Satelit Indonesia - Lebih Mudah Pasang Antena Parabola atau UHF Biasa

Lebih Mudah Pasang Antena Parabola atau UHF Biasa

Pemasangan antena UHF dengan antena parabola sering menjadi perdebatan di group TV digital dan keduanya memang punya alasan masing masing dan tidak mau mengalah karena memakainya. Namun untuk yang memakai keduanya biasanya hanya diam dan tertawa. Sebenarnya apa memang pasang antena UHF pasti lebih mudah dibanding pasang antena parabola ?

Satelit Indonesia sendiri memakai keduanya dan bisa pasang sendiri untuk antena UHF ataupun antena satelit parabola. Bisa dirasakan memang lebih mudah memasang antena UHF dibanding antena parabola, namun kebanyakan memang lebih sering memakai antena parabola dibanding dengan antena UHF nya karena UHF minim channel walaupun sekarang sudah digital. Untuk membandingkan keduanya maka target channel adalah TV swasta nasional.

Berdasarkan sinyal yang tersedia, untuk daerah yang memiliki sinyal luber maka pemasangan antena UHF akan terasa lebih mudah karena tidak memerlukan perlakuan khusus, namun untuk sinyal sulit akan lebih mudah memasang antena parabola karena antena parabola tidak begitu mementingkan tinggi rendah pemasangan jadi lebih mudah dalam modifikasi.

Berdasarkan posisi, menentukan tempat pemasangan antena parabola dibanding antena UHF jelas lebih mudah antena parabola. Kerumitan posisi antena UHF akan lebih tinggi apalagi banyak pohon dan penghalang lain disekitar lokasi, namun kalau antena parabola, karena satelit ada diatas maka tinggal lihat saja sesuai arah posisinya.

Jika perbandingan antara antena UHF dengan antena parabola berdasarkan tracking atau pencarian sinyal maka antena uHF lebih gampang, tinggal putar posisikan ke arah transmisi, kalaupun tidak tahu tinggal putar sedikit demi sedikit secara horisontal dan cari sinyal yang bagus. Beda dengan antena parabola, mungkin kalau posisinya dekat garis katulistiwa tinggal cari azimut, nanti tinggal cari barat ke timur namun kalau lebih jauh dari katulistiwa harus cari juga sudut deklanasi utara selatannya.

Perbandingan lain yang tidak kalah penting adalah perakitan, merakit antena UHF jauh lebih gampang daripada satelit antena parabola. Kalau antena UHF bisa lihat dari manual booknya dan orang awampun harusnya bisa dengan lihat gambar, namun kalau antena satelit parabola tidak bisa begitu, salah pasang LNB saja misalnya kebalik 0 derajat maka mempengaruhi polaritas dan kalau tidak tahu tidak akan pernah dapat sinyal.

Dari beberapa perbandingan pasang parabola dengan antena uhf diatas sebenarnya bisa dikembalikan pada lokasi masing masing, kalau memang sulit sinyal UHF maka tidak usah memasangnya dan pasang saja antena satelit parabola. Namun untuk yang luber sinyal UHF bisa juga pasang antena parabola terutama yang parabola besar agar bisa menikmati TV negara lain dengan mudah.

Lebih Mudah Pasang Antena Parabola atau UHF Biasa Komentar