Satelit Indonesia - Cara Memperbaiki Receiver Yang Hang

Cara Memperbaiki Receiver Yang Hang

Satelit Indonesia update bagaimana cara mengatasi receiver hang. Decoder satelit parabola memang sangat riskan error terutama untuk receiver parabola dengan spek rendah namun memiliki segudang fitur. Namun memang penyebab receiver parabola hang banyak faktor.

Belakangan sering sekali menemukan postingan yang membahas ataupun bertanya kenapa receiver sering hang. Apalagi setelah upgrade firmware terbaru, bukannya jadi bagus malah receiver jadi sering hang. Untuk itu Satelit Indonesia akan sedikit membahas apa penyebab receiver parabola hang

Kelebihan dan Kekurangan Upgrade Firmware Receiver Terbaru

Kesalahan Firmware

Update firmware memang diperlukan namun belum tentu sesuai dengan hardware yang memakainya. Kadang kala juga kesalahan coding dan belum di coba semua juga bisa. Kesalahan model ini biasanya akan menyerang semua pemakai firmware receiver tersebut. Contoh saja receiver hang karena buka channel radio yang sempat ramai. Namun kalau ada yang masih aman dari hang berarti firmware tidak ada masalah.

Bagi yang tekena masalah ini cara memperbaiki receiver yang hang adalah dengan mengupgrade lagi dengan firmware yang aman, atau backup versi sebelumnya yang aman atau minta update dari yang punya merek receiver tersebut.

Listrik Tidak Normal

Penyebab receiver sering hang selanjutnya adalah power supply. Masalah ini memang jarang yang tahu biasanya yang disalahkan adalah firmware. Sebelum memutuskan kesalahan lain coba sekali kali di cek dengan multitester output tiap pin out, sudah sesuai kebutuhan atau belum.

Beberapa orang biasanya mengakali masalah ini dengan mengganti beberapa komponen yang melemah. Rata rata biasanya di bagian elconya dengan mengganti ukuran yang lebih besar. Namun kalau memang belum bisa membantu ya tinggal ganti power supply dengan kualitas bagus. Karena memang kebanyakan power supply sekarang kualitasnya jelek, asal keluar dayanya saja namun tidak bisa bertahan lama.

Kesalahan Database

Kadang kala orang menganggap update firmware akan tetap mensupport database lama. Namun ternyata anggapan itu kesalahan fatal. Ada beberapa receiver yang memang berbeda. Malah dengan kesalahan ini bisa berakibat mode on. Tapi kadang kesalahan dalam database bisa juga mengakibatkan hang karena error baca.

Bisa dibilang kesalahan database ini sama dengan kesalahan firmware dalam mengatasi masalahnya. Namun kalau memang masih bisa dibuka mending hapus semua channel, satelit, setting ulang semua dan scan sendiri. Jangan pernah pakai database orang lain atau database lama. Jadi benar benar baru scan tiap satelit.

Kekurangan Resource

Tidak bisa dipungkiri, tuntutan pasar receiver satelit menyebabkan receiver tidak digunakan semestinya. Receiver dengan spek rendah, dijejali fitur yang mewah, autoroll, auto update key, iptv dan masih banyak yang lain. Kemampuan hardwarepun dipaksa akhirnya receiver bengong.

Untuk mengatasi kesalahan ini memang susah. Disatu sisi kita butuh fitur namun disisi lain hardware tidak kuat. Kalau memang terpaksa ya pasrah saja atau ganti receiver sekalian.

Sebenarnya kemungkinan penyebab receiver sering hang emang masih banyak faktor. Namun beberapa fakor diatas adalah yang sering ditemui. Untuk yang mengalami masalah cara memperbaiki receiver yang hang silahkan diskusikan dikomentar

Cara Memperbaiki Receiver Yang Hang Komentar

Sinar Pratama

iya gan, kmrn rx sy hang setelah upgrade. apakah aman kalo di upgrade ke versi yg terbaru? atau gimana gan?

25/02/18 12.38
Bowo Ekowidodo Sragen

Aman tidaknya ya di coba dulu.

27/02/18 05.11
Anonim

Anonim

kalo receiver mati setelah gagal upgrade firmware apa masih bisa diselamatkan gan?

28/02/18 10.20
Bowo Ekowidodo Sragen

Kalau emang cuman masalah firmware ya tinggal flash ulang.

02/03/18 05.36
Anonim

Anonim

klo gambar patah2 suara normal itu knp ya? diupgrade terus invalid.

23/03/18 20.26
Bowo Ekowidodo Sragen

Itu sinyak kurang gede, invalid berarti firmware salah.

26/03/18 05.12
tarr 168

Punya ku freesat v7 combo gan..dari awal beli sdh hang hidup 15menit sampai 20 menit hang..upgarde firware juga g ada perubahan..kira2 masalh apanya y?

09/04/18 00.05
Bowo Ekowidodo Sragen

Kayaknya itu di hardwarenya, cek kesetabilan powersupply nya, atau coba tambah elco untuk +- nya

09/04/18 09.21
Anonim

Anonim

gan kalo mengatasi masalah receiver yang memorinya error gimana??

12/04/18 14.07
Bowo Ekowidodo Sragen

Memori yang mana yang error? atau cuman pesan memori full?

14/04/18 12.48
Januar Rizani

Cara flash nya gmn gan...matrix garuda putih full hd

06/06/18 02.14
Bowo Ekowidodo Sragen

Belum tahu, belum punya receivernya.

06/06/18 11.07
Suryo_Comp

Receiver saya mentok nyala hijau, kadang nongol no chanel tp gk bisa diapa2kan. Knapa ya gan?

06/06/18 12.07
Sakti Hadma Trinarwan

Untuk masalah receiver tiba-tiba memperbrsar volumenya dengan sendiri sampai full dan jika masuk ke pengaturan kursor bergerah sendirim itu permasalahannya dimana?

07/06/18 03.59
Bowo Ekowidodo Sragen

Suryo_Comp, berarti sinyal kurang gede membuat audio crash dan bikin hang.

Sakti Hadma Trinarwan, belum pernah ngalami yang begitu, mungkin ada masalah dengan led display.

07/06/18 11.07