Satelit Indonesia - Cara Tracking Satelit Ses 9 Ku Band Matrix Garuda TV

Cara Tracking Satelit Ses 9 Ku Band Matrix Garuda TV

Satelit Indonesia update bagaimana cara lock satelit ses 9 kuband untuk mendapatkan Matrix Garuda Ku TV. Beberapa kali memang Satelit Indonesia medapatkan pertanyaan bagaimana cara menggabungkan satelit chinasat 11 dan ses 9 dalam 1 dish memakai 2 LNB. Hanya saja memang waktu yang belum ada untuk menulis cara mencari satelit ses 9 bersamaan dengan Ninmedia chinasat 11.

Sebenarnya cara trecking ses 9 ku band di gabung dengan ninmedia sama saja dengan tulisan Satelit Indonesia yang menulis cara menggabungkan Ninmedia dengan SMV TV hanya saja karena posisi berbeda maka kemungkinan masih ada yang bermasalah apalagi tidak memiliki dasar pembacaan arah sinyal satelit terutama di dish mini parabola atau odu.

Cara Tracking Satelit Ses 9 Ku Band Matrix Garuda TV

Namun kali ini kita akan membahas cara tracking satelit ses 9 ku band dan tidak perlu di gabung dulu dengan satelit lain yang berdekatan semisal Chinasat 11, Measat 3A, Thaicom 4 atau malah JCsat 4B. Jadi kita bisa fokus bagaimana cara mencari satelit ses 9 tersebut agar mengurangi kebingungan yang ingin tracking dan mendapatkan Matrix Garuda TV Ku.

Yang perlu dipersiapkan untuk cara treking ses 9 ku band ini adalah seperangkat antena parabola dan receiver satelit. Untuk receiver satelit usahakan yang memang bisa untuk tracking, mudah dalam pembacaan sinyal dan usahakan sudah DVBS2 hindari pemakaian MPEG2 karena rata rata DVBS. Kalau memang sudah siap tinggal pasang semua perangkat dan siap untuk tracking.

  • Perhatikan data posisi satelit SES 9, yaitu di 108. 2BT. Berarti hampir searah dengan Bandung atau Belitung, kalau posisi pas nya diatas laut China Selatan atau Laut Natuna Utara.
  • Cari data posisi dimana kita tracking, hal ini untuk menentukan arah dish. Misal Jakarta itu 106BT, 6 LS maka arah dish adalah ke Utara agak ketimur dikit, berbeda dengan di Aceh 95BT 5LU, maka arah dish ke timur agak selatan dikit.
  • Jika sudah mengetahui posisi, maka posisikan dish parabola dan nyalakan receiver untuk tracking. Makin dekat dengan 108. 2BT / 108. 2E maka posisi dish makin mendatar, dan semakin jauh maka makin tegak lurus.
  • Masukkan transponder Matrix Garuda KU di SES 9 contohnya 11101 V 45001
  • Setting antena untuk satelit ses 9 ku band, sesuaikan dengan spesifikasi LNB yang dipakai. Kalau universal biasanya pakai frekuensi LNB 9750 - 10600 MHz, namun tidak semua LNB begitu.
  • Jika sudah keluar intensitas sinyal, untuk dish parabola yang mengarah keutara, posisi konektor LNB tegak lurus namun untuk yang mengarah ke barat atau timur konektor LNB mendatar.
  • Kendorkan skrup mounting dish agar bisa bergerak.
  • Gerakkan sedikit demi sedikit jangan terlalu cepat karena sinyal KU Band sensitif tidak seperi cband.
  • Jika kualitas sinyal sudah ketemu, agak kencangin skrup mounting dan maksimalkan sinyal
  • Jika merasa sudah maksimal, kencangin semua skrup dan longgarkan skrup bracket LNB.
  • Putar sedikit demi sedikit LNB cari kualitas sinyal yang paling bagus.
  • Jika sudah kencangin skrup bracket LNB
  • Lakukan blind scan pada posisi tersebut, kalau memang sudah sesuai harapan berarti pekerjaan sudah selesai.

Sampai disini semoga tulisan cara tracking satelit ses 9 ku band bisa membantu untuk yang ingin mencari satelit ses 9. Setiap orang memang kemungkinan cara berbeda tapi inti dari tracking satelit sama saja, bagaimana mengarahkan posisi arah dish ke satelit yang tepat. Namun kalau memang ada yang masih bermasalah silahkan diskusikan di komentar.

Cara Tracking Satelit Ses 9 Ku Band Matrix Garuda TV Komentar