baca dan dengar.

Jenis Kerusakan Receiver Parabola Berdasarkan Firmware

Berbagai kerusakan receiver parabola terutama dibagian firmware kebanyakan memang kesalahan pengguna, jarang sekali kerusakan pada receiver parabola di bagian firmware diakibatkan oleh faktor lain, paling biasanya hanya listrik yang tidak stabil saja selain faktor manusianya. Beberapa istilah kerusakan receiver digital parabola ini semoga bisa menjadi bahan untuk memulai dalam meperbaikinya.

Receiver Parabola Mati Suri

Istilah kerusakan receiver digital parabola Mati Suri pasti tidak asing lagi. Kerusakan receiver ini ditandai hanya led power saja yang menyala, malah kalau tidak ada led power seperti Getmecom Robocop seperti mati total, namun kalau led di balik akan menyala.

Receiver mati suri biasa terjadi karena kesalahan firmware yang sangat fatal, bisa karena kerusakan file atau sering disebut corupt, bisa juga karena salah upgrade menggunakan file firmware yang tidak semestinya seperti firmware receiver lain yang beda struktur, data ataupun firmwarenya benar namun ukurannya berbeda.

Receiver Satelit Mode On

Istilah kerusakan receiver parabola Mode On dipakai karena saat rusak dekoder masih menampilkan display ON di led depan. Kerusakan mode on ini hampir sama dengan kerusakan mati suri namun tidak terlalu parah. Biasanya boot loader masih bisa membaca namun tidak dapat membaca sistem. Kerusakan receiver parabola mode on ini, bisa karena firmware corupt, database user bermasalah, sistem rusak

Receiver Parabola Boot Loop

Istilah boot loop memang jarang digunakan di komunitas satelit, namun kalau komunitas smartphone pasti sering baca ini. Kerusakan receiver satelit parabola yang boot loop ditandai dengan, receivernyala sampai keluar boot logo kemudian restart sendiri, dan berulang ulang terus. Kerusakan boot loop biasanya terjadi karena resource firmware rusak, sistem rusak tidak terlalu parah masih terbaca, database rusak.

Receiver Hang

Istilah receiver hang dipakai saat receiver berhenti bekerja dan tidak bisa diapa apain lagi kecuali dimatikan paksa. Hang pada receiver bisa banyak sebab namun kebanyakan karena ada kejutan proses, entah listrik yang tiba tiba turun naik atau yang lain. Untuk kerusakan sendiri, biasanya ada di bagian database, dan resource, jarang sekali hang karena di bagian sistem, walau mungkin bisa dari bagian CA atau codec yang salah baca,

Boot Logo Warna Rusak

Mungkin anda pernah menemukan boot logo warna hijau, terpotong, itu jelas kesalahan file nya, bisa karena file nya terpotong karena terlalu lebar karena tidak sesuai properti di NCRC, bisa juga karena file nya cacat karena proses editing yang kurang benar, atau salah ukuran.

Teks Tak Terbaca

Sebenarnya bisa dibilang bukan kerusakan, namun karena tampil seperti bahasa mesin banyak yang mengira kerusakan. Masalah ini terjadi ketika jenis teks tak tersedia atau salah posisi dalam pembacaan properti yang ditampilkan.

itu tadi berbagai kerusakan receiver parabola berdasarkan firmware. Untuk cara mengatasi kerusakan receiver parabola seperti diatas paling ampuh dengan flash ulang bisa dari port USB, TTL / RS232, eeprom langsung. Untuk yang masih bingung atau mau menambahkan silahkan diskusikan dikomentar.

Jenis Kerusakan Receiver Parabola Berdasarkan Firmware Komentar

Ello The Vengeance

Min,, RX sy merk Tanaka T21
kalau di aktifkan muncul tulisan SH di RX, kira2 apanya yg bermasalah dan cara membenahinya gimana??

10/08/17 23.32
Bowo Ekowidodo Sragen

Belum pernah punya Tanaka T21 jadi belum ngerti kenapa :D

15/08/17 06.45
bangkitz

megatasi yg bootlop gmn min?

21/09/17 14.43
Bowo Ekowidodo Sragen

Bisa dengan flash lewat USB TTL/ RS 232 atau dari eprom langsung pakai Usb programmer

22/09/17 05.57
sukarno marno

Receiver gardiner 88 hd, gambarnya macet macet,sdh pernah tak upgrade tp masih sama,gmn cr ngatasinya min?

06/04/18 07.21
Bowo Ekowidodo Sragen

Perbaiki lagi kualitas sinyalnya.

07/04/18 07.47
Anonim

Anonim

Admin,, mau tanya kenapa rx matrix pada posisi on tapi kabel dari lnb belum di pasang.. intensitas dan kualitas sinyal sudah ada muncul.. mksh

09/05/18 17.40
Bowo Ekowidodo Sragen

Berarti receivernya canggih...

10/05/18 06.22
Amran WTN

Ijin gan, kalau masalah pada no 1 (mati suri/hanya led power yg nyala, apa solusinya gan..?
Mohon petunjuk.
Thks.

16/05/18 20.36
Bowo Ekowidodo Sragen

Cari penyebab masalahnya dulu, kalau cuman sekedar software ya di hard flash, kalau hardware ya yang rusak diganti.

17/05/18 14.25
Tori Tita

Kalau pada waktu nyecan otomatis,baru dapat beberapa persen lalu tiba2 hang/berhenti&pd waktu mencet chanel yg low sinyal jg tiba2 hang.,masalah pada apa nya ya?trim sebelumnya

25/05/18 12.39
Bowo Ekowidodo Sragen

Bisa karena database penuh, crash atau listrik yang tidak stabil

25/05/18 18.32
Ridwan Critis Slalu

Gan, kalau matrix big burger hd mati total setelah up grade sw yang saya download dari forum fb satelit indonesia ada cara untuk kembali normal?

23/06/18 17.38
Unknown

Cara megatasi chanel cnc, cnt, mytv dan lain2 di satelite apstar 6 sering dapat signal lama2 langsung coid..
Ganti recived ehh malah kaga apa2..
Itu kenapa yah??

23/06/18 22.15
Bowo Ekowidodo Sragen

Ridwan Critis Slalu, bisa dengan hard flash , jepit cabut eprom atau via rs232

24/06/18 05.23