Satelit Indonesia - Pengaturan Antena Parabola Matrix Burger S2 K0S K5S

Pengaturan Antena Parabola Matrix Burger S2 K0S K5S

Satelit Indonesia update bagaimana setting antena matrix burger S2 ataupun keluarga K0S ataupun Matrix Burger K5S. Generasi receiver satelit tersebut sama karena memiliki OSD yang sama pula. Jadi kemungkinan sangat besar karena memiliki OSD sama fitur dan tata letakpun sama saja walau support tuner berbeda.

Kali ini Satelit Indonesia fokus pada apa saja yang ada di menu Instalasi Satelit yang berguna dalam pengaturan antena matrix burger s2 tersebut. Bagi yang sudah sering megang receiver parabola sepertinya bahasan kali ini bisa di skip namun kalau mau membaca silahkan saja.

Pengaturan Antena Parabola Matrix Burger S2 K0S K5S

Dalam menu instalasi antena parabola matrix burger s2 ini ada komponen penting yang menyesuaikan hardware didalamnya. Sebut saja seperti Diseqc, 22K, dan pengaturan lain. Untuk itu kita akan sedikit menyinggung beberapa hal yang ada di pengaturan antena parabola matrix burger s2 ini. Untuk masuk ke menu ini silahkan masuk Menu terus pilih menu Instalasi dan tekan Ok di remote.

Daftar Satelit

Pada bagian Satelit ini memuat berbagai nama satelit dan derajatnya. Untuk nama satelit tidak berpengaruh pada channel ataupun sistem mau nama apun sama saja, hanya saja direkomendasikan nama yang benar agar mudah dalam mengenalinya. Yang berpengaruh adalah derajat satelit, ini ada hubungannya dengan autoroll powervu, auto biss key, scam. Jadi derajat satelit harus benar. Silahkan buka tulisan posisi derajat satelit parabola.

Pengaturan Satelit

Kita menginjak di bagian pengaturan tiap satelit. Pengaturan satelit ini sangat penting, kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal, bisa tidak dapat sinyal ataupun salah satelit. Ada beberapa hal di dalam pengaturan satelit ini yang perlu diperhatikan seperti berikut.

LNB Freq

Pilihan ini untuk menyesuaikan LNB yang kita pakai. Jadi pemilihan LNB freq sesuaikan dengan spesifikasi LNB. Namun secara garis besar biasanya ada C Band di 5150, Ku Band Universal 9750-10600, S Band di 5150. Untuk S Band memang numpang di frekuensi c band karena untuk frekuensi S Band di 3620 tidak tersedia. Intinya LNB Freq ini menyesuaikan dengan LNB yang dipakai

.

TP

Di pilihan ini akan dipakai buat daftar transponder yang ada di satelit. Ini tidak terlalu penting kecuali kita memanfaatkan buat tracking. Jadi tidak perlu memilih apapun di pilihan TP ini, kalaupun ingin memanfaatkan buat tracking mending dibagian daftar transponder.

DiSEqC1.0

Pilihan diseqc ini lebih khusus buat pemakai multi LNB yang maksimal hanya 4 input port. Jadi menyesuaikan dengan diseqc yang dipakai. Tidak ada kekhususan port 1 di tempati satelit tertentu. Hanya saja pemilihan harus menyesuaikan dengan satelit target yang masuk ke portnya. Kalau salah isi channel bisa beda dan membingungkan. Misalnya nama satelit Palapa D malah isinya Telkom 3S.

DiSEqC1.1

Pilihan diseqc ini untuk yang menggunakan paling tidak 16 port. Sebenarnya fungsi sama saja dengan diseqc1. 0 hanya saja berbeda di support banyak portnya. Dan cocok digunakan untuk pemakai lebih dari 4 port di diseqcnya.

22K

Pilihan switch ini digunakan untuk yang memakai switch 22K, kalau tidak pakai ya mending di OFF kan. Misalnya hanya pakai diseqc 4x1 tanpa switch 22K, pilihan ini OFF namun kalau memakai 22K entah masuk diseqc ataupun langsung karena cuman dua LNB ya wajib diatur, mana untuk OFF mana untuk ON. Kalau pakai dan tidak diatur bisa salah jalan locknya.

Polaritas

Pilihan ini untuk target lock polaritas. Jadi mau lock semua ya auto saja kalau hanya vertical pilih V atau horisontal pilih H. Sangat cocok untuk satelit yang hanya beamnya 1 polaritas saja.

Pengaturan

Menu ini untuk membuka pengaturan motor dan usals. Kita tidak dapat menuliskan detail karena terlalu banyak hal. Namun untuk pemakai actuator yang pingin otomatis memang harus setting di pengaturan ini terutama di DiSEqC 1.2

Cari Tunggal

Menu ini untuk pencarian hanya satu satelit terpilih saja. Jadi sebelum menggunakan menu ini di bagian satelit mesti terpilih dan di centang. Baru lakukan scaning satelit target untuk mendapatkan channel.

Cari Banyak SAT

Sama seperti menu Cari Tunggal hanya saja ini untuk multi satelit dengan pengaturan pencarian yang sama. Sangat cocok untuk pemakai banyak LNB, dan tidak ccok untuk pemakai satu LNB.

TP

Menu ini untuk membuka daftar transponder satelit terpilih.

Tambah, Ubah, Hapus, Pilih Semua

Menu ini untuk mengedit daftar satelit yang ada. Silahkan dipilih sesuai keinginan. Terkhusus pilih semua ini hanya membantu untuk memilih dan menghilangkan pilihan di semua daftar satelit.

Sampai disini beberapa menu di pengaturan antena parabola matrix burger S2 sepertinya sudah sedikit disinggung. Kalau ada yang mengalami masalah silahkan diskusikan dibagian komentar saja.

Pengaturan Antena Parabola Matrix Burger S2 K0S K5S Komentar

mr.ry

Klo daftar satelit apa memang gak bisa diurutkan sendiri ya mas ?

27/03/18 10.40
Hondi Sumenep

knpa kok se

27/03/18 11.39
Bowo Ekowidodo Sragen

Mr.Ry, sangat bisa

31/03/18 11.25
mr.ry

Caranya gimana mas selain harus hapus semua daftar satelit trus susun dari awal ?

01/04/18 07.19
Bowo Ekowidodo Sragen

Backup preset, terus di edit pakai software bin2db dan di ubah lagi, kemugian satukan lagi dengan firmwarenya. Untuk ini bagi yang masih awam sangat riskan :D

04/04/18 12.58
Anonim

Anonim

Saya gunain matrix burger s2 kok susaj bner setingan nya

26/04/18 16.04
Bowo Ekowidodo Sragen

Dipahami saja fitur fiturnya, sepertinya ndak ada yang susah.

26/04/18 18.45
Marsel

Marsel

Mas saya pake burger s2 mau lock chinasat 11 ninmedia, settingnya sih udh sama kayak di tutorial2 di internet..
dapat intensitas sinyal 60 tapi kok kualitasnya 0 yah?? udah di arahin ke arah barat udah di putar tapi tetap ngk ada kualitasnya
posisi di sulawesi utara
pke dish bekas indovision, lnb ku band matrix MKII

03/07/18 18.10
Bowo Ekowidodo Sragen

Tracking dengan sabar, pastikan konektor LNB mendatar, dan perhatikan transponder nya sudah benar apa belum. Pergerakan parabola saat mencari sinyal dikit dikit saja

04/07/18 07.21
Aminudin fajrin

Aminudin fajrin

Pak marsel : tentukan dulu azimut (arah mata angin) nya satelit chinasat 11 ada di arah mana dari lokasi anda kencangkan baut posisinya, setelah itu cari elevasi nya (naik turun nya). Semoga membantu.

06/07/18 20.20