Satelit Indonesia - Sinyal SMV TV, Ninmedia Ku Band Hilang Saat Hujan

Sinyal SMV TV, Ninmedia Ku Band Hilang Saat Hujan

Satelit Indonesia update kenapa sinyal TV hilang pada saat hujan. Pengalaman pertama menggunakan SMV FreeView Sat lumayan menyenangkan. Habis memasang dish SMV TV, sinyal maksimal di receiver Raja Ampat 86%, dan ini hampir sama dengan ku band yang Satelit Indonesia pasang di dish mesh Venus 7523.

Hal menyenangkan karena setelah selesai hujan turun sangat lebat. Awal mendung sinyal turun sedikit demi sedikit sampai hujan lebat sinyal hilang. Hal ini juga Satelit Indonesia coba cek dengan dish mesh hasilnya tetap sinyal juga hilang. Begitu juga mencoba Ninmedia, yang memang sinyal lebih tinggi dari SMV TV, pun menghilang.

Sinyal SMV TV Hilang Saat Hujan

SMV TV dan Ninmedia adalah layanan TV satelit yang memakai jalur Ku Band. Masalah utama jalur Ku band memang cuaca terutama saat hujan. Jadi tidak kaget lagi kalau sinyal SMV TV hilang saat hujan. Yang berbayar saja banyak yang mengeluh seperti sinyal big tv hilang saat hujan, sinyal orange tv hilang saat hujan dan itu sudah biasa, namun menjadi luar biasa ketika sebelumnya hanya memakai jalur C band tiba tiba ikutan pasang jalur ku band.

Sebenarnya gangguan sinyal saat hujan atau rain fade sudah tidak asing bagi pengguna TV berlangganan jalur Ku Band. Fenomena ini terjadi karena pelemahan atau hilangnya sinyal satelit saat menembus air. Dan ini bisa terjadi bukan hanya di downlink saja tapi juga diuplink. Jadi walau di tempat kita tidak hujan tapi ditempat pemancar atau uplinknya hujan lebat, disertai mendung yang sangat tebal juga sinyal akan turun atau malah hilang.

Banyak yang mencari cara mengatasi ku band saat hujan. Ada yang mencari lnb ku band anti hujan ada pula yang mencari cara agar lnb ku band tahan hujan dan lain lain. Namun memang kadang itu membantu hanya saja ini kelemahan sinyal ku band menembus air. Mau gimanapun juga mesti pasrah.

Yang perlu diperhatikan adalah, curah hujan kan berbeda, jadi rendaman terhadap sinyal ku band pun berbeda, kemungkinan sinyal dengan kekuatan tinggi masih bisa menembus. Untuk itu beberapa hal yang bisa membantu untuk mengatasi ku band saat hujan adalah sebagai berikut walaupun kadang tidak bisa membantu karena memang sinyal tidak sampai.

  1. Posisikan dish benar benar mengarah ke satelit, dan LNB selalu fokus
  2. Pastikan dish tidak baling.
  3. Pastikan LNB masih bagus kualitasnya
  4. Pastikan kabel masih bagus, jangan telalu panjang , jangan digulung, jadi seminim mungkin menuju ke receiver
  5. Pastikan kabel tertutup sehingga tidak ada air yang masuk melalui konektor
  6. Usahakan tidak memakai switch, splitter.
  7. Gunakan dish yang besar, mkin besar makin bagus
  8. Usahakan pemasangan dish terlindung dari hujan tapi arah dish kesatelit target tidak tertutup apapun.

Sinyal SMV TV, Ninmedia Ku Band Hilang Saat Hujan Komentar

marwah santy

Semua lnb ku band mau merk apapun kalau musim hujan drop ngak ada inverto prime focus atau lnb ofset semua sama drop..

22/03/17 23.12
Bowo Ekowidodo Sragen

Ya itulah kelemahan dari freq Ku Band sangat rentan terhadap cuaca.

23/03/17 05.41
Anonim

Anonim

Gmn cara track chinasat 11? beberp hari ini di daerah sy boyolali, jateng, mendung tebal di langit arah chinasat 11 berada. apa cuaca seperti ini jg mempengaruhi kualitas ku band gan?

01/04/17 16.13
Bowo Ekowidodo Sragen

Jelaslah, mendung tebal = air kumpul,, air meredam sinyal :D

02/04/17 13.48
Anonim

Anonim

gan, sepiring parabola offset untuk chinasat dan abs 2, bisa? dari elevasi nya sudah beda, abs2 itu 45" sedangkan china11 70", membuat ane bingung. gmn biar bisa sepiring gan? ty

10/04/17 20.52
Bowo Ekowidodo Sragen

Coba buka tulisan saya cara menggabungkan ninmedia dengan SMV TV.

11/04/17 08.18