Satelit Indonesia - Cara Merubah Bahasa di Receiver Chipset Guoxin GX6605S

Cara Merubah Bahasa di Receiver Chipset Guoxin GX6605S

Satelit Indonesia update bagaimana cara mengubah bahasa di receiver yang memakai chipset Guoxin GX6605S sendiri dengan mudah. Kali ini kita melanjutkan belajar membuat atau mengedit skin receiver Guoxin GX6605S. Kali ini kita fokuskan pada bahasa, disini biasanya pada bermasalah bagaimana bisa mengganti bahasa OSD receiver seperti yang di inginkan.

Bahasa OSD memang sangat penting, hal itu untuk mempercepat memahami fitur dan menu yang tampil. Apalagi untuk orang orang yang sangat minim pengetahuan bahasanya, dimana memahami bahasa Inggris pun memerlukan waktu apalagi jika harus membaca bahasa arab, rusia atau yang lain. Maka terjemahan bahasa lokal maupun nasional tempat kita edit sangat diperlukan.

Sayangnya memang kita tidak leluasa kalau tidak memiliki akses menuju kernelnya. Biasanya default bahasa kalau receiver bukan untuk lokalan adalah bahasa Inggris. Tapi dengan sedikit trik, maka kita dengan mudah menyusupkan bahasa kita sendiri dan bisa masuk dalam receiver. Posisinya masih sama yaitu bagian root atau kadang tertulis app.

Cara Menyimpan Gambar Hasil Photoshop Theme Receiver

Seperti yang sudah Satelit Indonesia singgung di postingan terdahulu, bahasa memakai file xml dan biasanya ada di folder language. Di folder language ini ketersediaan file xml mengikuti kebutuhan sistem. Jadi misalnya sistem di kernel hanya membutuhkan dua bahasa, walaupun kita tambahkan file bahasa lain tidak akan di load. Jadi cara merubah bahasa di receiver ini hanya dari mengganti bahasa yang sebelumnya sudah ada, kalau proses menambahkan belum ketemu caranya, kalaupun ada nanti kita bahas lagi.

Bahasa dalam skin receiver parabola ini ada beberapa bagian, dari data, deklarasi dan setting. Untuk bagian xml yang memuat data bahasa atau bisa di bilang translatenya harus sesuai format. Kita tidak bisa asal asalan membuat. Untuk format penulisan bahasa di skin receiver satelit parabola guoxin GX6605S seperti berikut

  • <font>[Nama Setting]</font>
  • <tran id="[Bahasa]">[Terjemahan]</tran>

Bagian elemen font ini untuk mengatur teks default sebagai nama pengaturan dibagian setting font xml. Bagian elemen tran untuk nilai atribut id itu adalah bahasa default dari sistem kernel, jadi jangan diedit sesukanya, berbeda dengan bagian nilai elemen atau teks nya merupakan terjemahan dalam bahasa yang kita buat. Contoh penggunaan data xml

  • <font>font_prog</font>
  • <tran id="Installation" >Instalasi</tran>

Langkah langkah untuk merubah bahasa di receiver parabola melalui skin bisa dengan mengganti data bahasa. Misalnya ingin merubah bahasa Farsi menjadi Indonesia, maka bisa buka file xml Farsi dan ganti nilai elemen sesuai terjemahan atribut id sesuai bahasa target. Jangan lupa untuk mengganti terjemahan bahasa, dari Farsi ke Indonesia agar di OSD nantinya tidak tertulis Farsi, tapi Indonesia.

Cara lain bisa juga tanpa mengganti data pada file xml bahasa, namun menambahkan file bahasa. Jadi dengan begitu kita tidak terlalu mengganggu file bahasa yang ada di folder language. Cara mengubah bahasa di receiver dengan cara ini lakukan sebagai berikut

  • Buka folder language
  • Salin file bahasa target ke folder tersebut misalnya Indonesia.xml .
  • Kalau sudah bertambah, buka file i18n.xml
  • Cari bahasa yang ingin di ganti, misalnya Farsi, maka nilai elemen dengan atribut Farsi diganti Indonesia.xml
  • Simpan file i18n
  • Buka tiap file data bahasa dan ganti nilai elemen atribut Farsi dengan Indonesia, biar nanti di pilihan bahasa OSD tampil Indonesia.
  • Simpan tiap file tersebut.

Sampai disini kita sudah bisa mengubah bahasa di receiver chipset Guoxin GX6605S. Langkah selanjutnya adalah menentukan bahasa default, mau bahasa yang kita edit atau bahasa lain seperti bahasa Inggris. Yaitu dengan membuka file default.xml theme dan ganti dibagian group language, pada osd language dengan nilai sesuai bahasa target. Kalau sudah tinggal mencoba saja, namun kalau masih bermasalah silahkan coba coba sampai bisa.

Cara Merubah Bahasa di Receiver Chipset Guoxin GX6605S Komentar