Satelit Indonesia - Panduan Tracking Satelit Ku Band Bagi Pemula

Panduan Tracking Satelit Ku Band Bagi Pemula

Satelit Indonesia update cara mudah tracking satelit ku band buat pemula sebagai sarana belajar untuk lock channel tv yang ingin di tonton. Karena ini untuk pemula maka kita batasi dulu beam yang besar di Indonesia. Untuk daftar satelit ku band beam Indonesia sudah pernah dibahas, dan untuk dish bisa memakai parabola mini.

Dengan beam Indonesia maka sinyal yang bisa diterima besar sehingga tracking satelit bagi pemula dirasa akan mudah. Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebagai tracker pemula, walaupun hanya sedikit tapi sangat membantu dalam lock satelit parabola.

Cara Menggabungkan SMV TV SES 9 Ninmedia Satu Dish Mini

Alat Tracking Satelit

Alat bantu tracking satelit selain komponen utama memang sangat membantu, contohnya seperti kunci pass, kompas, waterpas, aplikasi tracking satelit via hp seperti android dan lain lain. Alat untuk tracking satelit ini sebisa mungkin dipersiapkan selengkap mungkin.

Untuk receiver bisa memakai receiver apapun yang masih normal, namun hindari receiver TV berbayar ataupun yang respon sinyalnya lambat. Rekomendasi untuk receiver murah meriah buat tracking seperti Matrix Burger S1, Matrix Sinema. Selain memang sudah DVBS 2, di display sudah bisa menampilkan kualitas sinyal, jadi tidak usah membawa TV sebagai display. Untuk yang memakai MPEG2 silahkan, namun receiver MPEG 2 kadang tidak support DVBS 2, karena memang hanya DVBS, dan malah akan kesulitan lock disatelit yang kebanyakan DVBS2 seperti Apstar 7, Apstar 9.

Arah Tracking Satelit

Dengan mengetahui posisi arah satelit maka kita bisa lebih memperpendek waktu tracking dan bisa memfokuskan arah dalam lock. Kemampuan membaca peta koordinat sangat berperan disini apalagi di tunjang dengan kemampuan matematika terutama mengenai sudut dan arah sinyal. Kebanyakan disinilah pada tidak mau mempelajari sehingga koordinat posisi pasang parabola pun tidak tahu, untuk pemula akan sangat menghambat jika benar benar tidak tahu namun kalau sudah pengalaman walau tidak tahu karena kebiasaan pasang parabola akan sedikit terbantu.

Dengan mengetahui posisi koordinat berada maka dengan mudah kita memprediksi, posisi arah parabola, elevasi parabola, azimut maupun deklanasi. Dengan berpegang pada pengetahuan tersebut, di tunjang dengan gadget ber GPS dan aplikasi tracking satelit parabola maka tracking satelit akan sangat terasa mudah.

Transponder Terkuat

Orang orang sering menyebut frekuensi terkuat. Dan ini memang menjadi patokan saat tracking satelit namun bukan untuk patokan maksimal locknya. Cari saja transponder terkuat tiap satelit target di blog ini. Bolehlah anda berpegang data yang beredar, namun jika data lama misal beberapa tahun yang lalu mungkin transpondernya sudah hilang atau kualitas sinyal sudah turun, maka bukannya membantu malah menyulitkan.

Langsung saja kita ke panduan tracking satelit ku band untuk pemula dengan mudah. Lakukan tutorial cara tracking satelit parabola terbaru berikut ini dengan sabar dan kalau ada masalah silahkan diskusikan

  1. Persiapkan peralatan parabola mini
  2. Pasang dengan benar, usahakan tiang pas mounting tegak lurus, sehingga dish bisa memutar mendatar 360 derajat tanpa berubah kemiringan.
  3. Arahkan parabola sesuai target
  4. Nyalakan receiver, dan posisikan dimana kita bisa lihat pergerakan kualitas sinyal pada transponder terkuat tersebut.
  5. Gerakkan pelan pelan, bisa kanan kiri, ke atas bawah dengan sabar dan selalu berurutan, jangan terlalu cepat.
  6. Jika sudah ada pergerakan kualitas sinyal, berhenti sebentar, dan sedikit kencangkan beberapa baut agar pergeseran sedikit sulit
  7. Tinggal maksimalkan sedikit demi sedikit, kalau sudah tinggal kencangkan semua baut dan lakukan brlind scan.

Sampai disini prinsip dasar panduan tracking satelit ku band untuk pemula sudah selesai dan saatnya anda mencoba sendiri. Sabar adalah kunci utama untuk mendapatkan sinyal.

Panduan Tracking Satelit Ku Band Bagi Pemula Komentar