Satelit Indonesia - Cara Mengatasi Sinyal Hilang Setelah Upgrade Firmware

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Setelah Upgrade Firmware

Satelit Indonesia update bagaimana cara memperbaiki sinyal hilang habis upgrade receiver parabola. Tips ini untuk pemula yang baru tahu tentang receiver satelit parabola dan mungkin juga pengguna lama yang sebelumnya hanya sekedar nonton tidak pernah mau mencoba setting decoder parabola yang dipakai.

Masalah setelah di upgrade sinyal hilang itu ternyata dialami banyak orang dan tidak sedikit yang kebingungan. Hal ini wajar karena memang kebanyakan masih pemula jadi belum terbiasa dengan setting setting tertentu. Cara mengatasi sinyal hilang habis upgrade ini sebenarnya mudah, yang sulit adalah menentukan apa yang menyebabkan receiver parabola tersebut hilang sinyal.

Selain masalah hardware ternyata setelah di upgrade sinyal hilang ini juga karena kesalahan firmware atau SW. Untuk hardware coba cek satu persatu perangkat parabola, pastikan tidak bermasalah atau ada yang rusak dan arah satelit sudah benar. Untuk firmware pastikan kalau yang dipakai upgrade itu SW yang benar, tidak corupt ataupun malah firmware untuk receiver lain.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Setelah Upgrade Firmware

Masalah selanjutnya adalah kesalahan setting port switch ataupun diseqc. Contoh kasus misalnya, scan Asiasat 7 keluarnya channel channel Palapa D, atau scan Asiasat 7 keluar Palapa D atau Telkom 3S. Masalah ini bukanlah hal sulit namun banyak yang membuat kesalahan dan bingung malah ada yang menganggap firmwarenya bermasalah. Untuk cara mengatasi sinyal hilang setelah upgrade yang mendapati masalah ini adalah dengan menyeting pengaturan antena terutama dibagian port diseqc dengan benar.

Misalnya pakai DiseqC 4x1 dan memakai 4LNB. Mencoba scan Palapa D, tapi yang keluar Telkom 3S. Berarti ada kesalahn pemilihan port diseqc.

  • Masuk Menu dan masuk Instalasi
  • Masuk Pengaturan Antena dan pilih satelit Palapa D
  • Lihat dibagian DiseqC 1.0
  • Jika terpilih port, misal 1 maka Telkom 3S memakai Port 1.
  • Pilih Satelit Telkom 3S, setting DiseqC 1.0 ke port 1.
  • Balik lagi ke pengaturan satelit Palapa D. Karena Port 1 adalah milik Telkom 3S maka jangan di pilih.
  • Misalnya Pilih Port 2 untuk Palapa D, simpan dan lakukan scan lagi
  • Jika channel sudah Palapa D maka, port 2 adalah milik Palapa D.
  • Begitu selanjutnya untuk satelit lain.

Bagi pengguna Switch 22K, biasanya yang memakai 2 LNB caranya hampir sama tetapi bukan di DiseqC 1.0 namun di bagian Switch 22K. Untuk pengaturan Switch 22K lebih enak dibanding Diseqc 4x1 karena hanya 2 LNB dan 2 Pilihan.

  • Scan Satelit Palapa D, jika keluar channel Telkom 3S berarti ada yang salah dengan pemilihan 22K nya.
  • Jika terpilih ON berarti On untuk Telkom 3S dan OFF untuk Palapa D.
  • Tinggal setting saja ON OFF nya untuk tiap satelit.

Pemilihan port ini bisa juga dilakukan tanpa scan, hanya dengan memilih transponder yang aktif di tiap satelit, maka ada hal lain yang harus dilakukan ketika firmware terupdate tidak menyertakan transponder atau kosong, yaitu memasukkan transponder tiap satelit. Tapi kalau memang tidak kosong, langsung saja

  • Memilih transponder di pengaturan antena, dan tidak ada kesamaan transponder di satelit lain, agar mengurangi masalah.
  • Pilih port diseqc atau 22K on off.
  • Kalau ada sinyal berarti posisi port sudah benar.
  • Lakukan disemua satelit yang di lock.

Sebenarnya cara mengatasi sinyal hilang saat upgrade firmware receiver itu bukanlah hal sulit apalagi kalau hanya sebatas firmware. Karena kebanyakan masalah itu timbul dari kesalahan sendiri, apalagi jika sesama pengguna receiver dan firmware yang sama hanya kita yang bermasalah maka yang salah ada di kita sendiri, namun tidak sedikit yang menyalahkan firmwarenya.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Setelah Upgrade Firmware Komentar

Thohir

Mohon pencerahan Om Admin.
Saya pakai 6 lnb dg diseqs 8x1
Setting diseqs 1.1 sbb :
Port 1 palapa, P2 AS7,P3 AS5, P4 indomie, P5 Ninmedia dan P6 thaicom 5
Kalau pertama kali rx on selain channel Ninin, semua sinyal bagus. Tetapi begitu pindah channel ke ninin, semua channel satelit lain hilang (0%),baik intensitas maupun kualitas, hanya channel ninin yg ada

Itu terjadi di rx mb2 k5s,Matrix Sinema up sw terbaru.
Utk RX skybox, freesat v8 ga ada masalah (channel semua satelit bagus)
Kira2 apa yg salah. Maaf terlalu panjang. Thank u

07/06/18 22.18
Bowo Ekowidodo Sragen

Itu sudah jelas kan .. berarti receiver K5S, Sinema ndak cocok buat 8x1.

08/06/18 05.46
Anonim

Anonim

Min saya baru upgrade sw tanaka t21 new samurai tp setelah itu chanel di satelit asiasat hilang ya? Kalo di palapa d sama telkom masih lengkap.
Saya harus gimana ya min.
Maaf min saya masih awam,

23/06/18 19.28
rizal palu

recifer sy merk matrix garuda merah, satelit palapa telkom asiasat chinasat bisa tertangkap tapi kualitas sinyal hanya 69 persen, satelit lainnya tidak terdeteksi, padahal udah pakai motor.. mohon solusinya admin.

18/07/18 13.46
Bowo Ekowidodo Sragen

Posisi azimutnya belum tepat, coba baca baca cara pasang actuator.

18/07/18 19.27