Satelit Indonesia - Cara Membuat Server TV Streaming Sendiri dengan TranEdit

Cara Membuat Server TV Streaming Sendiri dengan TranEdit

Satelit Indonesia update bagaimana cara membuat server streaming sederhana dengan trans edit dari parabola maupun uhf digital. Streaming sekarang sudah biasa dan mungkin setiap hari dilakukan, hal itu dikarenakan kecepatan internet yang sudah cepat dan lebih stabil. Namun memang tidak semua wilayah memperoleh koneksi tersebut. Untuk itulah kadang orang ingin membuat server streaming sendiri walaupun cukup memanfaatkan jaringan lokal entah via wifi atau LAN.

TransEdit adalah software tv digital untuk analisa ts stream. Di versi barunya, TransEdit telah dilengkapi fitur streaming dimana bisa di jadikan server. Namun sepertinya tidak bisa multi client jadi hanya satu client saja yang bisa mengaksesnya tidak seperti dvbdream yang bisa banyak user pengakses servernya dalam waktu yang sama.

Walau begitu tidak ada salahnya untuk mencoba setting TransEdit untuk membuat server streaming sendiri. Siapa tahu suatu ketika butuh, saat lagi nonton acara bagus dan tak ingin ketinggalan acaranya tetapi ingin ke toilet. Dengan begitu kita bisa akses server tv streaming sendiri dari toilet menggunakan hp tanpa harus kehilangan kuota internet yang kadang koneksinya tidak stabil. Untuk yang ingin setting server tv streaming sendiri menggunakan TrandEdit lakukan langkah langkah berikut.

  • Instalasi DVBcard seperti biasa
  • Nyalakan komputer
  • Buka software TransEdit versi 4.2 keatas, kalau belum punya silahkan downlaoad dan jangan lupa install juga DVBViewer full version agar fitur TransEdit bisa maksimal
  • Jika sudah terbuka pastikan DVBcard sudah terdeteksi, lihat bagian menu setting hardware.
  • Kalau memang sudah cek dibagian menu Setting, pada tab menu Analyzer
  • Lihat bagian server, ada beberapa pilihan seperti Protocol, IP Address, Port. Pilih sesuai keinginan untuk Protocol, untuk keterangan masing masing silahkan googling. Namun kali ini pilih HTTP saja
  • Bagian input IP Address, silahkan di ganti sesuai IP Adress PC. Gunakan command ipconfig di Command Prompt kalau tidak tahu IP Address nya.
  • Untuk bagian port biarkan saja 5018
  • Kalau sudah simpan dengan tekan button Save, dan tutup saja.
  • Pilih satelit dan transponder yang ingin di streamingkan
  • Lakukan analisa dengan klik kanan dibagian daftar transponder pada target tp dan pilih menu Analyze
  • Jika sudah sukses, pilih service yang akan di streamingkan atau all service. Hanya saja untuk all service hanya akan di support pada player yang bisa demux seperti VLC Player di bagian menu Playback Program. Kalau tidak support akan terpilih service teratas.
  • Tekan button Star Streaming nanti akan berubah jadi Stop Streaming kalau memang sudah berjalan.
  • Tinggal buka player, dan buka url streaming sesuai ip address dan port yang kita settign di atas.
  • Jika sudah terbuka berarti pekerjaan sudah selesai.

Itu tadi bagaimana cara setting server tv streaming sendiri menggunakan transedit. Sayangnya selain keterbatasan user juga hanya bekerja untuk channel FTA saja. Namun semuanya memang perlu dicoba karena kita tidak tahu kapan membutuhkan fitur ini. Bagi yang masih mengalami masalah dengan tutorial ini silahkan diskusikan di komentar atau lihat video di channel Youtube Satelit Indonesia kalau sempat membuat.

Cara Membuat Server TV Streaming Sendiri dengan TranEdit Komentar

A-peace

Nyimak waelah

24/09/19, 07.27
grentongan

bisa dijabarkan perangkat yg dibutuhkan apa saja

27/01/20, 21.19
Bowo Ekowidodo

DVBcard, komputer, TransEdit

08/02/20, 08.29
Oprekan

Untuk DVBCard nya menggunakan seri atau merk apa?

11/02/20, 00.14
Bowo Ekowidodo

Rekomendasi pakai TBS, atau sekalian TBS streaming.

05/03/20, 06.16
Ahmad

Apakah bisa membuat Server TV kabel dengan pc? Yang nantinya disalurkan menggunakan transmitter Fiber optic, Dan diterima dengan optic receiver Dan dirubah menjadi RF untuk

13/07/20, 22.16
Bowo Ekowidodo

PC hanya ngolah kontennya saja.

16/07/20, 06.34