Satelit Indonesia - Cara Flash Receiver Chipset Guoxin Dengan RS232 di PC

Cara Flash Receiver Chipset Guoxin Dengan RS232 di PC

Satelit Indonesia update bagaimana menggunakan GXdownloader untuk flash decoder parabola di komputer melalui port RS232 di kombinasikan dengan port USB receiver. Sebenarnya cara flash receiver dengan pc memakai GXdownloader sudah pernah satelit indonesia bahas namun memang baru sebatas lewat serial. Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara flash ulang receiver parabola chipset Guoxin melalui USB.

Di Indonesia, receiver yang memakai guoxin sudah lumayan banyak dan penggunaan GXdownloader sebagai loader memang sangat penting apalagi jika receiver mati suri karena kesalahan firmware. Mungkin sebagian orang akan memilih cara flash ic eeprom receivernya karena lebih universal dibanding cara flash receiver lewat rs232 karena terlalu ribet, cuman memang resikonya lebih minim di banding flash eprom yang kebanyakan harus cabut ic.

Namun untuk kali ini kita akan fokus pada cara flash receiver dengan rs232 memakai GXdownloader dan port usb receiver. Untuk cara membuat kabel rs232 untuk flash receiver ataupun lewat serial pernah beberapa kali Satelit Indonesia bahas seperti pada Tanaka Komodo, Getmecom HD009 Super+, Matrix Burger S8 HD dan ada juga ebook cara memakai GXdownloader buat GX6605S.

Cara flash ulang receiver parabola chipset guoxin menggunakan RS232 pakai USB sebenarnya sangat mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan lewat serial. Namun masih sedikit yang menggunakannya, bisa karena menganggap ribet karena memerlukan flashdisk atau penyimpan lain, atau mungkin karena memang belum tahu. Untuk yang ingin mencoba bagaimana cara flash receiver dengan pc di guoxin lewat RS232 dan USB port silahkan lakukan langkah langkah berikut

  • Simpan firmware di media penyimpan seperti flashdisk
  • Beri nama firmware yang mudah di hafal.
  • Colokkan flashdisk ke receiver dalam keadaan mati
  • Instalasi kabel RS232 dengan receiver.
  • Buka software GXdownloader
  • Pilih Chip Type dan Boot File sesuai dengan receiver yang ingin di flash
  • Pilih Serial Port sesuai port RS232 yang akan digunakan untuk flash
  • Untuk mode pilih usbdown, dan bagian section tinggal pilih sesuai keinginan apa yang akan di upgradekan. Namun biasanya All apalagi kalau receiver mati suri atau yang bermasalah sw nya.
  • Input file, tulis nama file yang kita simpan tadi di flashdisk berserta extensinya.
  • Jika dirasa sudah benar tekan button Star, lihat di bagian log. Jika ada error perbaiki apa kesalahannya. Kalau memang sukses maka proses akan berlanjut hingga Erase dan write flash.
  • Jika sudah muncul pesan komplit, matikan receiver.
  • Cabut kabel RS232, dan flashdisk kalau memang tidak diperlukan lagi
  • Jika sudah menyala dan normal berarti proses flash receiver sudah selesai.

Sampai di sini Satelit Indonesia berharap tidak ada lagi yang kebingungan bagaimana cara flash receiver dengan rs232 pada chipset guoxin di USB. Namun kalau memang masih ada yang bermasalah dengan cara flash sw guoxin ini silahkan diskusikan di komentar.

Cara Flash Receiver Chipset Guoxin Dengan RS232 di PC Komentar

Husin Idham

lgsat bigbang guoxin mata merah flash nya pakai kabel apa mas?

27/08/19, 14.49
Bowo Ekowidodo
03/09/19, 05.26
kurniasat

apakah cara ini berlaku buat reciver gol guaxin juga gan???

18/12/19, 11.00
Bowo Ekowidodo

Harusnya sih berlaku, tapi saya belum pernah nyoba.

23/12/19, 04.59
Unknown

Jd ini rs232 pasang di computer. Dan kabel usbnya pasang di reciver yg panel depan atau belakang admin?

06/02/21, 09.55